30 Paribasa Sunda dan Artinya: Dogong-dogong Tulak Cau, Geus Gedé Dituar Batur

Kamis 04 Mei 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi. Patah Hati | contoh paribasa sunda yang cukup menyayat hati adalah "Dogong-dogong tulak cau, geus gedé dituar Batur", artinya menjaga jodoh orang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)

Ilustrasi. Patah Hati | contoh paribasa sunda yang cukup menyayat hati adalah "Dogong-dogong tulak cau, geus gedé dituar Batur", artinya menjaga jodoh orang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)

SUKABUMIUPDATE.com - Pengertian paribasa adalah untaian kata sebagai perumpamaan perilaku yang memiliki makna kiasan yang sudah jelas. Kata-kata dalam paribasa sunda biasanya lebih banyak atau lebih panjang jika dibandingkan dengan Babasan.

Paribasa Sunda sama halnya dengan peribahasa dalam bahasa Indonesia yang biasanya memiliki makna mendalam dan bisa menjadi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari.

Perlu diketahui, paribasa sunda tak hanya kata-kata semata, bagi anak muda sukabumi ragam kiasan ini juga menjadi bekal penting sebagai Urang Sunda Asli (USA). Maka dari itu, paribasa sunda selayaknya diketahui dan digunakan dalam berbahasa oleh Anak Muda Sukabumi secara khusus dan masyarakat tatar Sunda Sukabumi secara umum.

Baca Juga: 31 Contoh Paribasa Sunda dan Artinya, Salah Satunya Caang Bulan Opat Welas

Ada banyak sekali Contoh paribasa sunda dengan makna masing-masing dan berikut beberapa diantaranya, seperti dikutip via sundapedia.com.

30 Contoh Paribasa Sunda dan Artinya

  1. Deukeut deuleu pondok léngkah = Kurang pamandangan jeung teu bébas dina indit-inditan. Artinya kurang wawasan/pengalaman dan tidak bebas bepergian jauh.
  2. Deukeut-deukeut anak taleus = Sakitu padeukeut teu nyaho yén baraya atawa aya kajadian penting di salah saurang di antara maranéhanana. Artinya tidak tahu saudara atau ada kejadian di sekitarnya padahal dekat.
  3. Deungeun-deungeun balangbalangan = Teu baraya atawa teu dulur saeutik oge. Artinya bukan saudara sedikitpun.
  4. Deungeun-deungeun haseum = Taya baraya saeutik-eutik acan. Artinya tidak ada hubungan saudara sedikitpun.
  5. Di bawah tangan = Teu maké saksi ti pihak nu resmi. Artinya ilegal atau tidak resmi.
  6. Dibere Sabuku Menta Sajeungkal, dibéré sajeungkal ménta sadeupa = Lantaran dibéré wani saeutik, jadi beuki loba paméntana sarta nyalutak (jalma kurang ajar). Artinya sama dengan dikasih hati minta jantung, yaitu dikasih sedikit minta banyak.
  7. Didago-dago tilewu = Hanas didagoan, ari pék teu datang. Artinya ditunggu-tunggu tidak kunjung datang.
  8. Didagoan ku sééng nyéngsréng = Dipikabutuh ayeuna. Artinya dibutuhnya segera, ditunggu kebutuhan mendesak.
  9. Dihin pinasti, anyar pinanggih = Sagala nu kaalaman ayeuna saestuna geus ditangtukeun ti heula ku Pangeran; baheula ditangtukeunana, ngan kakara ayeuna kalakonanana atawa kapanggihna. Artinya segala yang terjadi hari ini sudah ditentukan Tuhan.
  10. Dihurunsuluhkeun disakompétdaunkeun = Disamarutkeun jeung nu boga dosa; nu goreng saurang, kabeh kababawa. Artinya disamaratakan dengan yang bersalah atau berdosa.
  11. Dijieun hulu teu nyanggut, dijieun buntut teu ngépot = Teu beunang dijeujeuhkeun, tara eucreug baé. Artinya orang tidak bisa dijadikan apa-apa.
  12. Dijieun lalab rumbah = Disapirakeun, henteu diajénan. Artinya disepelekan tidak dihargai.
  13. Dikepung wakul buaya mangap = Dikepung ku musuh anu samakta ku pakarangna. Artinya dikepung oleh musuh dengan persenjataannya yang lengkap.
  14. Dikungkung teu diawur, dicangcang teu diparaban = Ditambang, ditalak henteu, dinapakahan ogé henteu; dipiara tapi teu diurus dahar-pakéna. Artinya dinikahi tapi tidak dinafkahi, tidak diceraikan tapi tidak diurus, dipiara tapi tidak diurus/dirawat.
  15. Diperih pati turta gawé = Dibéré papancén nu kacida beuratna, bisa jadi kudu nemahan pati. Artinya dimintai kerjanya, dedikasi atau pengorbanannya.
  16. Dipiamis buah gintung = Disangka hadé jeung bageur, tapi buktina goréng jeung jahat. Artinya disangka baik tapi buktinya jelek dan jahat.
  17. Dipisudi méré budi = Dipiharep kalah ngambek, ngabaeudan. Artinya diinginkan/dicintai tapi malah memberi perangai tak sedap/membenci.
  18. Disiksik dikunyit-kunyit, dicacag diwalang-walang = Dihukum pati, dihukum beurat pisan. Artinya dihukum berat seberat-beratnya.
  19. Disuhun dina embun-embunan = Ditarimakeun pisan. Artinya sangat diterima, sangat menerima kebaikan/pemberian orang.
  20. Ditangtang diténgténg dijieun bonténg sapasi = Dianggap anéh atawa modél. Artinya dianggap aneh atau unik.
  21. Ditilik ti gigir lenggik, disawang ti tukang lenjang, diteuteup ti hareup sieup = Kekecapan keur awéwé anu kacida geulisna, taya cawadeunana. Artinya untuk menggambarkan perempuan yang sangat cantik dan bertubuh bagus tanpa cela sedikitpun.
  22. Ditiung méméh hujan = Kudu iatna saméméh cilaka. Artinya jaga-jaga atau persediaan sebelum terjadi sesuatu yang tidak diharapkan. Maknanya sama dengan peribahasa sedia payung sebelum hujan.
  23. Ditiung sanggeus hujan = Kakara iatna sanggeus karuhan cilaka. Artinya baru persediaan setelah kejadian.
  24. Dogong-dogong tulak cau, geus gedé dituar batur = Ngalindeukan lanjang (mojang) pipamajikaneun, ari geus meujeuhna dikawin kop ku batur. Artinya menjaga jodoh orang atau calon istri orang lain. Saat sedang gadis dekat, tetapi nikahnya justru dengan orang lain.
  25. Ditulis tonggong = Dibokong, nu boga hadas teu dibéjaan atawa teu dibawa mupakat heula. Artinya ditunjuk (menjabat) tanpa konfirmasi/ meminta persetujuan.
  26. Dosa salaput hulu = Dosa anu geus kacida lobana. Artinya dosa yang sangat banyak.
  27. Dug hulu pet nyawa = Usaha satékah polah méh taya eureunna. Artinya usaha mati-matian.
  28. Dug tinetek pet nyawa = Digawé beurat méh taya eureunna. Artinya kerja keras tanpa henti.
  29. Dulur pet ku hinis = Dulu landes/ dulur deukeut. Artinya saudara kandung, saudara dekat.
  30. Déngdék tapi maliding sanak = Pilih kasih, teu adil. Artinya pilih kasih atau tidak adil, pengertiannya sama dengan arti babasan Sunda déngdék topi.

Baca Juga: 5,81 Poin! Sukabumi Masuk Daftar Kota Paling Toleran di Indonesia Tahun 2022

Sumber: Sundapedia.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat28 April 2024, 07:00 WIB

Bantu Melancarkan Pencernaan, 5 Manfaat Minum Air Hangat Saat Perut Kosong di Pagi Hari

Secara umum, minum air hangat di pagi hari saat perut kosong aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya.
Ilustrasi minum air putih - Secara umum, minum air hangat di pagi hari saat perut kosong aman dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. | (Sumber : Freepik.com)
Science28 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 28 April 2024, Pagi Cerah dan Siang Berpotensi Turun Hujan

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)