5 Tempat Misterius yang Disebutkan Dalam Al-Quran, Bikin Penasaran

Kamis 13 Juli 2023, 17:45 WIB
Ilustrasi. Inilah tempat-tempat misterius yang disebutkan dalam Al-Quran dan masih belum ditemukan sampai sekarang | Foto: Pixabay

Ilustrasi. Inilah tempat-tempat misterius yang disebutkan dalam Al-Quran dan masih belum ditemukan sampai sekarang | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Bumi yang kita tinggali saat ini merupakan bagian kecil dari alam semesta, maka tak mengherankan jika masih ada banyak tempat misterius dan membuat penasaran.

Jika diingat lagi, planet Bumi pun menjadi tempat yang sangat luas bagi makhluk hidup penghuninya. Masih banyak tempat yang belum terjamah oleh manusia terutama yang terendam air seperti lautan.

Dalam Alquran telah disebutkan terdapat beberapa tempat yang mana tempat itu menjadi tempat misterius yang belum ditemukan sampai saat ini.

Melansir dari YouTube Jazirah Ilmu ada beberapa tempat masih menjadi misteri dam sempat disebutkan dalam Alquran.

Baca Juga: Kisah Misteri Batu Alam Hitam Dekat Stadion Suryakencana Sukabumi

1. Pulau Dajjal

Dajjal merupakan salah satu dari 10 tanda datangnya kiamat kubro jika Dajjal telah muncul maka dunia saat itu telah diambang kehancuran besar dia dipenjarakan Allah SWT di suatu pulau misterius dan dijaga oleh seekor hewan yang bisa berbicara yang bernama Al jassasah.

Ada hadis Nabi Shallallahu alaihi wasallam yang mengungkapkan tentang Pulau ini namun Nabi SAW tidak merincikan secara jelas lokasi persisnya berada di mana.

Hanya saja Rasulullah menunjukkan arahnya. Dajjal akan keluar dari perkampungan Yahudi Ashbahan bersamanya ada 70.000 orang Yahudi. hadits yang diriwayatkan Anas radhiyallahu anhu.

“Dajjal akan keluar dari bumi di arah timur yang dinamakan dengan Khurasan”, hadits yang diriwayatkan Abu Bakar As Siddiq radhiallahu anhu.

Artinya secara pasti bahwasanya tempat munculnya dajjal adalah dari sebelah timur dan tak jauh dari daerah yang bernama Khurasan maka di manakah sekarang khurasan itu berada?

Baca Juga: Atlantis Hingga Sukabumi, 6 Misteri Nusantara yang Belum Terpecahkan

Kalau sekarang khurasan itu terletak di negara Iran sebelah timur sekarang nama Khurasan dijadikan sebuah nama provinsi di san. Namun, jauh sebelum itu sejak abad ketiga masehi Khurasan itu adalah suatu wilayah yang luas meliputi Iran Afghanistan, Tajikistan, Turkmenistan, Kazakhstan dan Uzbekistan.

Sedangkan tentang pulau tempat dajjal dikurung mungkin saja berada tak jauh dari wilayah itu. Selain itu, tersebar kabar juga bahwa Dajjal dikurung di salah satu pulau di Yaman yang bernama Socotra. Pulau ini benar-benar aneh dan punya hewan dan tumbuhan yang tidak ditemukan di tempat lain.

Selain di Pulau socotra ini banyak orang yang mengaitkan tentang Pulau Socotra ini sebagai pulau Dajjal. Namun ada pula yang mengatakan Dajjal berada di Segitiga Bermuda.

2. Ainul Hayat

Ainul Hayat merupakan sebuah telaga atau sebuah tempat yang memiliki mata air yang kalau airnya diminum maka orang itu tidak akan mati sampai hari kiamat kecuali dia memohon kepada Allah SWT untuk dimatikan. Kisah tentang tempat Ainul hayat ini berhubungan erat dengan dua tokoh besar yaitu Raja Zulkarnain dan penasehatnya yaitu Nabi Khidir Alaihissalam.

Ada sebuah riwayat dari Assalabi dari Imam Ali. Suatu hari Raja Zulkarnain bertanya kepada malaikat tentang bagaimana ibadahnya malaikat kepada Allah sang pencipta. Kemudian malaikat pun memberitahu kepada Zulkarnain bahwasanya ada malaikat yang sejak dia diciptakan dia selalu sujud dan tak pernah mengangkat kepalanya untuk selamanya.

Baca Juga: Kisah Misteri Penari Ronggeng di Jalur Kereta Sukabumi-Cianjur, Bikin Merinding

Karena dia tidak mau menyia-nyiakan waktu untuk selalu beribadah kepada Tuhannya. Maka Zulkarnain yang mendengar penuturan dari malaikat itu dia menjadi tertarik, sebab Zulkarnain ingin hidup abadi supaya dia bisa lebih lama beribadah kepada Allah SWT.

Lalu dicarilah Telaga itu oleh Zulkarnain dan Khidir As beserta dengan pasukan kerajaannya. Kemudian mereka menemukannya di tempat terbitnya matahari tempat itu digambarkan sebuah tempat yang gelap. Namun, bukan seperti gelap malam hari tapi gelap karena ada semacam asap atau kabut tebal.

Singkat cerita, yang meminum air dari Telaga itu hanyalah Nabi Khidir Alaihissalam, Zulkarnain tidak meminumnya. Makanya ada beberapa ulama yang mengatakan bahwasanya Nabi Khidir masih hidup sampai hari ini. Tapi ada juga yang mengatakan Nabi Khidir sudah wafat.
Kemudian pada abad ke-14 ada seorang penjelajah yang bernama Juan Ponce De Leon yang diutus oleh seorang raja yang bernama Raja Ferdinand.

Ia ditugaskan dalam memimpin ekspedisi pencarian mata air keabadian atau dalam Islamnya disebut dengan Ainul hayat. Tapi sampai akhir hayatnya ponce De Leon tidak menemukannya dia tewas karena dipanah oleh suku pedalaman.

3. Tembok Besi (Dzulqornain)

Tembok ini terdapat dalam Alquran surat al-kahfi dan beberapa Hadis Shahih. Singkatnya tembok besi yang dibuat oleh raja Zulkarnain ini berfungsi untuk mengurung dua kabilah perusak yaitu Ya'juj dan Makjuj. Tembok ini akan runtuh ketika dunia di ambang kiamat dan kaum yang di dalamnya akan melakukan pengrusakan di seluruh dunia. Jumlah kaum ini sangat banyak, diriwayatkan kalau ada satu manusia berarti jumlah Yakjuj dan Makjujnya ada 999.

Baca Juga: Misteri Saranjana: Kota Gaib di Indonesia yang Tidak Tercatat Peta, Dihuni Jin?

Menurut survei pada tahun 2021, penduduk bumi ada 7.888 miliar artinya jumlah Yajuj dan Makjujnya adalah 788 miliar dikali dengan 999, pastinya itu jumlah yang luar biasa banyak. Tembok Zulkarnain bisa saja ada di dimensi lain atau memang sengaja Allah WT tutupi atau dibedakan dengan dunia manusia.

4. Jabal Qaf

Sebuah gunung ini kisahnya pernah disabdakan Nabi SAW ketika sahabat beliau yang bernama Abdullah Ibn salam tengah bertanya kepada Nabi SAW

“Ya Rasulullah, dengan apa bumi ini bisa tenang?”

Nabi SAW bersabda, “dengan beberapa gunung”

Kemudian Abdullah Ibn Salam melanjutkan bertanya

“lalu dengan apa gunung-gunung itu dikokohkan?”

Nabi SAW bersabda “dengan gunung Qaf yang terbuat dari batu zamrud hijau dan birunya langit”,

Para ahli tafsir mengatakan, bahwasanya gunung Qaf merupakan induk semua gunung yang ada di dunia ini. Ada beberapa pendapat mengenai keberadaan gunung qaf ini. Raja Zulkarnain pernah naik ke gunung ini. Namun, mengenai letaknya ada diantara Yordania dan Arab Saudi. Namun, ada juga berpendapat lain mengatakan letaknya ada di daerah Yaman.

Selain itu, ada yang menyebut gunung qaf berada di suatu daerah sebelum Persia dekat tembok Yakjuj dan Makjuj.

5. Istana Kerajaan Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman As adalah sosok orang terkaya sebenarnya. Dia berkata “Ya Tuhanku ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapapun setelahku sungguh Engkaulah yang Maha Pemberi”, QS Shaad : 35.

Menurut beberapa para ahli sejarah, istana megah Nabi Sulaiman dibangun oleh manusia dan bangsa jin. Makanya istana dari Nabi Sulaiman Ini Istimewa tidak bisa jika dibandingkan dengan bangunan-bangunan modern seperti sekarang ini.

Istana Nabi Sulaiman disebut dengan Solomon Temple atau Kuil Sulaiman hal ini sesuai dengan literatur bangsa Yahudi. Istana Nabi Sulaiman sekarang sudah tidak ada lagi alias sudah runtuh dan yang tersisa hanyalah tembok sebelah barat dari bagian kuil
Bagi orang Yahudi bangunan ini dinamai kuil Wailing Wall (Tembok Ratapan).

Selama pemerintahan Hizkia perluasan tembok ini dilakukan sampai ke arah barat yang sekarang kita kenal dengan nama kota lama Yerusalem. Pada tahun 2005 seorang arkeolog bernama aylat Nazar menemukan sisa-sisa peninggalan kerajaan Nabi Sulaiman. Dia menemukan situs pintu gerbang dengan lengkungan setinggi 18 meter yang dinamakan struktur batu melangkah.

Maka karena ditemukan benda-benda itu mereka melakukan penggalian besar-besaran sampai ke Masjidil Aqsa yang akhirnya memicu kemarahan umat muslim di seluruh dunia karena ditakutkan, dari penggalian itu akan merobohkan Masjidil Aqsa.

Lalu dua tahun kemudian di tahun 2007 ditemukan kembali reruntuhan bangunan yang mereka yakini sebagai reruntuhan kuil Nabi Sulaiman. Kuil itu berada di sebelah Masjidil Aqsa walaupun bangunan kuilnya sudah terlihat hancur para ahli sejarah yakin kuil Nabi Sulaiman masih bisa diangkat untuk dilihat.

Itulah beberapa tempat yang disebutkan dalam Al-Quran dan masih belum ditemukan hingga sekarang.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi09 Mei 2024, 09:35 WIB

Lempor Botol saat Rapat, DPRD Tolak Pencabutan UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi

Andri diduga melempar botol karena jengkel dengan penjelasan Dwi Surini.
Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana saat mengikuti rapat kerja dengan BPJS Kesehatan di RSUD Sekarwangi, Rabu, 8 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi09 Mei 2024, 09:30 WIB

Info Loker D3 Jawa Barat, Syarat: Punya Skill Tentang Bahan Pangan

Info Loker D3 Jawa Barat untuk posisi Product Development Technician ini dibuka hingga 12 Juli 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker D3 Jawa Barat, Syarat: Punya Skill Tentang Bahan Pangan (Sumber : Freepik)
Sehat09 Mei 2024, 09:00 WIB

10 Rempah untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Jadi Obat Alami Ala Rumahan!

Sebelum menggunakan rempah-rempah ini sebagai pengobatan alternatif untuk nyeri sendi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu
Ilustrasi. Rempah untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Jadi Obat Alami Ala Rumahan! (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi09 Mei 2024, 08:21 WIB

Dokter Masuk Kampung, Puskesmas Parungkuda Jemput Bola Layani Kesehatan Masyarakat

Kegiatan Dokter Masuk Kampung Puskesmas Parungkuda Sukabumi ini dilakukan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat sesuai instruksi dari Bupati.
Pelayanan dokter masuk kampung di Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life09 Mei 2024, 08:00 WIB

Punya Daya Tarik dan Karismatik, 10 Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif

Orang-orang yang memiliki banyak energi positif sering menjadi sumber inspirasi bagi orang lain dan membawa dampak positif dalam lingkungan mereka.
Ilustrasi - Punya Daya Tarik dan Karismatik Termasuk Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel09 Mei 2024, 07:00 WIB

Simpel dan Mudah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi

Air rebusan ketumbar dapat dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, terutama untuk meredakan masalah pencernaan, meredakan nyeri sendi, dan memberikan efek detoksifikasi pada tubuh.
Ilustrasi. Mudah Dibuat di Rumah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi (Sumber : Instagram/@sweet.deeva)
Science09 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 9 Mei 2024, Sukabumi Berpotensi Cerah dari Pagi Hingga Dini Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024. | Pixabay/
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)