Doa Asmaul Husna Latin Lengkap dengan Artinya, Amalkan Setelah Membaca 99 Lafaz Mulia Itu

Rabu 03 Mei 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi. Inilah doa Asmaul Husna yang bisa diamalkan setelah membaca 99 lafaz istimewa tersebut (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Inilah doa Asmaul Husna yang bisa diamalkan setelah membaca 99 lafaz istimewa tersebut (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Asmaul Husna adalah istilah Arab untuk 99 nama Allah SWT. Istilah "Asma" yang berarti nama, dan "Husna" berarti indah atau unggul.

Nama-nama ini dianggap sebagai nama Allah SWT yang paling indah dan sempurna serta setiap nama mencerminkan salah satu sifat atau karakteristik-Nya.

Setelah membaca 99 lafaz Asmaul Husna, Umat Islam juga perlu membaca doa asmaul husna agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Baca Juga: 99 Lafaz Asmaul Husna Lengkap dengan Arti dan Manfaat Membacanya

Melansir dari Suara.com, bacaan doa asmaul husna ini diamalkan setelah kita selesai membacakan 99 nama-nama mulia Allah SWT. Apalagi mengingat anjuran berdoa dengan menyertakan asmaul husna terdapat dalam Surah Al-A'raf ayat 180.

"Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan." (QS. Al-A'raf: 180).

Dengan berdoa sambil menyebutkan nama-nama Allah SWT yang mulia, bisa menjadi jalan mendekatkan diri kita kepada Al Malik, Allah SWT Yang Maha Merajai.

Baca Juga: Bacaan Doa Agar Terhindar dari Penyakit Ain Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW

Bacaan Doa Asmaul Husna

Doa asmaul husna ini terdapat dalam kitab Fadhlu Dzikrillah wa Al-Shalatu ‘ala Nabiyyirrahmah min Wahyi Al-Kitabi wa AL-Sunnah.

Dalam kitab tersebut, Abdussalam Al-Amrani Al-Khalidi menulis doa yang diwasiatkan oleh Imam Ahmad bin Idris, seperti berikut.

Allohumma yaa man huwa haakadzaa walaa yazaalu haakadzaa wala yakuunu haakadzaa ahadun siwaahu as-aluka ilaahii wa sayyidii wa mawlaaya wa tsiqotii wa rojaa-ii bi ma’aaqidil ‘izzi min ‘arsyika wa muntaharrohmati min kitaabika wa wajhikal akromi wasmikal a’zhomi wa jaddikal a’laa wa kalimaatikat taammati kullihaa al-mubaarokatil latii laa yujaawizuhunna barrun walaa faajirun an tusholliya
wa tusallima wa tubaarika ‘alaa mawlaanaa muhammadin wa ‘alaa aalihi, wa an tarzuqonii ghoyata ladzdzatin nazhri ilaa wajhikal kariimi wa ghoyatasy syauqi ilaa liqoo-ika wa ghooyata ma’rifatika wa ghooyata mahabbatika wa ghooyata musyahadatika wa ghooyata mukaalamatika wa ghooyata ‘aafiyatika wa ghooyata ‘inaayatika wa ghooyata ‘uluumika wa ghooyata anwaarika
wa ghooyata asroorika, al-ghooyatal latii a’thoitahaa nabiyyaka sayyidanaa wa mawlaanaa muhammadin min kulli dzaalika fi ghoiri dhorro-in wala mudhirrotin walaa fitnatin mudhillatin wa an tuqowwiyanii fi dzaalika kamaa qowwaitahuu wa tu-awwidanii kamaa ayyadtahuu innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir, wa bil-ijaabati jadiir, yaa ni’mal mawlaa wa ni’man nashiir.

Baca Juga: 5 Doa Penenang Hati Agar Dijauhkan dari Kegelisahan Hidup

Arti Doa Setelah Membaca Asmaul Husna

"Ya Allah, wahai Zat yang seperti ini dan selalu seperti ini dan tak seorang pun seperti ini selain Dia. Aku memohon kepada-Mu, wahai Tuhaku, junjunganku, tuanku, kepercayaanku, dan harapanku melalui ketetapan kemuliaan dari Arsy-Mu, puncak rahmat dari kitab-Mu dan Zat-Mu yang agung, nama-Mu yang agung, kedermawanan-Mu yang luhur, dan kalimat-kalimat-Mu yang semuanya diberkahi yang tidak bisa dilewati oleh orang baik dan orang buruk, agar Engkau melimpahkan rahmat, salam dan keberkahan pada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya, juga Engkau memberikan aku rezeki puncak kenikmatan melihat pada Zat-Mu yang mulia, puncak kerinduan bertemu dengan-Mu, puncak pengetahuan kepada-Mu, puncak mencintai-Mu, puncak penyaksian kepada-Mu, puncak berdialog dengan-Mu, puncak keselematan-Mu, puncak perhatian-Mu, puncak ilmu-Mu, puncak cahaya-Mu, puncak rahasia-Mu, puncak yang Engkau berikan kepada junjungan kami Nabi Muhammad dari semua itu tanpa ada kesusahan dan fitnah yang menyesatkan, serta Engkau memberikan kekuatan kepadaku sebagaimana memberik kekutana padanya. Sesungguhnya Engkau atas segala sesuatu Maha Kuasa, dan pantas mengabulkan, wahai Zat Maha Penolong."

Seperti itulah bacaan doa asmaul husna yang dibaca setelah selesai menyebutkan nama-nama baik Allah SWT.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan21 Mei 2024, 12:56 WIB

9,9 Juta Anak Muda Nganggur dan Tak Sekolah, Kerja Sulit Sekolah Mahal?

Disebutkan hingga tahun 2023, ada 9 juta penduduk indonesia khususnya generasi muda usia 14 - 24 tahun tidak bekerja alias nganggur alias jadi pengangguran atau tidak bekerja bahkan tidak bersekolah.
Ilustrasi pencari kerja. BPS catat 9,9 juta anak muda (generasi Z) di indonesia nganggur dan tak sekolah (Sumber: istimewa)
Sehat21 Mei 2024, 12:45 WIB

7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tulang dan Sendi Tetap Sehat di Usia 40-an

Jika memiliki keinginan agar tulang dan sendi tetap sehat di usia 40-an adalah dengan terus menjaga kesehatan seperti olahraga secara rutin, mengubah pola makan, ganti gaya hidup jadi lebih sehat dari sebelumnya.
Ilustrasi olahraga secara rutin jika ingin tulang dan sendi tetap sehat hingga usia 40-an (Sumber : Freepik.com)
Life21 Mei 2024, 12:30 WIB

7 Strategi Disiplin Balita yang Jarang Diketahui Orang Tua, Yuk Cari Tahu Bunda

Dengan hanya mengatakan “tidak” pada anak ketika melarang melakukan sesuatu, biasanya hal itu tidak selalu berhasil. Selain itu, sebagai orang tua perlu membuat mereka belajar untuk tidak kehilangan ketenangan dalam prosesnya
Ilustrasi strategi untuk membuat balita displin agar bisa menikmati masa pertumbuhannya (Sumber : Pexels.com/@Brettsayles)
Internasional21 Mei 2024, 12:29 WIB

Covid-19 di Singapura Melonjak Tinggi, Diprediksi Puncaknya Pada Juni 2024

Singapura dihadapkan dengan lonjakan Covid-19.
(Foto Ilustrasi) Singapura dihadapkan dengan lonjakan Covid-19. | Foto: Pixabay
Sehat21 Mei 2024, 12:15 WIB

10 Cara Untuk Menaikkan Kolesterol Baik Secara Alami, Turunkan Kadar LDL

Untuk bisa menurunkan kada LDL, diperlukan cara terbaik agar bisa menaikkan kolesterol di dalam tubuh. Lebih bagus lagi meningkatkannya secara alami seperti mengatur pola tidur dan gaya hidup sehat
Perlu lakukan 10 cara berikut ini agar kolesterol baik meningkat dan kadar LDL turun (Sumber : Freepik.com)
Bola21 Mei 2024, 12:00 WIB

Persib Main Kandang Lebih Dulu Lawan Madura United, David: Kami Harus Menang!

Persib Bandung siap jamu Madura United di leg pertama Final Championship Series.
Persib Bandung siap jamu Madura United di leg pertama Final Championship Series. (Sumber : X/@persib)
Sehat21 Mei 2024, 11:45 WIB

5 Aturan Diet Untuk Sembuhkan Asam Urat Ini Bantu Pulih Lebih Cepat

Dalam menyembuhkan asam urat diperlukan sikap yang baik dalam menjaga kesehatan, salah satunya dengan berdiet. Akan tetapi, diet juga harus dilakukan dengan aturan sesuai agar bisa mendapatkan hasil terbaik dan asam urat sembuh
Ilustrasi mematuhi 5 aturan diet asam urat ini agar pulih lebih cepat (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi21 Mei 2024, 11:34 WIB

Komisi IV DPRD Susun Raperda Penanganan PMKS di Kabupaten Sukabumi

Penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi PMKS meliputi pembinaan, penyuluhan dan sosialisasi, pendidikan dan pelatihan, serta pembinaan keluarga.
DPRD Kabupaten Sukabumi bersama DPRD Kota Bogor pada Senin, 20 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Life21 Mei 2024, 11:30 WIB

3 Cara Efektif Untuk Mendukung Kesehatan Mental Remaja yang Perlu Orang Tua Tahu

Kesehatan mental tidak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik bagi para anak remaja. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan oleh orang tua dan pengasuh untuk mendukung kesehatan mental remaja mereka.
Ilustrasi cara orang tua mendukung kesehatan mental remaja (Sumber : Pexels.com/@Kindelmedia)
Life21 Mei 2024, 11:15 WIB

Apakah Menyusui Memiliki Manfaat Kognitif Pada Anak? Simak Ulasan Berikut

Menyusui telah diyakini memiliki berbagai manfaat bagi anak, namun apakah berdampak juga pada kognitif anak karena kemampuan sangat penting untuk dimiliki si kecil sampai dewasa nanti
Ilustrasi seorang anak sedang menyusui yang diyakini memiliki manfaat kognitif (Sumber : Pexels.com/@Keiraburton)