8 Alasan Kenapa Seseorang Iri Melihat Orang Lain Sukses dan Bahagia

Jumat 29 September 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi. Alasan Kenapa Seseorang Iri Melihat Orang Lain Sukses dan Bahagia (Sumber : Freepik/@teksomolika)

Ilustrasi. Alasan Kenapa Seseorang Iri Melihat Orang Lain Sukses dan Bahagia (Sumber : Freepik/@teksomolika)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang bisa merasa iri saat melihat orang lain sukses dan bahagia. Penyebab muncul rasa iri ini bisa karena berbagai alasan, baik itu faktor psikologis maupun emosional.

Apalagi beberapa Orang yang memiliki sifat hasad, iri dan dengki terhadap kesuksesan orang lain biasanya menunjukkan ciri-ciri tertentu.

Orang yang iri mungkin membuat komentar negatif atau sinis tentang kesuksesan atau prestasi orang lain. Mereka bisa mencoba meremehkan atau merendahkan pencapaian orang tersebut.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Anak Laki-laki yang Sulit Menuruti Perkataan Orang Tua

Berikut beberapa alasan yang mungkin menjelaskan kenapa seseorang iri melihat orang lain sukses dan bahagia, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Alasan Kenapa Seseorang Iri Melihat Orang Lain Sukses dan Bahagia

1. Merasa Rendah Diri

Ketika seseorang merasa kurang berhasil atau bahagia dalam kehidupannya sendiri, maka melihat orang lain sukses dan bahagia dapat membuatnya merasa lebih rendah diri. Perasaan iri kemudian muncul karena perbandingan dengan kehidupan orang lain yang terlihat lebih baik.

2. Tekanan Sosial

Tekanan dari masyarakat atau lingkungan sosial dapat membuat seseorang merasa wajib untuk mencapai tingkat kesuksesan atau kebahagiaan tertentu. Jika seseorang merasa gagal dalam hal ini, maka bisa muncul perasaan iri terhadap mereka yang berhasil.

3. Perasaan Tidak Adil

Seseorang mungkin merasa bahwa kehidupan mereka tidak adil dibandingkan dengan kehidupan orang lain. Entah karena penilaian luar bahwa orang lain terlihat memiliki hidup yang lebih mudah atau lebih menguntungkan, hal ini bisa memicu perasaan iri.

4. Ketidakpuasan Pribadi

Ketidakpuasan dengan kehidupan atau pencapaian pribadi dapat memperkuat perasaan iri ketika melihat orang lain sukses. Orang tersebut mungkin bertanya-tanya mengapa mereka belum mencapai tingkat kesuksesan yang sama.

5. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan seperti media sosial juga dapat memengaruhi perasaan iri. Sebagian orang sering kali hanya membagikan momen-momen positif dalam hidup mereka di media sosial.

Baca Juga: 12 Ciri-Ciri Pria Bertanggung Jawab yang Cocok Jadi Pasangan Hidup

Sayangnya, kebiasaan itu bisa membuat orang lain merasa bahwa kehidupan mereka tidak sebahagia atau sesukses yang terlihat sehingga merasa iri.

6. Rasa Persaingan

Dalam beberapa kasus, persaingan sehat bisa menjadi dorongan positif untuk mencapai kesuksesan. Namun, jika persaingan berubah menjadi perasaan iri yang merusak, hati-hati karena itu dapat menjadi masalah.

7. Khawatir tentang Masa Depan

Kekhawatiran tentang masa depan atau kecemasan tentang ketidakamanan finansial juga dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap perasaan iri saat melihat orang lain sukses.

8. Pemahaman Tidak Benar

Terkadang, orang mungkin tidak memiliki pemahaman yang benar tentang perjuangan dan usaha yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan.

Orang yang memiliki hasad, hanya melihat hasil akhir tanpa memperhatikan perjalanan yang dibutuhkan, yang dapat memicu perasaan iri.

Baca Juga: 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki Introvert Agar Mau Bergaul

Penting untuk diingat bahwa perasaan iri adalah emosi alami, dan hampir semua orang pernah mengalaminya dalam beberapa titik. Yang penting adalah bagaimana seseorang mengelola dan merespons perasaan ini.

Sebagai alternatif untuk membiarkan iri menghambat pertumbuhan pribadi, seseorang dapat mencoba menggunakannya sebagai dorongan untuk memotivasi diri sendiri dan mencapai tujuan mereka sendiri dengan cara yang positif.

Sumber: Berbagai Sumber

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life21 Februari 2024, 08:00 WIB

Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan

Berikut ini kepribadian seseorang dilihat dari cara mereka mengetik pesan singkat
Ilustrasi - Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan (Sumber : Freepik/tirachardz)
Produk21 Februari 2024, 07:25 WIB

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi Tembus Rp90 Ribu Per Kg

Pedagang ungkap penyebab semakin pedasnya harga cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024.
Harga cabai mahal di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024. Pedagang ungkap penyebabnya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Februari 2024, 07:00 WIB

Harganya Seringkali Mahal, Simak 10 Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag

Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan
Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan (Sumber : Freepik/Racool_studio)
Food & Travel21 Februari 2024, 06:00 WIB

Resep Roti Telur Lipat Korea, Inspirasi Sarapan Enak untuk Anak-anak

Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak.
Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak. (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan).
Science21 Februari 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 21 Februari 2024, Cek Daerah Mana Saja yang Hujan!

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya | Foto: Pixabay
Life21 Februari 2024, 05:00 WIB

Doa Malam Nisfu Sya’ban dari Nabi Yunus AS, Amalkan Sebanyak 3 Kali

Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan.
Ilustrasi - Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan. | (Sumber : Pixabay.com)
Nasional20 Februari 2024, 22:52 WIB

KPU Sebut Ada Kesalahan Data Pileg di 4.167 TPS dan Pilpres di 1.223 TPS

KPU mengungkapkan adanya kesalahan data pemilihan legislatif atau pileg di 4.167 Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Indonesia.
Konferensi pers KPU soal perkembangan Pemilu 2024. (Sumber : KPU RI)
Nasional20 Februari 2024, 22:30 WIB

Perpres Publisher Rights Resmi Disahkan Presiden Jokowi, Ini Harapan AMSI

AMSI mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Perpres Publisher Rights.
Pengesahan Perpres Publisher Rights diumumkan oleh Presiden Jokowi dihadapan para pimpinan perusahaan media dan organisasi jurnalis pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 Februari 2024, 22:21 WIB

Antisipasi Kerusakan, Perumdam TJM Sukabumi Perbaiki Kebocoran Pipa di Cicurug

Kepala Perumdam TJM Sukabumi cabang Cicurug, Tatang Somantri, menjelaskan bahwa pekerjaan rutin ini dilakukan untuk mengatasi indikasi kebocoran.
Petugas Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi cabang Cicurug saat memperbaiki saluran pipa di Ruas Jalan Caringin-Cidahu. (Sumber : Istimewa)
Nasional20 Februari 2024, 22:10 WIB

Dorong Jurnalisme Berkualitas, Jokowi Akhirnya Teken Perpres Publisher Rights

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meneken Peraturan Presiden (Perpres) Publisher Rights. Perpres ini disebut sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap produk jurnalisme yang berkualitas.
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan di Hari Pers Nasional di Econventional Hall Ecopark Ancol, Jakarta, Selasa (19/2/2024) | Foto : Capture Youtube Sekretariat Presiden