8 Mukjizat Nabi Isa yang Diberikan Allah SWT, Salah Satunya Bisa Bicara Saat Bayi

Rabu 12 April 2023, 13:45 WIB
8 Mukjizat Nabi Isa yang Diberikan Allah SWT, Salah Satunya Bisa Bicara Saat Bayi. | (Sumber : Instagram/@wujudaksinyata.)

8 Mukjizat Nabi Isa yang Diberikan Allah SWT, Salah Satunya Bisa Bicara Saat Bayi. | (Sumber : Instagram/@wujudaksinyata.)

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap nabi yang lahir didunia ini pasti membawa mukjizat. Seperti halnya Nabi Isa Alaihissalam yang memiliki sejumlah mukjizat yang diberikan Allah SWT.

Mukjizat sendiri adalah hal luar biasa yang diberikan Allah SWT sebagai bukti kenabian. Mukjizat seorang nabi diluar nalar manusia dan tidak dapat ditiru oleh manusia biasa.

Jika dipikirkan oleh manusia, mukjizat seorang nabi tidak akan masuk akal. Karena mukjizat tersebut datangnya dari Allah SWT.

Nabi Isa yang mendapat gelar Ulul Azmi pun mempunyai beberapa mukjizat salah satunya mampu menyembuhkan penyakit kusta yang dialami kaumnya pada zaman itu.

Baca Juga: Bali United vs PSIS Semarang: Rekor Pertemuan, Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut mukjizat Nabi Isa yang diberikan Allah SWT, dikutip via Akurat.co

Mukjizat Nabi Isa

1. Diturunkannya Kitab Injil

Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa di Yerusalem pada awal abad 1 Masehi, sebagai penyempurnaan kitab yang sebelumnya, yaitu Taurat.

2. Lahir Tanpa Seorang Ayah

Ibu Nabi Isa, Siti Maryam mengandung tanpa adanya seorang laki-laki. Allah meniupkan roh Nabi Isa secara langsung ke dalam jiwa sang ibu. Allah juga menolong Siti Maryam dari segala tudingan orang-orang kafir kepadanya.

Baca Juga: 7 Amalan di 10 Terakhir Bulan Ramadan yang Dianjurkan Bagi Umat Muslim

Peristiwa ini merupakan salah satu bukti kebesaran dan sempurnanya kemampuan Allah sebagai pencipta dan pemilik alam semesta.

3. Bisa Bicara Saat Masih Bayi

Mukjizat Nabi Isa yang cukup familiar dan sering didapatkan pada pelajaran di sekolah adalah dapat berbicara ketika masih bayi dan berucap dengan baik dan logis saat ia dewasa.

Ibnu Abbas RA berkata: "Kemampuan bicara yang dimiliki oleh Nabi Isa AS semasa ia masih bayi hanya sebentar saja, yaitu hanya mampu mengucapkan kata-kata seperti yang dikisahkan oleh Allah SWT kepada kita. Kemudian setelah itu, ia tidak mampu untuk berbicara lagi hingga mencapai usia anak bisa bicara. Biasanya, bayi yang mampu berbicara tidak bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama."

Baca Juga: Ingin Dapatkan Malam Lailatul Qadar? Simak Tipsnya dari Nabi Muhammad SAW

Kalimat yang diucapkan Isa adalah menyucikan Zat Tuhannya dan membersihkan-Nya dari sifat beranak, kemudian mengukuhkan eksistensi dirinya sebagai hamba Allah, bertujuan untuk membersihkan nama ibunya dari tuduhan berzina yang dikatakan oleh kaumnya.

4. Membuat Burung dari Tanah

Nabi Isa dapat membentuk tanah liat menjadi bentuk burung, lalu ia meniupnya ke udara dan atas izin serta kuasa Allah SWT jadilah seekor burung yang hidup. Orang-orang yang menyaksikan kejadian tersebut pun takjub.

Burung yang dibentuk oleh Nabi Isa bisa terbang selama masih tampak di mata orang-orang. Namun, setelah terbang jauh dan tidak tampak di mata mereka, maka burung tersebut langsung terjatuh dan mati. Hal ini membedakan antara ciptaan makhluk dengan ciptaan Allah SWT.

5. Menyembuhkan Orang Buta dan Penyakit Kusta

Nabi Isa juga bisa menyembuhkan orang buta sejak lahir dan orang yang menderita penyakit kusta karena para dokter pada masa itu tidak dapat menyembuhkan kedua penyakit tersebut.

Baca Juga: Hukuman dan Azab Bagi Orang-Orang yang Sengaja Meninggalkan Puasa Ramadan

Oleh karena itu, Allah SWT menampakkan kepada mereka mukjizat Nabi Isa a.s yang berkaitan dengan bidang kedokteran.

6. Menghidupkan Orang yang Sudah Meninggal

Mukjizat Nabi Isa lainnya adalah menghidupkan kembali orang yang telah mati dari kuburnya atas izin dan kehendak Allah SWT. Hal tersebut untuk mmebuktikan kaum Bani Israil yang mengingkari adanya ruh dan hari kebangkitan. Nabi Isa menghidupkan orang yang sudah lama mati, lalu Nabi Isa menyanggupinya.

Ia menghidupkan kembali beberapa orang, seeprtri sahabatnya yang bernama Azar, putra seorang laki-laki tua, dan putra al-'Asyir. Mereka semua bisa hidup kembali dan memiliki keturunan. Nabi Isa juga mampu menghidupkan Sam bin Nuh, tetapi sesaat setelah hidup, Sam bin Nuh kembali mati.

7. Bisa Mengetahui Rahasia Orang Lain

Mukjizat Nabi Isa berikutnya adalah pengetahuan lebih dari manusia biasa, mampu mengetahui rahasia yang disimpan orang lain. Nabi Isa juga mampu mengetahui apa yang dimakan dan disimpan oleh orang lain di dalam rumah mereka tanpa melihatnya. Kisah ini tercatat dalam surat Al Imran ayat 49:

"Dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulan) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman." (Al Imran: 49)

Baca Juga: Doa Agar Dagangan Laris Manis Ala Ustadz Abdul Somad, Pedagang Wajib Amalkan

Dengan mukjizat ini, Nabi Isa mengetahui si fulan makan makanan apa dan minum minuman apa. Ia juga tahu si fulan menyimpan makanan apa saja di rumahnya.

8. Bisa Menurunkan Makanan dari Langit

Selain mukjizat yang telah disebutkan, nabi Isa juga mampu menurunkan makanan dari langit. Pengikut Nabi Isa mendapat julukan 'Al-Hawariyyun', kehabisan makanan di akhir bulan puasa. Maka, para pengikutnya memohon kepada Nabi Isa AS untuk meminta kepada Allah SWT, agar diturunkan makanan.

Awalnya, Nabi Isa sempat ragu untuk meminta hal tersebut, namun pengikutnya mengatakan bahwa hal ini dapat memperkuat keyakinan mereka. Kemudian Nabi Isa memohon kepada Allah SWT dan atas izin-Nya tersedia makanan yang tersaji di atas meja dengan sebutan 'Al Maidah'.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Menu Bukber Bareng Teman di Rumah, Yuk Dicoba!

Namun, turunnya hidangan itu disertai peringatan, bahwa Allah akan memberi azab barang siapa yang kufur di antara mereka dengan azab yang tidak pernah Allah timpakan kepada siapa pun sebelum mereka.

Demikian mukjizat Nabi Isa yang diberikan oleh Allah SWT sebagai bukti kebesaran-Nya dan membantu Nabi Isa menyakinkan umatnya atas wahyu disampaikan.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat03 Mei 2024, 17:30 WIB

7 Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah, Salah Satunya Rendah Karbohidrat

Inilah Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah Agar Tetap Stabil, Salah Satunya Rendah Karbohidrat
Ilustrasi. Mentimun adalah salah satu satu contoh sayuran non amilase, tergolong makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah (Sumber : Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:08 WIB

Polisi Selidiki Temuan Senjata Api Terkubur di Cisaat Sukabumi, Stand dengan Amunisi Aktif

Pihak Kepolisian akan melakukan penyelidikan atas penemuan dua senjata laras panjang yang terkubur di dalam tanah lengkap dengan kotak senjata hingga peluru yang masih aktif yang di Cisaat Kabupaten Sukabumi.
Dua senjata api laras panjang yang ditemukan terkubur di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin, 29 April 2024. | Foto: Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:04 WIB

Angkot Terbakar di Nagrak Sukabumi, Diduga akibat Selang Bensin Bocor

Berikut kronologi dan dugaan pemicu terjadinya kebakaran angkot di Nagrak Sukabumi.
Tangkapan layar video angkot yang terbakar di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Musik03 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral di Media Sosial.
Lagu Bleeding Love Leona Lewis (Sumber : YouTube/LeonaLewis)
Sehat03 Mei 2024, 16:30 WIB

9 Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat

Yuk Coba Sederet Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi - Daging Ayam. Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Freepik.com/@mdjaff)
Sehat03 Mei 2024, 16:00 WIB

Begini Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh

Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas.
Ilustrasi - Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)
Life03 Mei 2024, 15:30 WIB

Begini 5 Ciri Orang Miskin Banyak Gaya Padahal Keuangan Terbatas

Updaters, Inilah Sederet Ciri Orang Miskin Banyak Gaya Padahal Keuangan Terbatas. Coba Perhatikan Baik-baik!
Ilustrasi. Konsumtif. Ciri Orang Miskin Banyak Gaya Padahal Keuangan Terbatas. (Sumber : Pexels/AlexandraMaria)
Sukabumi03 Mei 2024, 15:21 WIB

Sadisnya Pelajar SMP Sukabumi Ini, 47 Adegan Bunuh dan Sodomi Bocah SD

Kasus tewasnya bocah sd di Cipetir Kadudampit Sukabumi yang tubuhnya ditemukan dengan leher terjerat celana
Rekontruksi penyidikan perkaran pembunuhan disertai tindak asusila bocah sd oleh pelajar SMP di Sukabumi (Sumber: su/awal)