Terapkan Tips Berikut Untuk Mengatasi Bayi Kolik, Yuk Cari Tahu Moms

Minggu 24 Maret 2024, 19:59 WIB
Ilustrasi tips atasi kolik pada bayi. (Sumber : Freepik)

Ilustrasi tips atasi kolik pada bayi. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebenarnya, menangis berlebihan bukanlah selalu menjadi tanda bahwa bayi merasa kesakitan. Namun, jika tangisannya berangsur lama, bawalah ia ke dokter untuk mendapat penanganan apakah ada hal lain yang menyebabkan ini terjadi.

Dikutip dari babycentre, dalam banyak kasus bayi yang menangis secara terus-menerus, dokter menemukan bahwa tidak ada penyebab yang mendasarinya. Maka dari itu, orang tua mungkin mulai merasa lebih rileks terhadap tangisan bayi setelah dokter memastikan bahwa ia dalam keadaan sehat.

Jadi ketika bayi menangis, coba periksa keadaannya. Apakah ia tidak nyaman dengan popoknya, merasa tidak nyaman dengan perutnya, mengantuk, jika setelah diperiksa masih saja menangis, cobalah beri ia makan. Barangkali dia sedang merasa lapar. Atau jika masih menangis, cobalah teknik menenangkan yang lain misalnya bernyanyi, mengayun, atau mengajaknya jalan-jalan di kursi dorong.

Ingatlah bahwa teknik yang Anda coba dan percaya tidak selalu berhasil. Meskipun hal ini bisa membuat stres, tetapi kuatkan dan ingatkan diri bahwa Anda tidak melakukan kesalahan apa pun, dan fase yang sedang dijalani hari ini akan segera berlalu.

Ketika pasangan ada di rumah, lakukanlah hal ini secara bergiliran untuk saling memberi waktu istirahat. Namun jika hanya berdua dengan bayi Anda, cobalah terapkan tips berikut ini:

● Ajak bayi jalan-jalan agar Anda berdua bisa mendapatkan udara segar. Pergerakan kereta dorong bayi dapat menenangkan dan menenangkannya dan lengan Anda akan terbebas dari semua pegangan dan goyangan tersebut.

● Berikan bayi Anda pijatan perut yang lembut. Ini mungkin membantu menenangkan Anda berdua. Pijat juga dapat membantu melancarkan buang angin dan kotoran melalui sistem tubuh bayi Anda, sehingga membuatnya lebih nyaman.

● Jika mendapati diri Anda menjadi marah, baringkan bayi dengan lembut di tempat yang aman selama lima menit dan pergilah ke ruangan lain untuk berlatih pernapasan dalam (atau menangislah sendiri).

● Yang terpenting, coba ingatkan diri Anda bahwa kolik pada bayi Anda tidak ada hubungannya dengan keterampilan Anda sebagai orang tua.
Ketika bayi dalam keadaan lebih tenang coba, Bunda bisa mencoba lakukan hal berikut :

● Beristirahatlah, atau " me time ", saat bayi Anda sedang tidur.

● Catat kapan bayi Anda menangis dan langkah apa yang Anda lakukan untuk menenangkannya agar tidak lupa. Anda mungkin juga menemukan pola tangisannya. Ini mungkin akan membantu menghadapinya dengan lebih baik, karena Anda akan tahu apa yang diharapkan.

● Dengarkan audio relaksasi : Nikmati saat-saat indah yang dialami bersama bayi Anda.

● Bicaralah dengan pasangan tentang cara Anda berdua mengatasinya dan apa yang dapat dilakukan mengenai hal ini.

● Ngobrol dengan orang tua lain yang memiliki bayi penderita kolik.
Cobalah untuk mengingat untuk menjaga diri sendiri juga. Mengatasi kolik bisa membuat Anda merasa lelah, jadi jika ada kesempatan, berikan hadiah pada diri Anda sendiri selagi bisa. Makan siang bersama teman, membaca set kotak itu, atau sekadar menikmati tidur siang saat bayi Anda tidur.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 18:00 WIB

Kaya Jalur Langit, Amalkan Doa Mohon Dibukakan Pintu Rezeki dari Segala Penjuru

Berikut doa mohon dibukakan pintu rezeki dari segala penjuru sebagai salah satu upaya meraih kekayaan jalur langit.
Berdoa untuk memohon kekayaan jalur langit (Sumber : Freepik/)
Life28 April 2024, 17:44 WIB

5 Alasan Kenapa Seseorang Sulit Memaafkan Masa Lalunya, Ketahui Penyebabnya!

Tak sedikit orang yang sangat sulit memaafkan masa lalunya sendiri sehingga sampai kini terjebak dalam balutan masa kelam yang menyakitkan.
Ilustrasi. Orang menangis karena sulit memaafkan masa lalu. | Sumber poto : Pexels/ Karolina Grabowska
Sukabumi28 April 2024, 17:32 WIB

29 Motor Berknalpot Brong Terjaring Razia di Sukabumi, Pemiliknya Ditilang

Puluhan motor berknalpot brong disita polisi usai terjaring razia KRYD Polres Sukabumi Kota. Pemiliknya ditilang.
Pemiliknya ditilang, puluhan motor berknalpot brong diangkut Polres Sukabumi Kota. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 17:30 WIB

4 Jenis Emosi Besar yang Bisa Dibicarakan dengan Anak Agar Mereka Mengerti

Membicarakan emosi dengan anak-anak bisa jadi rumit, pelajari lebih lanjut tentang cara mendiskusikan perasaan besar dengan anak kecil.
Ilustrasi. Anak sedang emosi. Sumber : Freepik/@8foto
Keuangan28 April 2024, 17:11 WIB

6 Kesalahan Sepele yang Menyulitkan Anda Hidup Kaya, Yuk Evaluasi Diri!

Orang yang sulit sukses dan kaya hidupnya tentu disebabkan oleh beberapa alasan krusial sehingga membuat masa depannya mandeg atau stagnan.
Ilustrasi. Alasan hidup sulit sukses dan kaya. | Sumber foto : Pexels/Nicola Barts
Musik28 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut

Inilah Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki yang Dinyanyikan oleh Lyodra sebagai Original Soundtrack atau OST Film Ipar Adalah Maut.
Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut. Foto : YouTube/LyodraOfficial
Sukabumi28 April 2024, 16:57 WIB

Warga Keluhkan Sampah Bau Busuk Dibiarkan Menumpuk di Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi

Warga keluhkan tumpukan salah di pinggir Jalan Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi. Baunya tak sedap hingga bahayakan pengguna jalan.
Tumpukan sampah berserakan ke pinggir jalan di Kampung Pangsor Lio, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Life28 April 2024, 16:30 WIB

Bersikap Fleksibel, 10 Cara Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik Untuk Anak

Dari mengajukan pertanyaan hingga berlatih mendengarkan secara aktif, trik berikut akan membantu Anda menjadi orang tua yang lebih baik.
Ilustrasi. Cara menjadi orang tua yang lebih baik. Sumber : Freepik/@freepik
Sukabumi28 April 2024, 16:12 WIB

Lewat Harmoni Budaya, IPB Sukabumi Ajak Generasi Muda Lestarikan Nilai Luhur Bangsa

Harmoni Budaya 2024 diharapkan menjadi titik awal bagi semangat pelestarian budaya dan penyaluran bakat seni generasi muda Sukabumi.
Acara Harmoni Budaya 2024 diresmikan secara simbolik oleh Dr. Ir. Aceng Hidayat MT. selaku Dekan Sekolah Vokasi IPB University, dan Rita Handayani S.Ip. M.Si. perwakilan dari Disdikbud Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 16:00 WIB

7 Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya

Kekakuan mental atau ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar atau teknologi bisa menjadi penghalang bagi kemajuan finansial sehingga membuat orang miskin sulit kaya.
Ilustrasi. Karakter Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/JoaoJesus)