8 Pasangan Ideal Berdasarkan MBTI, ISTP yang Tidak Peka Cocok Bersama ENTJ

Kamis 24 Agustus 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi. 8 Pasangan Ideal Berdasarkan MBTI, ISTP yang Tidak Peka Cocok Bersama ENTJ (Sumber : pixabay.com/@StockSnap)

Ilustrasi. 8 Pasangan Ideal Berdasarkan MBTI, ISTP yang Tidak Peka Cocok Bersama ENTJ (Sumber : pixabay.com/@StockSnap)

SUKABUMIUPDATE.com - MBTI (Myrs Briggs Type Indicator) merupakan tes kepribadian yang dilakukan untuk mengenali sifat dan karakter seseorang. Hasil kepribadian dari tes ini terbagi ke dalam 16 tipe berbeda.

Biasanya, MBTI menjadi cara untuk mengenali potensi diri dan kelemahan dalam interaksi dengan seseorang dalam suatu hubungan. Tetapi bisa juga dilakukan untuk mencari pasangan ideal dari tes ini.

Menemukan pasangan ideal dari MBTI ini bisa menjadi menyatukan kecocokan untuk menjalin hubungan dengan baik. Terutama bagi introvert, pastinya ingin tahu pasangan ideal seperti apa yang bisa berdampingan dengannya.

Baca Juga: 8 Karakteristik Kepribadian ISTP, Orang Introvert yang Kurang Peka?

Berikut adalah delapan Pasangan Ideal berdasarkan MBTI yang dikutip dari berbagai sumber.

1. ENTP dan INTJ

INTJ merupakan tipe MBTI yang dikenal susah dalam memulai hubungan asmara. Karena lebih banyak diam ketika mendekati pasangan, seperti memiliki perasaan suka pada pasangannya.

Maka dari itu, pasangan ideal untuk INTJ adalah ENTP. Sisi dominan serta kepemimpinan tipe ini mudah mendekati orang lain dan memulai hubungan cinta, sehingga lebih mudah akrab dengan karakter pendiam.

2. ISFP dan ESFJ

ISFP dikenal sebagai sosok ramah dan memiliki hati lembut. Ketika ada konflik dalam hubungan asmara tipe MBTI ini lebih memilih menghindar. Walau, sesungguhnya mempunyai komitmen serius dalam menjalin percintaan.

Baca Juga: 13 Tips Agar Bahagia Lahir Batin, Terima Diri Sendiri Apa Adanya

Pasangan yang cocok bersama ISFP adalah ESFJ yang punya keinginan kuat menjalin hubungan asmara jangka panjang. Tipe ini merupakan pendengar yang baik dan bisa memberikan semangat pada pasangan ketika menghadapi kesedihan.

3. ESTP dan ISFJ

Jika ingin mempunyai pasangan ideal yang humoris dan optimis tinggi pada sesuatu bisa memilih ESTP. Saat menghabiskan waktu bersama ESTP selalu memberikan lelucon lucu yang dapat menyenangkan pasangannya.
Tipe yang cocok dengan ESTP adalah ISFJ. Walau pendiam dan selalu menyembunyikan perasaan tapi candaan dari ESTP akan membuat ISFJ merasakan kenyamanan.

4. ENFP dan INFJ

ENFP memang terkenal dengan sifat penuh semangat, kreatif, dan punya jiwa bebas. Mereka memiliki ide-ide baru yang dapat membawa perubahan dalam hidupnya.

Namun, untuk mewujudkan ide-ide tersebut dibutuhkan seseorang yang mendukungnya dengan penuh cinta. Jika berhubungan dengan asmara pasangan ideal untuk ENFP adalah INFJ.

Baca Juga: 10 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental, Bisa Mengurangi Stress

INFJ akan memberikan dukungan yang kuat pada pasangan ketika sedih, walau memiliki sifat keras kepala. Tetapi dengan kehadiran ENFP dapat membuat perasaannya lebih baik dan merasa nyaman. Oleh sebab itu, tipe ini akan dipenuhi sikap lembut pada pasangan.

5. ESFP dan ISTJ

ESFP merupakan tipe MBTI yang memiliki sifat santai, penyayang, lembut, dan penuh semangat. Jika ingin memiliki pasangan cocoknya dengan ISTJ.

ISTJ dikenal sebagai kepribadian paling introvert dan bila bersama ESFP kecanggungan dalam hubungan akan hilang. Bahkan bisa memperlihatkan usaha ISTJ untuk mempertahankan hubungan.

Baca Juga: Apa Itu Sleep Call? Manfaat dan Dampak Negatifnya

6. ENFJ dan INFP

ENFJ memiliki sifat ramah, mudah beradaptasi dengan orang baru, dan kemampuan komunikasi yang baik, membuatnya dapat mempengaruhi orang sekitar.

Dalam hubungan percintaan, MBTI ENFJ selalu memberikan perhatian kecil yang dapat menenangkan perasaan pasangannya. Mereka bisa membuat sang kekasih merasa dihargai dan mendapatkan cinta tulus.

Pasangan yang ideal untuk ENFJ adalah INFP, karena mempunyai sifat imajinatif dan suka sama perhatian kecil. Hubungan dari dua MBTI akan berjalan baik karena keduanya setia dan penuh komitmen.

7. ISTP dan ENTJ

ISTP dalam komunikasi akan jujur, terbuka, dan singkat. Mereka akan langsung mengatakan tujuannya kepada pasangan. Mau itu sesuatu yang buruk atau baik. Pasangan ideal untuk ISTP, yakni ENTJ karena memiliki karakter sebagai pendengar yang baik.

Baca Juga: Orang Tersesat hingga Sangkuriang, Cerita Situs Batu Bubut di Waluran Sukabumi

Walau sifat ISTP adalah mandiri, suka menyendiri, tidak peka, dan tertutup pada perasaannya. Namun, seiring waktu akan lebih terbuka berkat dorongan dari sifat kepemimpinan ENTJ dan kebaikannya mendengarkan orang lain.

8. INTP dan ESTJ

MBTI terakhir yang dikenal sebagai orang cerdas, punya pemikiran luas, kritis, dan berani mengambil resiko adalah INTP. Mereka terkadang tidak disukai oleh orang sekitar karena selalu mengkritik hal-hal yang tidak sesuai dengan visi misi hidupnya. oleh sebab itu, tipe satu ini sulit dipercaya oleh orang lain.

Pasangan ideal untuk INTP adalah ESTJ yang dapat memahami perasaan seseorang. Jika INTP bersama dengan ESTJ akan mudah membagikan pemikiran dan perasaannya tanpa perlu khawatir dijauhi atau dibenci.

Itulah pasangan ideal berdasarkan MBTI. Namun bukan berarti Updaters tidak bisa menjalin hubungan dengan tipe kepribadian lain. Ini hanya gambaran saja.

Writer: Octa

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).