Cerita Mistis Lagu Bangbung Hideung, Penyanyi Kerasukan hingga 7 Hari

Minggu 18 Juni 2023, 12:55 WIB
Penari Jaipong misterius rasuki penyanyi lagu Bangbung Hideung | Foto : Ist

Penari Jaipong misterius rasuki penyanyi lagu Bangbung Hideung | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Mungkin sudah tak aneh lagi mendengar lagu “Bangbung Hideung” yang banyak dibicarakan orang-orang tentang cerita mistis yang terkandung di dalamnya.

Adalah pegiat media sosial Nadia Omara, menceritakan kisah seorang guru di Jawa Barat yang mengalami kerasukan dua sosok mahluk astral yang menyerupakan diri menjadi penari cantik. Ia kerasukan hingga 7 hari lamanya saat setelah menyanyikan lagu yang dikenal misterius itu, Bangbung Hideung.

Menurut Omara, bermula saat seorang guru bernama Ninis di setiap dalam perjalanan berangkat menuju ke sekolah tempatnya mengajar beberapa kali merasa dihantui oleh sosok mahluk halus. Ninis juga sering melihat penampakan sosok wanita cantik misterius dengan pakaian khas penari Jaipong di tempat keramaian.

Menurut Omara, Ninis selain sebagai guru, juga terkadang menjadi MC (pembawa acara) dalam kegiatan-kegiatan di kampung. Suatu waktu, katanya, Ninis secara mendadak harus menjadi pembawa acara dalam suatu acara agustusan tahun di 2022. "Saat menjadi pembawa acara itulah peristiwa menyeramkan terjadi," tutur Omara.

Peringatan agustusan di kampung Ninis tersebut diadakan dengan menggelar kreasi anak dari warga setempat hingga dangdutan. Acara dangdutan sendiri dilaksanakn setelah waktu isya.

Baca Juga: 7 Cerita Mistik Gunung Sunda Sukabumi, Benda Pusaka hingga Pesantren Gaib

Saat tengah malam, dimana acara dangdutan semakin seru dan penonton diperbolehkan untuk mengusulkan lagu. Sontak saja secara serempak penonton mengusulkan lagu Bangbung Hideung.

Nah, sebagai pembawa acara, Ninis juga ikut menyanyikan lagu tersebut secara bersama-sama.

Saat awal lagu tersebut mulai dinyanyikan, kata Omara, belum terlihat ada peristiwa aneh. Namun, Ninis sebagai pembawa acara melihat ada dua sosok wanita cantik naik ke panggung ikut menari. Dua sosok wanita tersebut dengan berpakaian khas ala penari jaipong.

Rupanya, hanya Ninis yang mengetahui dan melihat adanya dua sosok wanita naik ke panggung itu. Sedangkan yang lainnya tidak tahu. Dua sosok penari itu menari mengikuti irama dari lagu Bangbung Hideung dengan sangat lincah dan menikmati alunananya musiknya.

Nah, saat ditengah lagu itu, sambung Omara, dua sosok wanita itu mengebaskan selendangnya kepada penyanyi. Dan tanpa diketahui penyanyi itupun langsung kerasukan dengan terlihat semakin lincahnya menari mengikuti irama lagu.

Ninis, yang juga kerasukan baru berhenti menyanyikan lagu Bangbung Hideung setelah dirinya disuruh pulang oleh ibunya.

Dan ternyata, cerita Ninis kerasukan tidak berhenti sampai disitu.

Baca Juga: Lewat Teatrikal dan Puisi, GPAIH Ketuk Nurani Pemangku Kebijakan Sukabumi

Ketika Ninis sampai dirumah, Ninis masih kerasukan penari msiterius itu hingga 7 hari lamanya, dan baru sadar setelah terus membaca doa dan ayat Al-quran.

Dari cerita Ninis juga diketahui, kata Omara, ternyata, sewaktu menyanyikan lagu Bangbung Hideung dipanggung, penyanyi dan semua yang ada dipanggung tidak menyadari jika lagu itu dibawakan tanpa henti selama 45 menit. "dimulai dari jam 12 malam sampai hampir pukul 01.00 dini hari," katanya.

Cerita mistis lagu Bangbung Hideung tersebut diceritakan dan diunggah 2 bulan lalu di kanal youtube Nadia Omara berjudul "Jangan ada yang sebut lagu itu ya!, video berdurasi 33 menit tersebut telah ditonton sebanyak 3,7 juta orang dan dikomentari 7.217 komentar, seperti dikutip sukabumiupdate.com, Minggu (18/06/2023).

Makna lagu Bangbung Hideung

Melansir dari kompas.com Sekretaris Pusat Digitalisasi dan Pengembangan Budaya Sunda (PDP-BS) Universitas Padjadjaran, Teddi Muhtadin menyatakan bahwa lagu Bangbung Hideung sesungguhnya merupakan lagu cinta.

"Lagu tersebut menceritakan kepedihan hati karena cintanya bertepuk sebelah tangan," jelasnya kepada Kompas.com, Senin (10/4/2023).

Baca Juga: Kapan Hasil PPDB Jabar 2023 Tahap 1 Jenjang SMA dan SMK Diumumkan?

Menurutnya, lagu "Bangbung Hideung" menceritakan seseorang yang sedang mabuk cinta atau mabuk kepayang sehingga ia tidak peduli dengan keadaan dirinya.

"Jadi, si aku dalam lirik tersebut mengalami semacam kerinduan yang luar biasa dan mencapai tahap 'mabuk' atau trance," lanjutnya.

Teddi menyatakan bahwa lagu "Babung Hideung" memang sulit dipahami. Ini karena lirik lagu tersebut menggunakan banyak diksi bahasa Sunda yang arkaik atau kuno dan tidak lazim lagi digunakan. Selain itu, pada bagian awal lagu disusun dalam bentuk wawangsalan atau puisi tradisional.

"Dari liriknya, tampaknya tidak ada yang mistis," tambah Teddi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 21:19 WIB

6 Parpol Bentuk Koalisi Besar di Pilkada Kota Sukabumi, Pengamat Duga Ada Hidden Agenda

Enam partai politik di Kota Sukabumi dikabarkan telah bersepakat untuk berkoalisi dalam mengusung pasangan calon wali kota / wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2024
6 Partai sepakat berkoalisi di Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life09 Mei 2024, 21:00 WIB

Hindari 10 Posisi Tidur yang Tidak Baik untuk Penderita Asam Urat

Hindari! Ternyata posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat.
Ilustrasi. Posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat. (Sumber : pixabay.com/@Kat)
Sehat09 Mei 2024, 20:30 WIB

Lawan Rasa Sakitnya Sampai Tuntas, Rekomendasi 6 Obat Asam Urat di Apotik

Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter.
Ilustrasi. Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)
Life09 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Jangan Di Skip Ya, Ini Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk Lakukan!
Ilustrasi. Posisi Tidur. Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Sumber: Pexels/MichelleLeman
Sukabumi09 Mei 2024, 19:57 WIB

Landmark Alun-Alun Palabuhanratu Rusak dan Lampu Mati, Disperkim Sukabumi Janji Perbaiki

Landmark Alun-alun Palabuhanratu mengalami kerusakan pada beberapa hurufnya. Pada saat malam hari sebagian hurufnya juga sudah tidak menyala.
Landmark Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola09 Mei 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Play-off Olimpiade Paris 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : FFF/Ist).
Sehat09 Mei 2024, 19:00 WIB

Rasanya Sakit dan Susah Berdiri, 8 Cara Mengobati Asam Urat di Pergelangan Kaki

Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki.
Ilustrasi - Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki. (Sumber : pexels.com/@Boys in Bristol Photography).
Sukabumi09 Mei 2024, 18:56 WIB

Sopir Mengaku Ngantuk, Ayla Tabrak Pohon di Parungkuda Sukabumi

Sopir mengaku mengantuk hingga kendaraan yang dikemudikannya Daihatsu Ayla dengan nomor polisi F 1742 MB menabrak pembatas jalan dan pohon hingga mengalami kerusakan parah.
Daihatsu Ayla menabrak pohon di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 18:23 WIB

Jelang Pilkada Kota Sukabumi, Bagus Pekik Diam-diam Bertemu Achmad Fahmi

Bagus Pekik diam-diam melakukan pertemuan dengan mantan Wali Kota Achmad Fahmi di salah satu cafe di Kota Sukabumi.
Diam-diam Bagus Pekik bertemu Achmad Fahmi jelang Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Ist
Life09 Mei 2024, 18:00 WIB

Menemukan Cinta Sejati: 5 Doa Minta Jodoh Terbaik yang Bisa Diamalkan

Jodoh terbaik bisa didapatkan dengan cara berikhtiar dan juga berdoa kepada Allah SWT.
Ilustrasi. Jodoh terbaik bisa didapatkan dengan cara berikhtiar dan juga berdoa kepada Allah SWT. | Foto: Pixabay