21 Juni Hari Musik Sedunia, Inilah 20 Musisi Asal Sukabumi Solois Hingga Band Metal

Rabu 21 Juni 2023, 13:00 WIB
Peringati Hari Musik Sedunia, mari ingat lagi deretan musisi asal Sukabumi yang sempat dan masih meramaikan skena musik Indonesia | Foto: Istimewa

Peringati Hari Musik Sedunia, mari ingat lagi deretan musisi asal Sukabumi yang sempat dan masih meramaikan skena musik Indonesia | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap tanggal 21 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai hari musik sedunia. Ini merupakan perayaan global yang mempromosikan keanekaragaman musik dari berbagai budaya di seluruh dunia.

Hari musik sedunia bertujuan untuk menghargai peran musik dalam kehidupan manusia, menyatukan orang-orang melalui musik, dan merayakan warisan musik dari berbagai tradisi dan genre.

Berbicara mengenai musik, Sukabumi menjadi salah satu daerah di Indonesia yang banyak melahirkan musisi-musisi hebat bahkan ikut meramaikan skena musik Tanah Air. Beberapa diantaranya ada yang masih eksis hingga sekarang.

Untuk mengingat lagi para musisi tersebut, berikut daftar musisi asal Sukabumi dalam meramaikan musik Indonesia.

Baca Juga: Daftar Lengkap Band Sukabumi yang Rilis Lagu Baru di Sepanjang Tahun 2022

1. Country Jack

Dunia musik Indonesia khususnya Sukabumi di medio 80-an, telah mempunyai grup band bernama Country Jack yang cukup disegani pada masanya.

Meskipun popularitasnya tak sebesar God Bles atau Koes Plus, mereka mampu menorehkan prestasi di sejarah musik Indonesia.

Country Jack didirikan pada tahun 1977 oleh Nuris Iskandar dan Bia Subagja bersama para personel band yang lainnya.

Personel Country Jack band terdiri dari Nuris Iskandar/C.Noeris (bassist dan backing vokal), Bia Subagja (vokal), Eddy Manalief (gitar & harmonika), Yan Voyagers ( lead guitar dengan Auditional Musicians Harry Anggoman keyboard) dan Herry Uban/Tommy Brother (drums).

Grup band Country Jack kemudian merilis album perdana mereka yang berjudul “Stasiun Tua”. Lewat lagu-lagunya seperti Stasiun Tua, Aku Disudut Dunia dan Ingin Kucicipi Cinta, mereka sukses menghentak industri musik Indonesia.

Baca Juga: Lirik Lagu Mentari dari Leeming, Band Sukabumi yang Eksis di Era 2000 an

2. Farid Hardja

Farid Hardja merupakan seorang penyanyi dan pencipta lagu dalam industri musik pop Indonesia. Musisi yang lahir di Sukabumi ini awalnya dikenal dengan penampilan yang mirip Elton John: berkepala agak botak dan gonta-ganti kacamata, dan pada akhir hidupnya ia berdandan bak saudagar dari daratan Afrika.

Telah banyak lagu yang Ia ciptakan salah satu yang paling terkenal yaitu lagu berjudul Karmila. selain menjadi Musisi, Farid Hardja juga sempat membintangi beberapa judul film.

3. Desy Ratnasari

Desy Ratnasari menjadi salah satu musisi asal Sukabumi, meski kini Ia lebih aktif sebagai politikus, namun Desy Ratnasari dulu dikenal sebagai model, artis, presenter, hingga penyanyi.

Sudah banyak lagu yang Ia nyanyikan salah satu yang paling populer yatu lagu berjudul Tenda Biru yang menjadi salah satu hits dari album dengan tajuk sama yang dirilis tahun 1995.

Bahkan album tersebut berhasil menyabet beberapa penghargaan diantaranya Kaset Emas Anugrah HDX Award kategori Best Selling Album - Tenda Biru tahun 1996 dan Platinum Incetec Malaysia (Tenda Biru) di tahun yang sama.

Baca Juga: Lirik Lagu Takdir dari Penyanyi Sukabumi Aden Anb, Dijamin Bikin Galau

4. Biru Langit

Biru Langit merupakan grup band legendaris yang populer di era 1980-an, dan telah dikenal luas di dunia musik tanah air. Dibentuk oleh musisi Nuris Iskandar, Band asal Sukabumi, Jawa Barat, itu mengusung genre pop.

Sentuhan nuansa musik yang berbeda, membuat nama Biru Langit cepat harum hingga menyaingi band-band besar Indonesia lainnya pada masanya. Grup band ini pada masa jayanya menciptakan banyak album populer.

Seperti Album Segelas Anggur, Ujung Hari, Agenda 21, Kala Sunset, Hari itu Dalam Sejarah, Luka dan Lingkaran Kabut Sepi, dengan label rekaman Ria Cipta Abadi dan Billboard Indonesia.

Setelah sang musisi Nuris Iskandar meninggal dunia pada Mei 2011, nama Biru Langit sudah tak terdengar lagi. Meskipun begitu, karya dan lagu dari band Biru Langit tetap melekat di hati para kolektor kaset Indonesia.

Baca Juga: Lirik Lagu Betapa Aku Mencintaimu, Hits Vagetoz yang Paling Memorable

5. Melodi Band

Dibentuk pada tahun 2015, Melodi Band beranggotakan 3 anak muda asal Sukabumi yaitu Alie (Vokalis), One (Gitaris) dan Ully (Bass dan pencipta lagu). Band itu sendiri dibentuk oleh Ali dan Ully.

Pada Agustus 2015, single pertama mereka berhasil dirilis dengan judul “Tetap Aku Cinta Kamu”. Lagu tersebut merupakan langkah awal perjalanan karir Melodi Band dikenal pecinta musik tanah air.

Kemudian single ke 2 berjudul “Kangen Kamu Rindu Kamu” berhasil dirilis pada tahun 2017. Lagu itu mengisahkan pasangan kekasih yang menjalin hubungan secara jarak jauh.

6. Goliath Band

Goliath adalah band asal Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang lahir pada tahun 2001. Mengusung genre pop, band ini beranggotakan 6 personil yaitu Ary (vokal), Dara (gitar), Rizal (lead gitar), Izwa (Bass), Ardy (keyboard), dan Gie (drum).

Single pertama dari album Goliath yang dirilis pada 2009, berhasil membuat lagu tersebut dikenal oleh kalangan masyarakat pecinta musik. Seperti lagu “Masih di Sini Masih Denganmu”, dan “Cinta Monyet” single keduanya.

Sampai saat ini band Goliath telah mengeluarkan tiga album yaitu Goliath (2009), TBA (2013) dan Baper (2016). Lewat album Baper dan single berjudul “Baper”, Goliath kembali hadir setelah sebelumnya vakum selama tiga tahun.

Baca Juga: Lagu Karang Hawu dari Fanny Sabila dan Maliq Ibrahim, Ceritakan Indahnya Palabuhanratu

7. Vagetoz

Lahir di daerah Cisaat, Kabupaten Sukabumi, pada 12 Mei 1999. Grup band Vagetoz mengusung genre rock alternatif dengan anggota terdiri dari Teguh Permana (Vokal), Acep Gunawan (Gitar), Irman/Nuki (Gitar), Budi/Eboth (Bass) dan Rudi (Drum).


Vagetoz merilis album perdananya berjudul Sesuatu Yang Beda pada tahun 2007. Dalam album tersebut terdapat lagu “Saat Kau Pergi” yang menjadi andalannya setiap manggung.

Hingga kini Vagetoz masih terus aktif manggung dan menjadi salah satu dari sekian banyak grup band Indonesia yang eksis berkarir sampai 20 tahun. Sempat dikira bubar karena sudah lama tidak tampil di televisi.

Vagetoz akhirnya muncul dengan single terbarunya yang berjudul “Akhirnya Kita Berpisah” pada tahun 2020. Bertahan selama 20 tahun dengan anggota yang sama, membuat band Vagetoz sudah seperti keluarga.

8. Sabumi Band

Sabumi adalah salah satu band dari Sukabumi yang mengusung aliran musik Pop Alternative Progresif. Selain nama Sabumi, Band itu juga memiliki sebutan lain yaitu ‘Boemi”.

Band Sabumi terdiri dari lima personil yaitu Hikmat (Vokal), Doni (Gitaris 1), Yudi (Gitaris 2), Abbo (Bassist) dan Beto (Drummer). Meskipun pernah mengalami pergantian personel, hal tersebut tak menyurutkan Sabumi untuk berjuang dalam meraih kesuksesan di dunia musik tanah air.

Sabumi mempunyai ciri khas tersendiri dari lirik, alunan vokal serta irama musik yang simple namun mendalam.

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Lagu Kapalang Nyaah, Lagu Sunda dari Abiel Jatnika

9. Debo Andryos

Jebolan Idola Cilik tahun 2008 ini tak hanya dikenal lewat suara tapi juga bakat aktingnya yang mumpuni. Lahir di Sukabumi tahun 1998 lalu, Debo tercatat membintangi sejumlah film layar lebar, seperti Dilan 1990 dan Matt & Mou.


Baru-baru ini cowok ganteng ini juga sibuk ambil bagian peran di film series berjudul Pulang. Tak ingin kehilangan penggemar yang menyukai suaranya, Debo juga masih sangat aktif bernyanyi, walaupun hanya mengcover lagu-lagu dan membagikannya di akun sosial.

10. Dera Siagian

Wanita kelahiran 1993 ini adalah finalis Indonesian idol tahun 2012. Gayanya yang khas membuat Dera melejit.

Bahkan gayanya yang cowok banget ini jadi bahan gunjingan netizen dan media-media gosip artis. Dera kemudian seakan hilang ditelan bumi, menghilang dari layar kaca dan narasi pesohor di Indonesia.

Dari akun media sosialnya, Dera ternyata berada di luar negeri. Ia aktif berbagi kesibukannya di luar negeri lewat akun media sosial.

Mengobati rasa rindu penggemar, Dera juga sesekali mengunggah video cover lagu beberapa lagu sambil memainkan gitar. Suara merdu Dera ternyata banyak ditunggu oleh penggemar setianya.

Baca Juga: “Tah Ieu Sukabumi” Lagu Lawas yang Masih Enak Didengar, Simak Liriknya

11. Selfi Nafilah

Selfi Nafilah, lulusan KDI (Kontes Dangdut Indonesia) 2004. Selfie memang piawai nyanyi dangdut karena sebelum KDI, ia ada jawara sejumlah lomba nyanyi Dangdut di Jawa Barat.

Wanita kelahiran Sukabumi tahun 1985 itu masih terlihat beberapa kali menyumbangkan suara merdunya di layar kaca. Tidak hanya di bidang tarik suara saja, Selfi juga piawai seni peran.


Sinetron Jangan Curi Hatiku tahun 2006, lalu film Susah Sinyal di 2017 dan Yowes Ben pada tahun 2021 kemarin.

12. Aris Garasi

Pria asal Sukabumi ini merupakan salah satu drummer kenamaan Indonesia. Aries mengisi posisi drummer pada band Garasi sekaligus menulis beberapa lirik lagu. Bersama garasi, ia telah mengeluarkan 3 album.

Dalam karirnya musiknya Ia juga pernah tampil pada band Omlette sebagai pemain tambahan. Ia juga sempat menjadi aktor dalam film Garasi pada tahun 2006 bersama grup musiknya besutan Mira Lesmana.

Baca Juga: Kisah Unik Runaska, Band Ska Asli Palabuhanratu Sukabumi yang Pernah Tersambar Petir

13. Aden Anb

Aden Anb menjadi salah satu penyanyi asal Sukabumi, Aden Indiran atau dikenal dengan Aden Anb bisa bikin pendengarnya galau.

Aden merupakan pria asal lahir Kampung Cicurug, Desa Citamiang, Kecamatan Purabaya. Aden mulai dikenal publik saat menjadi peserta di salah satu ajang pencarian bakat bernyanyi di salah satu stasiun televisi swasta.

14. Mighty Finger

Mighty Finger yang awalnya bernama Middle Finger jadi salah satu grup band Sukabumi kala itu. Band ini sangat terkenal terutama di era 2000 an.

Karya-karyanya kerap menghiasi acara-acara musik di radio Sukabumi serta acara-acara musik di Sukabumi.
Telah banyak lagu yang mereka ciptakan salah satu yang paling hits yaitu lagu ‘Tak Pernah Tahu’ menjadi bagian dari album pertama mereka ‘Broken Heart Warriors’.

Grup band ini masih eksis hingga sekarang. Untuk kamu yang rindu dengan karya-karyanya bisa mengunjungi Channel YouTube mereka dengan nama Mighty Finger.

15. Angel Of Death

Angel Of Death (AOD) jadi salah satu pentolan band metal Sukabumi. Para pecinta musik keras pasti sudah tidak asing dengan band satu ini. Dibentuk tahun 1999 AOD masih bertahan hingga sekarang.
Band yang mengusung genre Progressive Death/Black Metal ini

beranggotakan Faizal (Vocal/Gitar), Okky (Gitar), Adji (Drum), Denny (Bass). Mereka telah menelurkan banyak karya seperti single Dimensi Logika, Menentang Surga hingga Simfoni Pesakitan.

16. INHUMANITY

INHUMANITY jadi salah satu band yang menyuguhkan musik berisik asal Sukabumi selanjutnya.
Dibentuk 30 Desember 2001 di Sukabumi. Band ini masih aktif hingga sekarang dan konsisten berkiprah di skena musik metal Indonesia.

Mengutip dari dapurmusic.com, INHUMANITY telah memiliki dua buah album penuh yang bertajuk Nusa Darah dirilis pada 2013 dan Kultivasi Verbal yang rilis pada 2019.

Kini INHUMANITY diperkuat oleh Samsu Surahman (Vokal), Riky Aprian (Bass), Fikka Ahmad Subagja (Vokal), Whisnu Whardana (Gitar) dan Agung Gunawan (Drum).

17. Griffith

Griffith berdiri pada 2017 dan menjadi salah satu band metal Sukabumi yang turut meramaikan skena musik berisik.

Diperkuat oleh Firman (Vocal), Doni (Gitar), Agung (Gitar), Dimas (Bass) dan Bayu (Drums).

Mengutip laman djarumcoklat.com, band ini berdiri secara tidak sengaja bermula dari mencoba mic baru untuk rekaman, Doni yang memiliki beberapa materi mengajak Firman untuk mengisi materi tersebut.

Setelah jadi mereka lalu mengajak personil lain yakni Agung, Bayu dan Dimas untuk bergabung mengisi line up band.

Di tahun 2019 Griffith akhirnya merilis debut album pertamanya yang diberi title contradiction.

18. SHOCKPROOF

SHOCKPROOF jadi band yang ikut meramaikan skena musik keras Sukabumi.
Dibentuk awal tahun 2017 oleh dua kakak beradik Oples (vocal) dan Dzay (guitar) dan mengajak Bohem (Vocal), Purnomo (Drumm) dan Kople Filth (Bass).

Dilansir dari musikeras.com, SHOCKPROOF terpengaruh band-band nu Metal seperti Rage Against The Machine, Hed(pe), Slipknot, Korn hingga Limp Bizkit.

19. Mimalayan Band

Mimalayan Band menjadi salah satu musisi yang membangkitkan skena musik Sukabumi dengan karya-karya baru. Salah satunya Himalayan Band yang merilis single bertajuk ‘Menjaga Rasa’.

Himalayan Band sendiri menjadi nama baru di dunia musik, Namun, grup band ini diisi oleh orang-orang lama yang pernah meramaikan permusikan di era 2000-an.

Grup band ini diisi oleh Reza Fauzi (Vocal), Yudiana Rahayu (Gitar), Dian Ary Saputra (Bass), Ade (Drum) dan Harie Indra Lukisa (Keyboard). Mereka merupakan nama-nama yang sudah lama berkecimpung di skena musik Sukabumi.

20. Aura Sumringah

Aura Sumringah coba menggebrak skena musik Sukabumi dengan genre musik yang unik. Jika biasanya anak muda lebih memilih genre Pop, Rock atau bahkan Pop Punk saat membuat sebuah band.

Berbeda dengan Aura Sumringah, grup musik yang beranggotakan Shadam (vocal/rhythm guitar), Agung Darisman (Lead Guitar) Ihsan Doyok (Bass), Sam (Tamborine) dan Iwan (kendang/Tabla) ini menyuguhkan musik yang mereka sebut sebagai ‘orkes moral dangdut kontemporer’.

Terbukti musik yang mereka bawakan mampu memberi warna baru dalam dunia permusikan Sukabumi khususnya.

Aura Sumringah sendiri dibentuk pada 10 Juli 2022 lalu. Hingga saat ini, anak-anak muda Sukabumi ini telah merilis dua buah lagu yang berjudul Aura Sumringah dan Rabu Kelabu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram