Uang Pesangon Masuk Duluan Sebelum Dirumahkan, Cerita PHK Karyawan Ruangguru

Sabtu 19 November 2022, 09:11 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru) juga mengumumkan kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya pada hari ini.

Melansir dari Tempo.co, salah satu karyawan yang telah bekerja di Ruangguru selama empat tahun, menceritakan, informasi tersebut diterimanya sangat mendadak. Karyawan yang enggan disebutkan namanya itu menjelaskan ada uang pesangon tiba-tiba masuk ke rekeningnya sebelum ada pemberitahuan PHK. 

"Kaget karena hanya tertulis asalnya dari Fliptech. Sempat mau telepon call center bank, namun karena padatnya pekerjaan, saya lupa," tuturnya pada Tempo pada Jumat, 18 November 2022. 

Dia pun menjelaskan kronologi terjadinya PHK di kantornya. Tepat pada pukul 7 pagi hari ini, ia mendapatkan undangan pertemuan lewat Google Calendar bersama atasan yang level jabatannya cukup jauh dari dirinya. Pertemuan itu dijadwalkan siang pada hari yang sama.

Karyawan Ruangguru dapat transferan jumbo

Pada pukul 8.30, ia masih bekerja seperti biasa dan masih berkoordinasi untuk membuat perencanaan kerja pekan depan. Kemudian pukul 10.00, ia mendapat notifikasi lewat ponselnya bahwa ada uang dengan jumlah yang besar masuk ke dalam rekeningnya. Sementara masih bingung dengan masuknya uang itu, ia kemudian melanjutkan pekerjaannya hingga agenda pertemuan tiba. 

Akhirnya pertemuan dilaksanakan dan di situ baru ia diberitahu bahwa hari itu juga adalah hari terakhirnya bekerja di Ruangguru. Pihak perusahaan menyatakan keputusan PHK terhadap dirinya bukan berdasarkan performa kerjanya, melainkan langkah efisiensi yang sedang dilakukan oleh Ruangguru. 

"Atasan saya sempat terhenti berbicara. Saya tahu beliau menahan air mata karena dari pagi-sore sangat banyak yang one on one dengan beliau. Dan ini bukanlah hal yang mudah bagi beliau," ucapnya. 

Pria itu lalu diberi penjelasan soal kompensasi yang diterima sebagai karyawan yang terdampak dari efisiensi itu. Dia masih diperbolehkan menggunakan asuransi dari kantor hingga akhir bulan. Apabila karyawan atau istri dari karyawan sedang hamil, fasilitas asuransi pun masih bisa dipakai hingga saat melahirkan. 

Perusahaan juga menyediakan tim untuk pendampingan psikologi karyawan. Selain itu, ada juga tim yang akan membantu karyawan terdampak mendapatkan pekerjaan baru. Selain pesangon, ia juga berhak mendapatkan uang penghargaan, uang jatah cuti yang belum diambil. "Ternyata inilah asal uang dalam jumlah banyak yang saya terima," kata dia. 

Ia menyebutkan masih ada sejumlah kompensasi lainnya. Tapi karena pertemuan itu diselimuti rasa kalut dan tak percaya, ia mengaku sampai lupa detail percakapannya. Bahkan, sampai saat ini dirinya masih bingung mencerna informasi dan kejadian yang sedang terjadi. 

Selain karena mendadak, PHK juga dilakukan secara besar-besaran. Meski tidak tahu secara pasti jumlah karyawan yang terkena PHK, ia meyakini totalnya lebih dari 100 karyawan. Pemangkasan jumlah karyawan juga dilakukan di berbagai divisi yang meliputi berbagai jenjang jabatan. 

Kompensasi Ruangguru cukup adil

Meski sedih dan khawatir atas PHK yang terjadi pada dirinya, ia merasa kompensasi yang diberikan oleh perusahaan cukup adil. Mengingat selama bekerja di Ruangguru, kata dia, pelayanan dan hak-hak karyawan telah menjadi salah satu poin utama.

Ia bercerita saat dirinya sakit dan membutuhkan proses operasi ginjal sebanyak dua kali, perusahaan siap sedia membantu. Begitu pun istrinya dirawat di rumah sakit lantaran terkena demam berdarah dan ketika terkena Covid-19. 

"Cuman ya itu. Mendadak sekali. Sampai bingung. Ini saja saya belum pulang kerumah. Bingung mau jelasin ke istri," kata dia. 

Kini ia hanya berharap dapat bekerja dan berkarya lagi. Ia optimistis akan ada kesempatan dari perusahaan lainnya yang bersedia menerima dia sebagai karyawan. Bahkan, tim dari Ruangguru juga sudah mengajaknya untuk mendiskusikan jadwal konsultasi soal pencarian pekerjaan baru untuknya. 

Di sisi lain, ia juga berterima kasih pada Ruangguru atas dukungan yang diberikan kepadanya. Walau mendadak, ucapnya, ia yakin PHK adalah pilihan paling terakhir bagi perusahaan. "We did our best, and Ruangguru did it best. Hanya keadaan saja yang membuat demikian. Tetap semangat dan bahagia," ujarnya. 

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life20 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Mohon Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit

Berikut Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit, Tersedia Arab Latin dan Artinya.
Ilustrasi. Dirawat di rumah sakit. (Sumber : Shutterstock)
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber
Nasional20 April 2024, 16:27 WIB

Posko THR Ditutup: Ada 1.475 Laporan hingga Berbagai Jenis Pengaduan

Anwar menyatakan ada beberapa jenis pengaduan yang masuk.
(Foto Ilustrasi) Kementerian Ketenagakerjaan menutup layanan Posko THR. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)