21 April Hari Kartini, Ini Pesan dari Para Perempuan Hebat Indonesia

Jumat 21 April 2023, 16:15 WIB
21 April diperingati sebagai hari Kartini di Indonesia untuk mengenang salah satu pahlawan Indonesia R.A Kartini | Foto: Istimewa

21 April diperingati sebagai hari Kartini di Indonesia untuk mengenang salah satu pahlawan Indonesia R.A Kartini | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggal 21 April diperingati sebagai hari kartini di Indonesia untuk mengenang pahlawan nasional Indonesia R.A Kartini yang telah berjuang untuk perempuan Indonesia.

Hari Kartini tahun ini banyak orang yang lupa mengingat bertepatan dengan momen Hari raya Idul Fitri sehingga perhatian orang tertuju pada momen lebaran.

Namun, meski begitu para selebritas Indonesia terutama kaum perempuan secara rutin membagikan pesan dan harapan mereka di Hari Kartini.

Melansir dari Tempo.co, berikut beberapa selebritas Indonesia yang memberikan ucapan selamat Hari Kartini.

Baca Juga: 21 April Hari Kartini: 20 Ucapan untuk Dibagikan ke Medsos yang Menginspirasi

1. Krisdayanti

Penyanyi Indonesia, Krisdayanti mengunggah video ucapan di akun Instagram pribadinya. Krisdayanti berharap perempuan Indonesia bisa terinspirasi dengan semangat Raden Ajeng Kartini untuk membangun Bangsa Indonesia di masa kini.

"Jadikan semangat juang Raden Ajeng Kartini sebagai inspirasi dan juga motivasi untuk perempuan-perempuan istimewa di sekitar kita untuk selalu berkarya. Teruslah berkarya dan berpartisipasi untuk kemajuan Bangsa Indonesia hingga tak terbatas usia. Untuk Kartini-Kartini di Indonesia, selamat hari Kartini," tuturnya dalam video yang diunggah pada Jumat, 21 April 2023.

Istri dari Raul Lemos ini juga menuliskan pesan di keterangan unggahannya, "Walau kita adalah wanita biasa, tapi kita melewatti perjuangan yang luar biasa, melahirkan generasi yang luar biasa dan memiliki tekad serta karya yang luar biasa. Semangat selalu Kartini-Kartini Indonesia!"

Baca Juga: Daftar 10 Nama Perempuan Paling Populer di Indonesia, Nurhayati hingga Kartini

2. Najwa Shihab

Sosok jurnalistik perempuan di Indonesia, Najwa Shihab tak ketinggalan memberikan pesan penuh semangat untuk para perempuan. Najwa Shihab menyebut bahwa banyak hal yang bisa dibongkar oleh perempuan. Selain itu, menurutnya perempuan juga harus memberikan apresiasi kepada lingkungan yang mendukung supaya tidak terkesan selalu menyalahkan keadaan.

"Kita perempuan harus lebih sering memberikan kredit kepada mereka yang selama ini mendukung tanpa reservasi sama sekali. Pria-pria yang terkadang mau jadi pemain cadangan di belakang atau maju di depan jadi kapten,...Kredit terhadap mereka yang mendukung itu juga harus diberikan supaya tidak ada lagi kesannya kita selalu menyalahkan keadaan," katanya.

Najwa Shihab tidak lupa menanamkan semangatnya terkait kekuatan dan kemampuan perempuan di keterangan Instagram, "Karena kita lebih kuat, lebih hebat, lebih tangguh dari apa yang kita pikirkan. Mari bongkar hambatan keraguan pada diri sendiri yang tanda sadar keraap kali kita alami. Selamat Hari Kartini."

Baca Juga: Sinopsis Film Kartini: Menyetarakan Hak Bagi Kaum Perempuan

3. Lulu Tobing

Artis kelahiran 1977 ini mengutip pernyataan Raden Ajeng Kartini terkait kecerdasan yang harus dimiliki perempuan. "Kecerdasan tak saja tidak berarti segala-galanya. Harus ada juga kecerdasan lain yang lebih tinggi, yang erat berhubungan dengan orang lain untuk mengatarkan orang ke arah yang ditujunya," tulis Lulu Tobing di Instagram.

Kutipan Kartini tersebut mengharapkan perempuan tidak hanya cerdas otak tetapi juga diimbangi dengan empati dan simpati, "Di samping otak, juga hati harus dibimbing, kalau tidak demikian peradaan tinggal permukaannya saja."

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Perempuan yang Menginspirasi untuk Menjadi Kartini Modern

4. Andini Effendi

Sosok jurnalis lain di Indonesia, Andini Effendi memberikan pesan penyemangat untuk wanita Indonesia dengan berbagai latar belakang.

"Teruntuk perempuan Indonesia apa pun latar belakangnya, status pernikahannya, orientasinya, pekerjaannya, pilihan hidupnya, semoga kita selalu merasa utuh, berdaya dan berjaya. Selamat Hari Kartini!" tulisnya pada unggahan Instagram, pada Jumat, 21 April 2023.

Andini Effendi juga membagikan tiga foto profilnya dibalut dengan kebaya hitam dan kain batik khas Jawa.

Baca Juga: Ada Perempuan Sukabumi dalam Daftar Penerima Penghargaan Hari Kartini 2022

5. Dominique Diyose

Dominique Diyose merupakan model dan aktris Indonesia. Dirinya memaknai sosok Kartini sebagai energi dan penyemangat yang mewakili perempuan.

"Buat saya Kartini itu enggak hanya sekadar perempuan yang di-stereo type-kan sebagai powerful, dia kuat, dia ikon untuk semua wanita Indonesia, karena buat saya Kartini lebih dari itu. Dia adalah energi itu sendiri, dia adalah penyemangat kita sendiri, dan spirit yang mewakili kita semua sebagai wanita," katanya pada video unggahannya.

Dominique Diyose menekankan pesannya untuk perempuan Indonesia melalui keterangan unggahan bahwa perempuan berdaya tetapi tidak lepas dari kodratnya sebagai tonggak kehidupan.

"Wanita adalah tonggak dari segala kehidupan. Kita bisa terus memberdayakan diri untuk tetap berkembang dan saling memberi inspirasi dalam bentukapa pun. Selamat hari Kartini!"

6. Chelsea Islan

Aktris, Chelsea Islan turut mengunggah sebuah foto dirinya menggunakan kebaya di Instagram dengan keterangan yang menyiratkan semangat kepada perempuan Indonesia.

"Selamat hari Kartini untuk semua perempuan Indonesia! Hari Kartini adalah momen yang sangat berarti bagi perempuan Indonesia," tulisnya.

Chelsea Islan mengharapkan perjuangan Kartini dapat dilanjutkan dan diapresiasi oleh masyarakat Indonesia. "Semoga perjuangan Ibu Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan Indonesia terus diingat dan diapresiasi oleh masyarakat. Perempuan adalah pembawa peradaban," tulisnya.

Sumber: Tempo.co/Gabriella Amanda

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 23:24 WIB

7 Trik Jitu Move On dari Mantan Pacar, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Putus cinta adalah salah satu momen paling sulit dalam kehidupan, terutama ketika harus melepaskan mantan pacar yang pernah kita cintai dengan sepenuh hati.
Ilustrasi putus cinta. | Sumber Foto: pixabay/oppy77
Life28 April 2024, 23:17 WIB

6 Cara Memiliki Mental Kuat agar Tahan Banting dan Tidak Direndahkan Orang Lain

Memiliki mental kuat sangat dibutuhkan dalam hidup supaya tahan banting dan tidak mudah direndahkan oleh orang lain.
Ilustrasi. Cara memiliki mental kuat. | Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
DPRD Kab. Sukabumi28 April 2024, 23:12 WIB

Soroti Isu Pungli di PT GSI Sukabumi, DPRD Kritik Program Disnakertrans Tak Efektif

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar angkat bicara terkait isu pungli di GSI Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 April 2024, 22:12 WIB

Ini 5 Sikap Sabar yang Membuat Anda Hidup Damai Setiap Hari

Sikap sabar akan membantu setiap orang lebih merasakan kedamaian dan ketenangan dalam hidupnya.
Ilustrasi. Sikap sabar yang membuat damai. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi28 April 2024, 22:07 WIB

Dihuni Nenek dan Cucu, Rutilahu di Surade Sukabumi Nyaris Roboh Akibat Gempa Garut

Rutilahu yang dihuni nenek dan cucu di Surade Sukabumi nyaris roboh akibat gempa Garut M6,2.
Kondisi rutilahu yang nyaris roboh akibat diguncang gempa laut Garut. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 21:30 WIB

Sembunyi Saat Bertemu Orang Baru, Kenali 7 Perilaku Umum Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun menunjukkan emosinya dengan cara yang cukup aneh. Pelajari cara memecahkan kode tujuh perilaku umum balita.
Ilustrasi. Perilaku umum anak 2 tahun. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 21:22 WIB

Kapolres Sukabumi Ajak Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Lokasinya

Dukung Timnas masuk Final, Polres Sukabumi gelar nobar semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan.
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai kalahkan Korea Selatan. (Sumber : Dok. AFC)
Life28 April 2024, 21:00 WIB

10 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Dihargai Orang Lain

Ayo Lakukan Sederet Kebiasaan Positif Berikut yang Bisa Membuat Hidupmu Dihargai oleh Orang Lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Positif yang Membuat Seseorang Dihargai oleh Orang Lain. (Sumber : Pexels/HuyPhan)
Life28 April 2024, 20:30 WIB

Tanggapi Segera, Begini 10 Cara Untuk Menghentikan Balita yang Suka Menggigit

Balita seringkali menggigit jika mereka merasa marah, tidak nyaman, hingga mengekspresikan perasaannya. Namun jangan dibiarkan dan hentikan dengan cara ini.
Ilustrasi. Tips menghentikan balita yang suka menggigit. Sumber : Freepik/@kreasi orang
Life28 April 2024, 20:04 WIB

7 Rutinitas Sederhana yang Bisa Menenangkan Hati Serta Pikiran Lebih Rileks dan Damai

Beberapa rutinitas rupanya bisa digunakan sebagai media menenangkan hati dan pikiran dari potensi kegelisahan, stres dan lain sejenisnya.
Ilustrasi. Rutinitas yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Sound On