Lumasi 5 Komponen Sepeda Motor Ini Secara Rutin Agar Nyaman Digunakan

Jumat 25 Maret 2022, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Agar tetap nyaman saat digunakan, beberapa komponen sepeda motor ini harus diberi pelumas secara rutin. Hal tersebut terbilang sederhana namun dapat memiliki dampak besar pada performa motor kamu.

Dilansir dari Tempo.co, menurut Marketing Manager Rexco Indonesia Tomy Tambrani, pemberian pelumas pada komponen ini cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. “Selain efektif waktu, juga lebih hemat tanpa harus membayar biaya perawatan,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Tempo hari ini, Jumat, 25 Maret 2022.

Berikut adalah komponen sepeda motor yang harus diberikan pelumas secara berkala.

Baca Juga :

1. Lubang Kunci Kontak Motor

photo(Ilustrasi) Kunci kontak motor - (via freebie.photography)</span

Perawatan pada bagian kunci kontak ini sering luput dari perhatian pemilik sepeda motor, padahal bagian ini mudah rusak bila tidak dirawat dengan baik. Anak kunci akan mudah seret dan macet apabila lubang kunci kontak tidak pernah diberi pelumas secara berkala.

Namun jangan pernah melumasi lubang kunci kontak menggunakan oli bekas. Hal tersebut hanya akan membuat partikel di dalam kunci kontak menjadi kotor. Kemudian jangan pernah memaksakan kunci kontak apabila mengalami macet tidak bisa diputar. Hal ini akan membuat lubang kunci rusak dan longgar.

Selain lubang kunci kontak, pelumas juga harus diberikan pada tutup tangki yang menggunakan model anak kunci kontak sebagai pembukanya. Saat lubang kunci tutup tangki berkarat, maka anak kunci berpotensi patah jika dipaksakan dalam kondisi seret.

2. Standar Motor (Samping dan Tengah)

photo(Ilustrasi) Standar samping motor perlu dilumasi secara berkala - (Unplash.com Hugo_ob)</span

Mungkin kamu pernah mengalami standar tengah tidak bisa kembali ke posisi semula saat motor sudah diturunkan. Standar samping atau standar tengah yang macet biasanya disebabkan bagian ini berkarat akibat terkena debu dan air hujan.

Kondisi macet pada standar motor ini bisa dihindari dengan cara memberikan pelumas. Cukup semprotkan pelumas pada bagian engsel standar agar tidak macet dan berfungsi dengan normal.

3. Rantai Motor

photoIlustrasi rantai motor. - (YouTube Rocky Mountain ATV MC)</span

Jelas bagian vital ini perlu diberikan pelumas secara berkala. Masalah yang timbul pada bagian rantai antara lain berkarat dan bisa menyebabkan rantai kendur. Hal ini biasanya disebabkan rantai sering terkena kotoran dan air hujan.

Rantai sepeda motor yang kering akan membuatnya menjadi lebih cepat aus dan bisa menimbulkan bunyi berisik saat motor sedang berjalan. Cara perawatannya cukup mudah, cukup berikan pelumas khusus rantai di seluruh bagian rantai. Jangan pernah menggunakan oli bekas atau gemuk untuk melumasi rantai karena hal ini malah akan membuat rantai mudah kotor.

4. Tombol Saklar Motor

photo(Ilustrasi) saklar motor - (via louis.eu)</span

Saat tombol lampu sein terasa keras dan klakson tidak berbunyi saat ditekan, bisa jadi ini disebabkan tombol saklar berkarat dan banyak kotoran. Masalah ini bisa terjadi karena tombol saklar terpapar hujan dan panas.

Agar tombol-tombol saklar bisa berfungsi normal, lakukanlah penyemprotan pelumas secara berkala. Semprotkan pada celah-celah tombol dan tombol dipencet-pencet secara bergantian agar proses pelumasan bisa maksimal.

5. Pedal Rem, Footstep Serta Kick Starter

photo(Ilustrasi) Kick Stater motor matic - (Dede Imran)</span

Saat musim hujan, bagian motor yang terbuat dari besi akan lebih mudah berkarat, terutama pada bagian yang sering digerakkan seperti footstep, kick starter, dan pedal rem. Komponen ini seringkali luput dari perawatan padahal dampaknya bisa buruk saat komponen jarang mendapatkan perawatan.

Misalnya footstep yang bisa melengkung dan tidak lurus lagi apabila beban tekanan orang yang dibonceng cukup berat. Sementara pada kick starter akan menjadi keras saat digunakan dan pedal rem juga akan menjadi keras saat diinjak.

Oleh sebab itu, perlu diberikan pelumas pada tiga bagian motor ini. Semprotkan pada bagian footstep yang sering bergesekan, kemudian semprotkan pada sendi kick starter dan semprotkan juga pada bagian pedal rem untuk menjaga fungsinya tetap optimal.

SUMBER: TEMPO.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 18:12 WIB

Warga Ungkap Fakta, Suami Istri Tewas Tertabrak Kereta Api di Kebonpedes Sukabumi

Kecelakaan menimpa dua warga tertabrak kereta api atau KA Siliwangi terjadi di perlintasan kereta tepatnya di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/5/2024), sekitar pukul 16.07 WIB.
Sepasang suami istri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi | Foto : Asep Awaludin