Tak Hanya Bau Hangus, Ini Tanda Kampas Kopling Mulai Habis

Senin 06 Desember 2021, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kampas kopling atau clutch disc merupakan salah satu komponen penting untuk kendaraan dengan transmisi manual. Komponen tersebut berfungsi memutus dan menyambungkan tenaga putar dari sektor mesin ke bagian transmisi.

Maka dari itu kinerja dari komponen tersebut dapat menurun seiring dengan semakin seringnya kendaraan digunakan, sebab kerja komponen ini berhubungan dengan tekanan serta gesekan .

Hanya saja beberapa pemilik kendaraan terkadang tidak menyadari jika kampas kopling kendaraannya mengalami aus dan harus segera diganti.

Padahal kondisi ini bisa diketahui dari tanda-tanda yang dialami kendaraan saat clutch disc mengalami aus. Apa saja tanda-tanda itu? Yuk simak.

1. Posisi Pedal Tampak Lebih Tinggi

Salah satu tanda jika kampas kopling habis yaitu pedal kopling yang tampak lebih tinggi dari biasanya. Hal ini menjadikan jarak injak pedal menjadi lebih pendek. Kondisi naiknya pedal kopling ini biasanya terjadi secara tiba-tiba.

Pada beberapa kendaraan bertransmisi manual, posisi pedal ini memang dapat diatur ketinggiannya, yaitu dengan cara menyesuaikan kabel kopling pada kendaraan.

Namun, jika posisi pedal berubah secara mendadak, ini bisa jadi pertanda jika clutch disc telah aus atau habis dan harus segera diganti agar tidak mengganggu performa kendaraan.

2. Menurunnya Akselerasi Mesin

Jika kamu pernah mengalami saat mobil di gas tapi kecepatannya tidak bertambah meski suara mesin sudah meraung dan seolah-olah mobil tidak bertenaga.

Hal itu bisa menandakan jika clutch disc mobil kamu telah aus atau habis. Pada dasarnya kopling berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi.

Jika kampas kopling ini habis, maka tenaga dari mesin tidak dapat tersalurkan secara maksimal ke transmisi sehingga akselerasi mobil jadi menurun.

Akselerasi yang menurun ini harus menjadi perhatian agar tidak berpengaruh pada kondisi mobil kedepannya.

Karena jika kampas kopling benar-benar habis, mobil kemungkinan akan mogok atau tidak bisa melaju tetapi mesin masih bisa menyala.

Untuk itu, jika akselerasi dirasa mengalami penurunan sebaiknya segera bawa kendaraan ke bengkel dan jika kampas kopling benar-benar habis, segera ganti dengan yang baru.

3. Mesin Cepat Panas

Suhu mesin yang meningkat secara drastis juga menandakan jika kampas kopling telah aus atau habis.

Sebenarnya suhu mesin yang panas saat dioperasikan merupakan hal yang wajar. Mengingat panas merupakan sumber tenaga dari mesin sehingga mesin dapat bergerak.

Namun, jika suhu mesin lebih cepat panas dari biasanya meski mobil sedang dijalankan secara normal, kamu perlu waspada karena hal itu bisa disebabkan oleh clutch disc yang habis.

Saat kampas kopling aus atau habis, rotasi mesin akan meningkat dan akselerasi menurun karena permukaan kampas yang menjadi licin.

Rotasi mesin yang tidak normal inilah yang menyebabkan suhu mesin meningkat secara drastis.

photoIlustrasi menginjak pedal kopling. - (YouTube Bro Zacky)</span

4. Pindah Perseneling Terasa Berat

Tanda kampas kopling atau clutch disc yang aus bisa juga dikenali dari perpindahan perseneling (gigi transmisi) yang terasa berat atau keras.

Karena jika dalam kondisi normal, perpindahan gigi transmisi ini cenderung mudah dan ringan, kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga banyak untuk melakukannya.

Namun, saat clutch disc telah aus, kamu akan mengeluarkan tenaga ekstra hanya untuk memindahkan gigi transmisi.

Hal ini karena bagian gigi transmisi mobil yang terus-menerus berputar sehingga gigi transmisi ini sulit terhubung.

Keras atau beratnya perpindahan perseneling ini bisa dirasakan meski sedang dalam kondisi netral sekalipun.

Cara mengatasi hal ini tidak lain dengan segera mengganti kampas kopling yang aus dengan yang baru

5. Muncul Bau Hangus

Kampas kopling yang sudah habis juga bisa diketahui dari bau hangus yang muncul. Bau hangus ini muncul akibat panas yang dihasilkan dari gesekan clutch disc dengan flywheel yang tinggi hingga kopling mengalami selip.

Selipnya komponen ini terjadi karena kampas yang sudah aus sehingga permukaannya menjadi licin.

Bau hangus seperti ini biasanya terjadi ketika kendaraan sedang berada di jalan yang menanjak atau turunan curam.

Kondisi jalanan yang naik turun akan mengakibatkan perpindahan transmisi menjadi intens sehingga gesekan clutch disc semakin tinggi.

Bau hangus ini biasanya tidak tercium dari kabin kendaraan. Namun, jika clutch disc sudah habis, bau hangus akan semakin menguat dan bisa tercium hingga ke dalam kabin kendaraan.

Bahkan kondisi ini terjadi meski kendaraan sedang berada di jalan yang datar.

Selain berpengaruh pada performa kendaraan, bau ini juga mengganggu kenyamanan penumpang yang berada di dalam kabin kendaraan.

Memperhatikan kondisi mobil yang kamu gunakan memang penting, supaya kamu bisa lebih cepat menyadari jika ada kondisi yang tidak normal dari mobil tersebut.

Dan jika kamu mengalami salah satu tanda-tanda clutch disc mulai aus diatas, sebaiknya kamu segera mengecek kondisi kampas kopling mobil kamu.

Jika ternyata benar telah aus atau habis, kamu harus segera menggantinya dengan yang baru. Karena jika tidak, dikhawatirkan kerusakan dapat merembet ke komponen mesin yang lainnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat17 Mei 2024, 11:30 WIB

6 Golongan Obat-obatan untuk Meredakan Nyeri Asam Urat dan Efek Sampingnya

Meredakan nyeri akibat asam urat (gout) sering memerlukan kombinasi obat-obatan untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan kadar asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi. Meredakan nyeri akibat asam urat (gout) sering memerlukan kombinasi obat-obatan untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan kadar asam urat dalam tubuh. (Sumber : Freepik/fabrikasimf)
Jawa Barat17 Mei 2024, 11:21 WIB

Audiensi LW Doa Bangsa-BJB Syariah, Kolaborasi Majukan Perwakafan di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa melakukan audiensi di kantor BJB Syariah Pusat, di Bandung, Kamis, (16/5/2024).
Audiensi Lembaga Wakaf Doa Bangsa dan BJB Syariah di Bandung | Foto : Dok. LW Doa Bangsa
Life17 Mei 2024, 11:15 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menghancurkan Kreatifitas Hidup, Hindari Yuk!

kebiasaan buruk yang sering dilakukan akan membunuh kreatifitas hidup. Setiap orang harus menghindarinya agar tidak merusak masa depan dan kehidupannya
Beberapa kebiasaan buruk yang membuat kreatifitas menghilang (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)
Sehat17 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Minuman Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat, Enak dan Segar!

Inilah Sederet Minuman Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat, Enak dan Segar!
Ilustrasi. Minuman Segar dan Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat (Sumber : Pexels/EnginAkyurt)
Sukabumi17 Mei 2024, 10:51 WIB

Sudah Dihapus, Ini Postingan Soal Studi Tour yang Bikin PGRI Sukabumi Lapor polisi

Seluruh postingan akun facebook Atep Romli sudah menghilang sebelum pelaporan PGRI Kabupaten Sukabumi ke pihak kepolisian.
Ilustrasi dihapus. (Sumber: freepik)
Life17 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Adab Kesopanan yang Wajib Diajarkan Orang Tua Kepada Anak Sejak Kecil

Adab kesopanan juga harus diajarkan kepada anak sejak kecil oleh orang tua. Ini sangat penting mengingat semuanya bergantung didikan dari masa mereka kanak-kanak dan menjadi pribadi baik saat dewasa.
Ilustrasi ketika orang mengajarkan adab kesopanan kepada anak (Sumber : Pexels.com/@Kampusproduction)
Life17 Mei 2024, 10:15 WIB

6 Kesalahan Orang Tua yang Jadi Penyebab Anak Kecanduan Main HP Sejak Kecil

Penyebab anak kecanduan main HP sejak kecil pada umumnya dipengaruhi oleh pola asuh orang tua sendiri di rumah. Maka dari itu, ini kesalahan orang tua saat masa mendidiknya yang harus segera diperbaiki
Ilustrasi kesalahan orang tua yang menjadi penyebab anak kecanduan main HP (Sumber : Pexels.com/@YanKrukau)
Life17 Mei 2024, 10:00 WIB

15 Karakter Dasar yang Harus Dimiliki Seorang Anak, Bunda Yuk Ajarkan

Ciri-ciri karakter akan membantu anak menjadi sukses dalam setiap aspek kehidupannya.
Ilustrasi Ciri-ciri karakter akan membantu anak menjadi sukses dalam setiap aspek kehidupannya. | Foto: Pexels.com/@Romina Ordenez
Sukabumi17 Mei 2024, 09:57 WIB

Nyaris Sambar Bocah, Aksi Berani Pelajar Sukabumi Ringkus Ular Piton di Jalanan

Dengan sigap, Galang Ramadani, pelajar SMK mengejar ular dengan panjang kurang lebih 3 meter tersebut.
Aksi berani pelajar SMK di Sukabumi, Galang Ramadani meringkus ular piton di jalan karamat Kota Sukabumi (Sumber: akun youtube SUTV Sukabumi)
Sehat17 Mei 2024, 09:32 WIB

Diet Asam Urat, Pilihan Makanan dan Apa Saja yang Harus Dihindari

Dengan mengikuti panduan untuk Diet Asam Urat ini, penderita asam urat dapat mengelola kondisinya dengan lebih baik dan mengurangi risiko serangan gout.
Diet Asam Urat, Pilihan Makanan dan Apa Saja yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat. Foto: Istimewa