Kisah Unik Runaska, Band Ska Asli Palabuhanratu Sukabumi yang Pernah Tersambar Petir

Senin 31 Oktober 2022, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Runaska merupakan sebuah band yang berasal dari daerah Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Terbentuk bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2018, Runaska memiliki aliran musik Ska Punk layaknya band Tipe-X, Sublime dan Reel Big Fish.


Band Runaska terdiri 9 personil, diantaranya adalah Mitland (Vocalist), Alno (Trombonis), Abdul dan Alfarizi (Trumpet player), Romy (Bassist), Usnul dan Zian Alfauzi (Gitaris), Bayu (Keyboardist) dan Nicholas (Drummer).


Menurut pihak manajemen Runaska band, Alamsyah, nama Runaska sendiri diambil dari kata Runa dan Ska, Runa mempunyai arti legenda yang berasal dari bahasa Skandinavia, sedangkan Ska diambil dari genre musik yang dimainkan, yaitu Ska.


Sampai saat ini Runaska telah menciptakan sebuah single berjudul “Pesta”. Judul pesta sendiri sesuai dengan karakter visi dari band mereka yaitu bermain musik untuk berpesta dan menghibur para penikmat musik. 


Namun, semenjak merebaknya pandemi covid 19 di Indonesia pada tahun 2020, membuat kegiatan hingga jadwal konser Runaska menjadi terganggu. Hal itu tentunya tidak menjadi alasan band Runaska untuk berhenti berkarya.


Runaska terus berjalan dan hingga saat ini telah memiliki lima lagu yang sudah dalam tahap finishing. Salah satu dari kelima lagu tersebut diantaranya lagu berjudul “Bangkit”, lagu yang akan segera dirilis pada tahun ini itu diambil dari kisah perjalanan band Runaska sejak awal berdiri sampai saat ini.


Ada kisah unik yang pernah dialami band Runaska, dimana peristiwa tersebut cukup horor yaitu mereka pernah tersambar petir saat tengah manggung.


Peristiwa tersebut terjadi pada bulan Agustus 2020, saat mereka manggung di Desa Girimukti, Lebak, Banten. 


Runaska sempat viral karena menjadi korban dan saksi mata dari horor nya tragedi sambaran petir yang menyambar puluhan orang di Desa Girimukti, Lebak, Banten pada bulan Agustus tahun 2020 silam,” kata Alamsyah manajemen Runaska kepada Sukabumiupdate.com (31/10/2022).


Kejadian itu terjadi saat Runaska menjadi guest star di desa tersebut dalam rangka syukuran peresmian lapangan sepakbola dan HUT RI ke-75. Setelah tragedi itu Runaska hampir dibubarkan karena alasan trauma.


“Namun takdir berkata lain, banyak tawaran manggung dari berbagai daerah dan banyak orang yang mensupport kami hingga kami bisa terus berkarya sampai saat ini,” ungkap Alamsyah.


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Ikbal Juliansyah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).