Punya Darah Tinggi? Berikut 7 Makanan yang Dapat Meredakannya

Selasa 10 Oktober 2023, 14:29 WIB
Ilustrasi pemeriksaan darah untuk mengetahui tekanan darah. | Foto: Freepik

Ilustrasi pemeriksaan darah untuk mengetahui tekanan darah. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Darah tinggi atau hipertensi merupakan gejala penyakit jantung paling umum yang dapat dihindari. Dimulai dari mengubah gaya hidup dan mengatur pola makan secara sehat maka dapat menurunkan tingkat tekanan darah serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, berdasarkan Global Burden of Desease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) 2014-2019, penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Bahkan berdasarkan data BPJS Kesehatan pada 2021, disebutkan pembiayaan kesehatan terbesar ada pada penyakit jantung sebesar Rp.7,7 triliun.

Maka dari itu, hindari resiko-resiko yang berkaitan dengan penyakit jantung maupun darah tinggi, salah satunya menjaga asupan makanan ke dalam tubuh. Berikut 7 makanan yang dapat meredakan darah tinggi dilansir dari healthline.

1. Sayuran Berdaun Hijau

Dua contoh sayuran berdaun hijau yang dapat meredakan darah tinggi adalah lobak Swiss dan bayam. Perlu kita ketahui, sayuran hijau merupakan sumber nutrisi seperti potasium dan magnesium, yang berfungsi untuk membantu tekanan darah berada dalam batas normal. Misalnya, 1 cangkir (175 gram) lobak Swiss yang dimasak masing-masing memenuhi 20% dan 36% kebutuhan potasium dan magnesium harian.

Begitu pula denga bayam, sayuran berdaun hijau ini kaya akan senyawa nabati nitrat yang dapat menurunkan tekanan darah. Tidak hanya itu, bayam juga mengandung antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium, yang dapat mendukung kesehatan jantung.

2. Buah Beri

Buah beri kaya akan antioksidan, termasuk antosianin, yang merupakan pigmen pemberi warna cerah pada buah yang biasanya berukuran kurang lebih sebesar tutup botol.

Senyawa antosianin yang terkandung pada buah beri dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah dan mengurangi produksi molekul yang membatasi aliran darah. Ini dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Baca Juga: 10 Tips Bahagia Meski Sedang Capek Karena Tekanan dan Beban Hidup

Beberapa buah beri yang dapat menurunkan tekanan darah:

Bluberi
Raspberi
Chokeberry
Stroberi
Anggur
Cranberry

3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Banyak kacang-kacangan dan biji-bijian menawarkan sumber nutrisi terkonsentrasi yang penting untuk mengontrol tekanan darah, termasuk serat dan arginin. Arginin adalah asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi oksida nitrat, senyawa penting untuk merelaksasi pembuluh darah dan penurunan tekanan darah.

Contoh kacang-kacangan dan biji-bijian yang dapat dimakan sebagai bagian dari diet seimbang yang berfokus pada penurunan tekanan darah meliputi:

Biji labu
Benih lenan
Biji Chia
Kacang pistasi
Kenari
Kacang almond

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan hubungan positif antara makan kacang-kacangan atau biji-bijian dan menurunkan tekanan darah, tapi dalam studi klinis hasilnya masih beragam. Para ilmuwan percaya waktu yang terlalu singkat menjadi penyebab kenapa studi klinis tersebut menghasilkan hasil beragam.

4. Telur

Pada tahun 2023 dilakukan studi kepada 2.349 orang dewasa di Amerika, hasilnya bahwa makan lima butir telur atau lebih per minggu dikaitkan dengan tingkat SBP (Systolic Blood Pressure) 2,5 mm Hg lebih rendah dibandingkan orang yang makan kurang dari setengah telur per minggu. Orang yang makan telur juga memiliki kemungkinan lebih rendah terkena tekanan darah tinggi dalam jangka panjang.

Tidak hanya padat nutrisi, tetapi hasil penelitian menunjukkan bahwa telur dapat dijadikan salah satu asupan dalam pola makan seimbang untuk mengelola tekanan darah. Makan telur juga tampaknya tidak memiliki keterkaitan dengan faktor risiko penyakit jantung lain selain tekanan darah, dan bukti terbaru tampaknya mendukung orang dewasa dalam keadaan sehat dengan makan hingga 3 butir telur per hari.

5. Wortel

Studi yang dilakukan tahun 2023 menemukan bahwa untuk setiap 100 gram wortel kemungkinan tekanan darah tinggi turun 10% (sekitar 1 cangkir wortel mentah parut) yang dimakan atau minum setiap hari.

Banyak orang menjadikan wortel yang memiliki rasa renyah, manis, dan bergizi sebagai sayuran pokok dalam porsi makannya. Wortel kaya dengan senyawa nabati yang mungkin terlibat dalam berbagai proses kesehatan, salah satunya mengatur tekanan darah.

6. Buah jeruk

Kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan, buah berkulit pahit ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Beberapa buah jeruk yang biasa dikonsumsi :

Jeruk Manis
Jeruk Lemon

Minum jus jeruk dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun jeruk bali dan jus jeruk bali dapat mengganggu pengobatan umum untuk menurunkan tekanan darah, jadi konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum memakan buah ini.

Studi yang dilakukan tahun 2021, meninjau informasi dalam 10 tahun terakhir mengenai buah dan pengelolaan tekanan darah tinggi. Peneliti menemukan bahwa makan sekitar 530 hingga 600 gram buah per hari (sekitar empat buah jeruk) bermanfaat untuk pengelolaan tekanan darah.

7. Salmon dan Ikan Berlemak Lainnya

Kadar lemak omega-3 banyak terkandung dalam ikan-ikan berlemak. Omega-3 yang lebih tinggi dalam makanan, termasuk ikan, dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan menurunkan peradangan.

71 penelitian dilakukan pada tahun 2021, dalam studi tersebut berhasil mengumpulkan informasi kesehatan dari 4.973 orang demi mengetahui hubungan antara lemak omega-3 dari makanan atau suplemen dan tekanan darah. Hasilnya, manfaat terbesar untuk menurunkan tekanan darah terjadi dengan jumlah harian antara 2 hingga 3 gram lemak omega-3 (sekitar 3,5 ons porsi salmon).

Itulah 7 makanan yang dapat membantu menurunkan kadar darah tinggi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola29 April 2024, 18:00 WIB

Baca Doa Ini Agar Timnas Indonesia Menang Melawan Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.
Mari kita doakan bersama agar Timnas Indonesia dapat meraih kemenangan dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi Memilih29 April 2024, 17:40 WIB

PKB, Demokrat dan PKS Sepakat Berkoalisi untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024

Deklarasi koalisi PKB, Demokrat dan PKS untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 ini rencananya digelar pada 4 Mei 2024 mendatang.
PKB, Demokrat dan PKS sepakat untuk berkoalisi di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 April 2024, 17:30 WIB

6 Cara Berkelas Menghadapi Orang Licik Agar Tidak Diremehkan dan Direndahkan

Menghadapi orang licik harus dengan cara berkelas. Ini langkah supaya orang licik tidak sembarangan menipu daya demi keuntungannya sendiri.
Ilustrasi. Cara berkelas menghadapi orang licik. Sumber Foto : Pexels/Yan Krukau
Musik29 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Inilah Full Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Sedang Viral di Medsos. Sudah Dengar?
Video Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/ORGANICessentials
Sukabumi29 April 2024, 16:41 WIB

Viral Video Aksi Tawuran Bersajam di Palabuhanratu Sukabumi, Satu Pelajar Terkapar

Sebuah video viral di media sosial aksi tawuran antar kelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam, diduga berlokasi di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)