50 Quotes Sumpah Pemuda 2023, Kata-Kata Bijak Soekarno hingga Tan Malaka

Sabtu 28 Oktober 2023, 06:30 WIB
Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno saat berorasi. | Quotes Sumpah Pemuda 2023, Kata-Kata Bijak Soekarno hingga Tan Malaka| (Sumber : Dok. Arsip Nasional RI)

Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno saat berorasi. | Quotes Sumpah Pemuda 2023, Kata-Kata Bijak Soekarno hingga Tan Malaka| (Sumber : Dok. Arsip Nasional RI)

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda setiap tahunnya. Peringatan hari bersejarah ini biasa diisi dengan memasang twibbon, poster, gambar hingga mengirimkan kata-kata mutiara atau quotes pahlawan.

Hari Sumpah Pemuda selalu diidentikkan sebagai hari yang penuh kobaran api semangat para pemuda. Tentunya sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai penerus bangsa untuk terus mengobarkan semangat perjuangan leluhur kita.

Untuk updaters yang sedang mencari kata-kata Sumpah pemuda, berikut kumpulan Quotes Sumpah Pemuda untuk perayaan tanggal 28 Oktober. Dihimpun via Suara.com, yuk simak!

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Hidupnya Menderita Karena Banyak Masalah

Quotes Hari Sumpah Pemuda: Kata-Kata Bijak Soekarno hingga Tan Malaka

  1. Selamat Hari Sumpah Pemuda. Yang muda yang berkarya.
  2. Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator. – HOS Tjokroaminoto
  3. Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan. – Sutan Syahrir
  4. Tindakan jauh lebih penting daripada kata-kata. – Sutan Syahrir
  5. Penjagaan terbaik bagi generasi muda adalah contoh yang baik bagi generasi tua. – Cut Nyak Dien
  6. Bangun pemuda pemudi Indonesia! Terus berkarya untuk memajukan bangsa ini. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2023.
  7. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2023. Wahai generasi muda penerus bangsa, apakah kalian sudah merasa merdeka, jika uang jajan masih ditanggung orang tua?
  8. Wajar geram korupsi merajalela. Tapi sudahkah kalian berkaca. Wahai para pemuda penerus bangsa. Jabatanmu kini jasa atas nama orang tua.
  9. Mau jadi apa Indonesia? Jika pemudinya cuma hobi posting sosial media? Selamat Hari Sumpah Pemuda 2023.
  10. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2023. Semoga cita-cita para pemuda Indonesia terwujud.
  11. Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. ­– Soekarno
  12. Apapun warna kita, perbedaan dalam memilih adalah kekayaan keberagaman kita jangan jadikan alasan perbedaan menjadi salah satu perpecahan, suarakan hati terikan Sumpah Pemuda dulu jangan hanya memperingati saja.
  13. Kobarkan semangat juang para pemuda untuk persatuan Indonesia. Selamat hari Sumpah Pemuda.
  14. Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan (Bung Karno). – Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  15. Kamu harus bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda!
  16. Kamu harus bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda!
  17. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2023. Semoga persatuan dan kesatuan NKRI akan selalu terjaga sepanjang waktu.
  18. Kita bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah Air, Berbangsa, dan
    Berbahasa Indonesia. – Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  19. Indonesia butuh generasi kuat dan tangguh. Indonesia butuh anak muda yang bertekad memajukan negeri. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2023.
  20. Bersatulah wahai pemuda, Kemajuan bangsa Indonesia ada di genggamanmu.
  21. Bangsa yang tidak percaya pada kekuatan diri sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. - Bung Karno.
  22. Negeri ini butuh banyak pemuda pencari solusi, bukan pemuda pemaki-maki. - Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.
  23. Jangan kau ucapkan mentah-mentah, bacalah, resapi, dan rasakan setiap makna dari kalimat ikrar Sumpah Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021.
  24. Indonesia butuh generasi kuat dan tangguh. Indonesia butuh generasi yang punya tekad memajukan negeri. Selamat Hari Sumpah Pemuda.
  25. Selamat Hari Sumpah Pemuda 2023. Kobarkan semangat kalian wahai para generasi muda untuk kemajuan Indonesia.
  26. Kemajuan suatu bangsa terletak di genggaman para pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda, wahai generasi emas penerus bangsa.
  27. Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam. ­– Soekarno
  28. Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang. ­– Soekarno
  29. Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya. ­– Soekarno
  30. Negeri ini, Republik Indonesia, bukanlah milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat-istiadat tertentu, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke! ­– Soekarno
  31. Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia. ­– Soekarno
  32. Berikan aku sepuluh pemuda, akan ku goncangkan dunia. ­– Soekarno
  33. Entah bagaimana tercapainya persatuan itu, entah bagaimana rupanya persatuan itu, akan tetapi kapal yang membawa kita ke Indonesia Merdeka itulah Kapal Persatuan adanya. ­– Soekarno
  34. Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda. – Tan Malaka.
  35. Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali. – Tan Malaka.
  36. Akuilah dengan yang putih bersih, bahwa kamu sanggup dan mesti belajar dari orang Barat. Tapi kamu jangan jadi peniru orang Barat, melainkan seorang murid dari Timur yang cerdas, suka memenuhi kemauan alam dan seterusnya dapat melebihi kepintaran guru-gurunya di Barat. – Tan Malaka.
  37. Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator. – HOS Tjokroaminoto
  38. Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan. – Sutan Syahrir
  39. Tindakan jauh lebih penting daripada kata-kata. – Sutan Syahrir
  40. Penjagaan terbaik bagi generasi muda adalah contoh yang baik bagi generasi tua. – Cut Nyak Dien
  41. Kalian pemuda, kalau kalian tidak punya keberanian, sama saja dengan ternak karena fungsi hidupnya hanya beternak diri. – Pramoedya Ananta Toer.
  42. Indahnya dunia ini jika pemuda masih tahu perjuangan! – Pramoedya Ananta Toer.
  43. Bukankah tidak ada yang lebih suci bagi seorang pemuda daripada membela kepentingan bangsanya? – Pramoedya Ananta Toer.
  44. Kalau ingin melakukan perubahan jangan tunduk terhadap kenyataan, asalkan kau yakin di jalan yang benar maka lanjutkan. – Abdurrahman Wahid (Gus Dur).
  45. Saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hormati perbedaan dan kemajemukan yang ada di Indonesia. – Abdurrahman Wahid (Gus Dur).
  46. Pemuda hari ini harus turun tangan, berkarya nyata menjawab semesta Indonesia. – Jurnalis, Najwa Shihab.
  47. Pemuda masa silam menggelorakan kehendak bersatu, hari ini rayakanlah Indonesia tanpa ragu. – Jurnalis, Najwa Shihab.
  48. Hanya pemuda sederhana. Yang kecemerlangannya muncul lewat senandung yang ia hafalkan, terlihat dalam cahaya yang terpancarkan dari sepasang mata. Kecemerlangan yang terlihat bagai matahari perlahan muncul, atau menghilang di kaki langit. – Penulis, Sinta Yudisia.
  49. Bung Karno berkata: ‘Berikan aku sepuluh pemuda dan aku akan mengguncang dunia.’ Dia tidak berkata bahwa 9 dari 10 pemuda itu buta huruf. Itulah sikap optimis bangsa yang harus kita miliki saat ini. – Anies Baswedan.
  50. Pemuda harus punya visi yang jauh ke depan. Misalnya, 20 tahun ke depan akan menjadi apa. Untuk bisa mewujudkan visi itu, pemuda harus punya tiga gesit. Yaitu, gesit otak, gesit tangan, dan gesit gaul. – Ahli Ekonomi, Rizal Ramli.

Baca Juga: 15 Kebiasaan yang Membuat Hidup Menderita, Jangan Lakukan!

Seperti diketahui, merujuk SuaraRiau.Id --jaringan Suara.com--, berdasarkan catatan sejarah Indonesia, Sumpah Pemuda lahir dalam sebuah pertemuan yang disebut sebagai Kongres Pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928.

Namun ternyata, dua tahun sebelum lahir Sumpah Pemuda, telah dibuat pula Kongres Pemuda I yang dilaksanakan pada tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926.

Kongres Pemuda pertama dilaksanakan di Jakarta yang kala itu masih bernama Batavia, dengan tujuan untuk meperjuangkan persatuan bangsa Indonesia dengan membuat suatu wadah pusat yang menghimpun seluruh perkumpulan pemuda daerah.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 April 2024, 07:00 WIB

7 Kategori Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan tinggi serat secara teratur dapat membantu mengatur kadar gula darah, mencegah lonjakan gula darah yang tajam setelah makan, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.
Ilustrasi. Mencuci Buah. Contoh Makanan Tinggi Serat yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik)
Food & Travel29 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Hanya 5 Langkah!

Jus jambu biji segar ini dapat menjadi tambahan yang menyegarkan dan sehat dalam diet untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : pexels/quangnguyenvinh)
Science29 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 29 April 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Awal Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Life28 April 2024, 23:24 WIB

7 Trik Jitu Move On dari Mantan Pacar, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Putus cinta adalah salah satu momen paling sulit dalam kehidupan, terutama ketika harus melepaskan mantan pacar yang pernah kita cintai dengan sepenuh hati.
Ilustrasi putus cinta. | Sumber Foto: pixabay/oppy77
Life28 April 2024, 23:17 WIB

6 Cara Memiliki Mental Kuat agar Tahan Banting dan Tidak Direndahkan Orang Lain

Memiliki mental kuat sangat dibutuhkan dalam hidup supaya tahan banting dan tidak mudah direndahkan oleh orang lain.
Ilustrasi. Cara memiliki mental kuat. | Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
DPRD Kab. Sukabumi28 April 2024, 23:12 WIB

Soroti Isu Pungli di PT GSI Sukabumi, DPRD Kritik Program Disnakertrans Tak Efektif

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar angkat bicara terkait isu pungli di GSI Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 April 2024, 22:12 WIB

Ini 5 Sikap Sabar yang Membuat Anda Hidup Damai Setiap Hari

Sikap sabar akan membantu setiap orang lebih merasakan kedamaian dan ketenangan dalam hidupnya.
Ilustrasi. Sikap sabar yang membuat damai. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi28 April 2024, 22:07 WIB

Dihuni Nenek dan Cucu, Rutilahu di Surade Sukabumi Nyaris Roboh Akibat Gempa Garut

Rutilahu yang dihuni nenek dan cucu di Surade Sukabumi nyaris roboh akibat gempa Garut M6,2.
Kondisi rutilahu yang nyaris roboh akibat diguncang gempa laut Garut. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 21:30 WIB

Sembunyi Saat Bertemu Orang Baru, Kenali 7 Perilaku Umum Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun menunjukkan emosinya dengan cara yang cukup aneh. Pelajari cara memecahkan kode tujuh perilaku umum balita.
Ilustrasi. Perilaku umum anak 2 tahun. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 21:22 WIB

Kapolres Sukabumi Ajak Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Lokasinya

Dukung Timnas masuk Final, Polres Sukabumi gelar nobar semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan.
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai kalahkan Korea Selatan. (Sumber : Dok. AFC)