4 Amalan Agar Terhindar Santet dan Sihir, Serta Dijauhkan dari yang Sirik

Senin 27 Februari 2023, 18:00 WIB
Ilustrasi Santet. 4 Amalan Agar Terhindar Santet dan Sihir, Serta Dijauhkan dari yang Sirik (Sumber : Freepik)

Ilustrasi Santet. 4 Amalan Agar Terhindar Santet dan Sihir, Serta Dijauhkan dari yang Sirik (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Percaya tidak percaya santet atau sihir yang kerap kali digunakan untuk mencelakai orang lain, masih ada sampai saat ini.

Biasanya orang menggunakan santet atau karena tidak senang atau merasa iri akan keberhasilan serta kesuksesan yang didapatkan oleh orang lain.

Seperti diketahui, santet atau sihir adalah tipu daya setan yang biasanya dilakukan oleh dukun, tukang sihir, paranormal, atau orang pintar. 

Baca Juga: 3 Doa Agar Tidak Diganggu Setan dan Jin, Insya Allah Aman dari Gangguan

Orang-orang yang mudah terkena santet atau sihir sendiri adalah orang yang imannya lemah dan tak mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Untuk mencegah hal tersebut, maka sebaiknya lebih dekatlah pada sang maha pencipta agar terhindar dari hal-hal yang berbau santet.

Dan berikut  empat amalan agar terhindar dari santet dan sihir yang bisa umat muslim amalkan menurut Ustadz Sofyan Ruray, seperti melansir dari Suara.com.

1. Membaca Ayat Kursi

Amalan agar terhindar dari santet yang pertama yaitu dengan membaca ayat kursi dan berdoa pada Allah SWT. Adapun cara mengamalkannya yaitu sebagai berikut: 

  • Membaca ayat kursi selepas Shalat 5 waktu
  • Membaca ayat kursi sebelum tidur. Hal ini tertuang juga dalam surat Al Baqarah ayat 255 yang bunyinya seperti ini:
    “Allah, tidak ada yang berhak disembah selain Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

2. Membaca Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas

Amalan lainnya yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari santet dan sihir yaitu membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas. Adapun cara mengamalkannya yaitu sebagai berikut:

  • Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas setelah selesai sholat 5 waktu 
  • Membaca Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas (masing-masing tiga kali) pada awal hari selepas shalat Subuh serta awal malam selepas shalat Maghrib 

3. Melafalkan Dua Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah

Amalan agar terhindar dari santet dan sihir maupun hal mistis lainnya yaitu dengan melafalkan dua ayat terakhir surat Al Baqarah, yang artinya sebagai berikut:

“Rasul telah beriman kepada Al Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): 

“Kami tidak membeda-bedakan antara seorang pun (dengan yang lain) dari rasul rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Rabb kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”. (Al Baqarah: 285)

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): 

“Ya Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.” [Al-Baqarah: 286]

4. Membaca Ta’awudz

Membaca ta’awudz juga salah satu amalan agar terhindar dari sihir, santet maupun hal mistis lainnya. Kamu bisa membacanya pada petang hari sebanyak tiga kali. Kamu juga bisa mengamalkannya setiap kali berkunjung ke suatu tempat. 

Hal itu tertuang juga dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang bunyinya sebagai berikut:

 “Apabila seorang diantara kalian mendatangi suatu tempat hendaklah membaca: ‘A’uudzu bi kalimaatillaahit taammaati min syarri maa kholaq.’”

5. Membaca Dzikir di Pagi dan Sore Hari

Dzikir juga termasuk amalan agar terhindar dari santet. Kamu juga bisa membaca dzikir pada pagi dan sore hari sebanyak tiga kali. Adapun bunyi zikirnya sebagai berikut:

Dzikir pertama

Bismillahilladzi la yadurru ma`a ismihi shay’un fil-ardi wa la fis-sama’i wa huwas-sami`ul-`alim

Artinya: “Dengan nama Allah; yang bersama nama-Nya tidak celaka sesuatupun yang ada di langit dan di bumi, serta Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Dzikir kedua

Hasbiyallahu la ilaha illa huwa `alayhi tawakkaltu wahuwa rabbul-`arshil-`azhim 

Artinya: “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung.”

Dzikir ketiga

Allaahumma inni a`udzu bika min hamazatish-shayatin wa a`udzu bika rabbi an yahdurun

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari bisikan setan dan aku berlindung kepada-Mu dari segala gangguan setan yang mendatangiku.”

Dzikir keempat

A`udzu bi `izzatillahi wa qudratihi mimma ajidu wa uhadhiru

Artinya: ‘Aku berlindung dengan kekuatan Allah dan kehendak-Nya dari sakit dan nyeri yang aku alami.”

Nah, itulah beberapa amalan agar terhindar dari santet dan sihir maupun hal-hal mistis lainnya. Semoga bermanfaat dan kita semua selalu dilindungi Allah SWT.

Sumber: Suara.com (Ulil Azmi)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi13 Mei 2024, 19:12 WIB

Sekda Ade Lepas Dua Pelajar Sukabumi Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi

Lepas dua pelajar Sukabumi ikuti seleksi calon paskibraka tingkat Jabar 2024, ini pesan Sekda Ade.
Sekda Kabupaten Sukabumi dan dua pelajar yang akan ikuti seleksi calon paskibraka tingkat provinsi Jabar. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi13 Mei 2024, 19:07 WIB

2 Pasangan Calon Independen di Pilkada Kabupaten Sukabumi Gagal Mendaftar

Sampai batas waktu yang ditentukan, ternyata tidak ada satu pun pasangan bakal calon perseorangan (independen) yang mendaftarkan diri untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sukabumi tahun 2024.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Sehat13 Mei 2024, 19:00 WIB

7 Pola Makan Tidak Sehat yang Bisa Memicu Serangan Asam Urat

Ketahui Sederet Pola Makan Tidak Sehat yang Bisa Memicu Serangan Asam Urat. Awas, Hindari!
Ilustrasi. Junk Food. Pola Makan Tidak Sehat yang Bisa Memicu Serangan Asam Urat | Foto: Pixabay
Sehat13 Mei 2024, 18:30 WIB

5 Minuman Tinggi Purin yang Berbahaya untuk Penderita Asam Urat

Asam urat biasanya dikaitkan dengan makanan berprotein tinggi, namun beberapa minuman tinggi purin juga dapat menyebabkan gejala yang menyakitkan.
Ilustrasi - Asam urat biasanya dikaitkan dengan makanan berprotein tinggi, namun beberapa minuman tinggi purin juga dapat menyebabkan gejala yang menyakitkan. (Sumber : pexels.com/@Pressmaster).
Life13 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Selamat dan Tolak Bala, Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Doa selamat dan tolak bala ini dapat dibacakan seusai melaksanakan sholat fardhu.
Ilustrasi. Berdoa. Doa selamat dan tolak bala ini dapat dibacakan seusai melaksanakan sholat fardhu. Sumber Foto : Pexels/Alena Darmel
Sukabumi13 Mei 2024, 17:54 WIB

Optimalisasi PBB-P2, Bapenda Sukabumi Sosialisasikan Analisis Zona Nilai Tanah di Sukaraja

Bapenda Kabupaten Sukabumi menggelar Sosialisasi Analisis Zona Nilai Tanah (ZNT) PBB-P2 di Sukaraja.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri saat membuka Sosialisasi Analisis Zona Nilai Tanah (ZNT) PBB-P2 di Kantor Desa Selaawi, JI. Raya Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Selasa 30 April 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Mei 2024, 17:53 WIB

Puskesmas Cek Kesehatan Pria Tunanetra Penghuni Rumah Bilik di Tegalbuleud Sukabumi, Ini Hasilnya

Alami katarak hingga malnutrisi, kesehatan Hendra pria tunanetra di Tegalbuleud Sukabumi dimonitoring Forkopimcam dan Puskesmas.
Puskesmas dan unsur Kecamatan Tegalbuleud Sukabumi saat cek kesehatan Hendra. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Mei 2024, 17:36 WIB

Warga Keluhkan Kondisi Jalan Sidamulya Sukabumi: Belum Tersentuh Aspal

Warga Desa Sidamulya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi mengeluhkan kondisi jalan kabupaten yang ada di wilayah desa tersebut, selain masih tanah, juga bahu jalan rimbun banyak pepohonan dan rumput.
Jalan kabupaten ruas Citamiang-Gunung Batu, menghubungkan kecamatan Ciemas dan Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi13 Mei 2024, 17:32 WIB

Rumah Warga Tugu Sukaraja Sukabumi Dilempar Bata, Saksi Sebut Pelaku Bermotor

Tengah malam, rumah warga kampung tugu rusak dilempar batu bata oleh pelaku orang tak dikenal.
Rumah warga Tugu Sukaraja Kabupaten Sukabumi dirusak orang tak dikenal (Sumber: istimewa)
Life13 Mei 2024, 17:30 WIB

Ilusi Optik: Anda Memiliki Mata yang Hebat Jika Berhasil Menemukan Lumba-lumba dalam 6 Detik

Temukan lumba-lumba di gambar bunga mawar ini dalam waktu 6 menit.
Ilustrasi - mukan lumba-lumba di gambar bunga mawar ini dalam waktu 6 menit (Sumber : Jagran Josh).