6 Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Media Sosial, Yuk Simak!

Selasa 21 Februari 2023, 16:15 WIB
Ilustrasi. Kecanduan media sosial bisa menimbulkan dampak buruk pada kehidupan nyata sehingga penting mengetahui cara mengatasinya | Foto: Pixabay/geralt

Ilustrasi. Kecanduan media sosial bisa menimbulkan dampak buruk pada kehidupan nyata sehingga penting mengetahui cara mengatasinya | Foto: Pixabay/geralt

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini hampir semua orang memiliki akun media sosial baik itu Facebook, Instagram, Twitter, YouTube dan sebagainya.

Bahkan beberapa orang memiliki lebih dari satu akun media sosial dengan berbagai alasan, salah satunya untuk menghasilkan uang.

Meski media sosial memiliki dampak baik dan bisa membantu mendapatkan informasi dan sebagainya. Namun media sosial juga bisa menyebabkan penggunanya mengalami kecanduan.

Kecanduan media sosial bisa menjadi penyebab seseorang kehilangan banyak waktu hanya untuk berselancar di dunia maya.

Baca Juga: 7 Tips Mengatasi Perut Buncit: Lebih PD Tanpa Lemak Bucitreuk, Burayut, Bureuteu

Kecanduan medsos bisa ditandai dengan adanya rasa tidak bisa jauh atau bahkan merasa cemas saat tidak mengakses media sosial.

Tentu kecanduan tersebut akan sangat merugikan diri sendiri dan tak jarang orang yang mengalaminya bisa mengabaikan tanggung jawabnya di dunia nyata.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kecanduan media sosial yang bisa dilakukan? Mengutip dari Akurat.co, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untung mengatasi kecanduan media sosial.

1. Pahami Tujuan penggunaan

Sebelum kamu menggunakan media sosial, sebaiknya kamu mengetahui alasannya terlebih dahulu. Apakah media sosial digunakan untuk mencari informasi menarik, hiburan, kebutuhan pekerjaan, komunikasi dengan teman, atau bahkan hanya sekedar untuk melihat kehidupan seseorang.

Baca Juga: Apa Itu Monday Blues? Yuk, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Agar terhindar dari kecanduan media sosial kamu harus paham dengan alasan di balik penggunaan media tersebut. Karena dalam hal ini alasan menjadi sangat penting agar kamu tidak terlalu membuang banyak waktu untuk hal yang dirasa tidak perlu.

Sebaiknya, gunakanlah waktu di media sosial untuk membantu menunjang kehidupan misalnya seperti pendidikan, pekerjaan maupun memperluas jaringan.

2. Matikan notifikasi

Dengan mematikan notifikasi menjadi salah satu cara untuk mengatasi kecanduan media sosial. Mematikan notifikasi media sosial dalam ketika melakukan hal penting misalnya bekerja, belajar ataupun melakukan hal penting lainnya.

Baca Juga: Ramai Istilah PMO di Media Sosial, Kenali Penyebab, dan Cara Mengatasinya

3. Lakukan kegiatan bermanfaat

Kamu harus mencari kesenangan atau kesibukan lain di luar media sosial. Hal ini bisa dilakukan dengan membereskan rumah atau melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga. Kamu juga bisa berkunjung ke rumah kerabat atau keluarga secara langsung untuk membuat hubungan menjadi hangat.

4. Jauhkan handphone sebelum tidur

Tidak bisa dipungkiri bahwa kecanduan media sosial dapat membuat penggunanya asik bermain handphone bahkan sampai merusak jadwal tidurnya. Batasi penggunaan HP sebelum tidur. Kamu bisa meletakkan HP di meja atau di sisi lain ruangan.

Baca Juga: Manfaat Bermain Congklak, Bisa Tingkatkan Kemampuan Berhitung dan Motorik Anak

Jauhkan ponsel dari pandangan sehingga godaan untuk melihat jadi berkurang. Sebagai gantinya kamu bisa melakukan aktivitas lain misalnya seperti membaca buku atau menulis kegiatan yang akan kamu lakukan keesokan harinya.

5.Tentukan jadwal

Membuat jadwal penggunaan media sosial bisa menjadi cara alternatif untuk mengatasi rasa kecanduan media sosial. Setelah membuat jadwal, maka penggunaan media sosial bisa dibatasi.

6. Detoks digital

Tips mengatasi kecanduan media sosial yaitu dengan detoks digital. Hal ini bisa dilakukan seseorang pada era digital dengan belajar hidup tanpa media sosial. Namun hal tersebut bukan berarti kita harus meninggalkan media sosial, melainkan kita bisa menentukan porsi dan kebutuhan media sosial.

Baca Juga: Meski Pedas, Ini 5 Manfaat Cabai Bagi Kesehatan Salah Satunya Hambat Sel Kanker

Detoks digital sangat bermanfaat karena bisa membuat seseorang menyadari bahwa mereka lebih memiliki banyak waktu luang untuk diri sendiri dalam sehari-harinya.

Dengan adanya waktu luang sehingga proses belajar menjadi fokus dan bisa meningkatkan kualitas pertemuan dengan keluarga, teman maupun komunitas.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi kecanduan media sosial yang bisa dilakukan untuk menghindari dampak buruk yang bisa ditimbulkan.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 08:21 WIB

Dokter Masuk Kampung, Puskesmas Parungkuda Jemput Bola Layani Kesehatan Masyarakat

Kegiatan Dokter Masuk Kampung Puskesmas Parungkuda Sukabumi ini dilakukan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat sesuai instruksi dari Bupati.
Pelayanan dokter masuk kampung di Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life09 Mei 2024, 08:00 WIB

Punya Daya Tarik dan Karismatik, 10 Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif

Orang-orang yang memiliki banyak energi positif sering menjadi sumber inspirasi bagi orang lain dan membawa dampak positif dalam lingkungan mereka.
Ilustrasi - Punya Daya Tarik dan Karismatik Termasuk Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel09 Mei 2024, 07:00 WIB

Simpel dan Mudah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi

Air rebusan ketumbar dapat dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, terutama untuk meredakan masalah pencernaan, meredakan nyeri sendi, dan memberikan efek detoksifikasi pada tubuh.
Ilustrasi. Mudah Dibuat di Rumah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi (Sumber : Instagram/@sweet.deeva)
Science09 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 9 Mei 2024, Sukabumi Berpotensi Cerah dari Pagi Hingga Dini Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024. | Pixabay/
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).