Pabrikan Eropa Hingga China, 12 Mobil Listrik yang Rilis Sepanjang 2023

Rabu 27 Desember 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi. Berikut ini deretan mobil listrik yang rilis di sepanjang tahun 2023 dan meramaikan pasar otomotif Indonesia (Sumber : iStock)

Ilustrasi. Berikut ini deretan mobil listrik yang rilis di sepanjang tahun 2023 dan meramaikan pasar otomotif Indonesia (Sumber : iStock)

SUKABUMIUPDATE.com - Pasar otomotif di tahun 2023 diramaikan dengan kehadiran kendaraan listrik khususnya mobil listrik dari berbagai pabrikan.

Tercatat pabrikan Eropa hingga China berlomba menghadirkan produk kendaraan listrik mereka di tengah semakin meningkatnya tren mobil listrik, baik yang murni maupun hybrid.

Lalu, mobil listrik apa saja yang hadir sepanjang tahun ini? Melansir dari Tempo.co, berikut berbagai mobil listrik yang masuk serta rilis ke pasar Indonesia.

Baca Juga: Deretan Motor Matic Terbaru yang Hadir di Indonesia Sepanjang Tahun 2023

1. Mercedes-Benz

Pabrikan asal Jerman, telah merilis mobil listrik kelas premium di pasar otomotif Indonesia. Hingga akhir 2023 Mercedes Benz setidaknya meluncurkan berbagai macam kendaraan seperti EQS SUV, Mercedes-Benz EQS Edition 1, Mercedes-Benz EQA dan juga Mercedes-Benz EQB yang memiliki harga rata-rata di atas Rp 1 miliar.

2. Neta V

Pabrikan asal Cina, Neta resmi memperkenalkan diri dan produk elektriknya di Indonesia pada tahun 2023 ini. Neta pertama kali membawa Neta V untuk tahun ini.

Neta V hadir dengan baterai yang berkapasitas 38,5 kWh. Sehingga, tidak heran jika mobil listrik ini dapat menempuh jarak hingga 401 km dengan motor listrik yang memiliki daya 50 kW.

Baca Juga: 4 Tanda Shockbreaker Motor Mulai Soak, Periksa Sebelum Diajak Jalan Jauh!

3. Hyundai Ioniq 6

Setelah sukses menghadirkan Ioniq 5 di Indonesia, Hyundai tancap gas untuk menghadirkan berbagai kendaraan listrik terbarunya yakni Ioniq 6.

Ioniq 6 ini memiliki baterai yang berkapasitas 77,4 kWh dengan jarak tempuh yang bisa dicapai hingga 519 km. Tenaga yang dimuntahkan juga tidak tanggung-tanggung, kendaraan sanggup memuntahkan tenaga hingga 320 tk dengan torsi mencapai 650 Nm.

4. Citroen eC3

Pabrikan asal Prancis juga tidak mau kalah untuk menghadirkan kendaraan listriknya, Merek yang kembali baru muncul kembali ke pasar Indonesia ini, membawa eC3 ini dengan berbekal baterai lithium-ion berkapasitas 29,2 kWh.

Mobil SUV asal Prancis ini, memiliki kemampuan pengecasan cepat yakni hanya kurang lebih 50 menit untuk baterai 10 persen ke 80 persen. Dengan baterai penuh, mobil ini sanggup menjelajah hingga 320 km.

Baca Juga: 6 Tips Membersihkan Mesin Mobil Agar Tetap Aman Berkendara

5. Wuling Air EV Lite

Wuling Air Ev sebenarnya bukan barang baru untuk konsumen elektrik di Indonesia, meski begitu Wuling terus memberikan penyegaran terhadap kendaraan mungil miliknya.

Pada tahun ini, Wuling memangkas beberapa fitur unggulan guna menyuguhkan harga yang terjangkau untuk konsumennya yang diberi nama Wuling Air Ev Lite.

6. Wuling Binguo EV

Menjelang akhir tahun, Wuling menghadirkan merilis mobil listrik terbaru yang memiliki ukuran cukup kompak, yakni Binguo Ev untuk konsumen otomotif Indonesia.

Binguo Ev ini hadir dengan dua varian yang berbeda yakni Longe Range dan juga Premium Range. Untuk masing-masing varian ini dibedakan adalah jarak tempuh, Long Range dapat menempuh jarak hingga 333 km dan Premium Range dapat menempuh hingga 410 km.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Nataru Pakai Mobil Agar Aman dan Nyaman Selama Perjalanan

7. Seres E1

Pabrikan otomotif asal Cina, Seres membawa kendaraan elektrik mereka untuk pasar Indonesia melalui Seres E1 yang siap emandignin WUlign Air Ev. memiliki dimensi yang cukup mirip dengan WUling Air Ev, Seres E1 dibekali dengan baterai Lithium iron Phosphate yang sudah memenuhi IP67.

Mobil mungil ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 180 km sekali pengisian dengan kondisi baterai terisi 100 persen.

8. Lexus RZ 450e

Lexus menghadirkan RZ 450e sebagai misi mereka yang nantinya hanya menghadirkan kendaraan elektrik pada tahun 2025 mendatang.

Lexus membekali mobil listrik ini dengan baterai yang cukup besar, yakni 71,4 kWh dengan jarak yang sanggup ditempuh oleh kendaraan ini hingga 400 km.

Baca Juga: 10 Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Sepeda Motor Saat Libur Nataru

9. Maxus Mifa9

Pabrikan asal Cina, Maxus hadir ke pasar otomotif Indonesia dengan membawa kendaraan MPV premium berteknologi elektrik. Mobil MPV yang mengisi kekosongan di ranah elektrifikasi penuh ini hadir dengan daya jangkau sejauh 560 km dengan baterai kapasitas penuh.

Mobil ini juga menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 90 kWh. Mobil MPV ini hadir dengan menyuguhkan tingkat kenyamanan yang tidak tertandingi.

10. Kia

Pabrikan otomotif Korea Selatan, pada tahun 2023 juga aktif untuk menghadirkan kendaraan elektrik melalui EV6 GT. Kendaraan elektrik ini dibekali dengan Dual Motor dengan sistem penggerak roda All Wheel Drive (AWD).

Mobil ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 577 tk dan torsi maksimum 700 Nm. Kia EV6 GT mampu berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam hanya dalam waktu 3,5 detik.

Selain itu, Kia juga memperkenalkan EV9 GT-Line yang dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 99l8 kWh. Untuk itu, tidak heran jika mobil ini sanggup menempuh jarak hingga 498 km dengan tenaga yang sanggup dimuntahkan sebesar 378 tk dan torsi 700 Nm.

11. Volvo C40 Recharge

Pabrikan yang kembali bangkit lagi di Indonesia ini, langsung tancap gas dengan menghadirkan kendaraan elektrik mereka yakni C40 Recharge. Kendaraan elektrik ini digadang memiliki daya jangkau hingga 500 km.

12. Chery Omoda e5

GIIAS 2023 menjadi panggung debut bagi Chery Omoda 5 EV. Ternyata, Omoda 5 EV merupakan nama perkenalan. Nama asli yang dilepas ke pasar adalah Omoda E5.

Mobil listrik ini memiliki daya tempuh 450 km berdasarkan pengetesan World Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP). Adapun baterai yang digunakannya memiliki kapasitas 61 kWh.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Berat Badan, 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.
Ilustrasi - Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.  (Sumber : pexels.com/@Dom J)
Life29 April 2024, 08:00 WIB

8 Kebiasaan Orang Kaya yang Membuatnya Sulit Miskin

Inilah Sederet Kebiasaan Orang Kaya yang Membuatnya Sulit Miskin. Ayo Tiru dan Lakukan!
Ilustrasi. Relasi orang kaya yang membuatnya sulit miskin (Sumber : pexels/maryiaplashchynskaya)
Sehat29 April 2024, 07:00 WIB

7 Kategori Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan tinggi serat secara teratur dapat membantu mengatur kadar gula darah, mencegah lonjakan gula darah yang tajam setelah makan, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
Ilustrasi. Mencuci Buah. Contoh Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik)
Food & Travel29 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Hanya 5 Langkah!

Jus jambu biji segar ini dapat menjadi tambahan yang menyegarkan dan sehat dalam diet untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : pexels/quangnguyenvinh)
Science29 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 29 April 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Awal Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Life28 April 2024, 23:24 WIB

7 Trik Jitu Move On dari Mantan Pacar, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Putus cinta adalah salah satu momen paling sulit dalam kehidupan, terutama ketika harus melepaskan mantan pacar yang pernah kita cintai dengan sepenuh hati.
Ilustrasi putus cinta. | Sumber Foto: pixabay/oppy77
Life28 April 2024, 23:17 WIB

6 Cara Memiliki Mental Kuat agar Tahan Banting dan Tidak Direndahkan Orang Lain

Memiliki mental kuat sangat dibutuhkan dalam hidup supaya tahan banting dan tidak mudah direndahkan oleh orang lain.
Ilustrasi. Cara memiliki mental kuat. | Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
DPRD Kab. Sukabumi28 April 2024, 23:12 WIB

Soroti Isu Pungli di PT GSI Sukabumi, DPRD Kritik Program Disnakertrans Tak Efektif

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar angkat bicara terkait isu pungli di GSI Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 April 2024, 22:12 WIB

Ini 5 Sikap Sabar yang Membuat Anda Hidup Damai Setiap Hari

Sikap sabar akan membantu setiap orang lebih merasakan kedamaian dan ketenangan dalam hidupnya.
Ilustrasi. Sikap sabar yang membuat damai. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi28 April 2024, 22:07 WIB

Dihuni Nenek dan Cucu, Rutilahu di Surade Sukabumi Nyaris Roboh Akibat Gempa Garut

Rutilahu yang dihuni nenek dan cucu di Surade Sukabumi nyaris roboh akibat gempa Garut M6,2.
Kondisi rutilahu yang nyaris roboh akibat diguncang gempa laut Garut. (Sumber : Istimewa)