3 Kategori Dosa Manusia Dalam Agama Islam, Salah Satunya Tidak Diampuni Allah SWT

Jumat 10 Februari 2023, 05:00 WIB
Ilustrasi meminta ampunan - 3 Kategori Dosa Manusia Dalam Agama Islam, Salah Satunya Tidak Diampuni Allah SWT. | (Sumber : unsplash.com).

Ilustrasi meminta ampunan - 3 Kategori Dosa Manusia Dalam Agama Islam, Salah Satunya Tidak Diampuni Allah SWT. | (Sumber : unsplash.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap manusia yang hidup di dunia ini memang tidak akan luput dari dosa. Namun, semua manusia sudah diberi akal dan pikiran agar dapat menentukan pilihan baik ataupun buruk.

Pada dasarnya Allah Azza Wa Jalla adalah maha pengampun, Segala dosa yang diperbuat hambanya pasti akan Allah SWT ampuni asalkan dirinya bersungguh-sungguh dan bertaubat.

Akan tetapi ada beberapa macam kategori dosa manusia yang Allah SWT tidak akan ampuni meski hambanya bertaubat berkali-kali. Dosa-dosa ini merupakan dosa besar yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

Baca Juga: Termasuk Tol Bocimi Seksi 2, Ini 18 Ruas Tol yang Ditarget Beroperasi di 2023

Mengutip Akurat.co, banyak macam dosa yang sering dilakukan manusia, baik itu dosa besar maupun dosa kecil. Dosa dapat dikategorikan menjadi tiga, apa saja?

Dosa yang Tidak Diampuni Allah

Dosa yang tidak diampuni oleh Allah adalah dosa syirik. Syirik adalah menyekutukan Allah, menyamakan Allah terhadap sesuatu, atau berdoa selain kepada Allah. Orang yang menyekutukan Allah dinamakan musyrik. Dijelaskan dalam surah An-Nisa ayat 48

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغْفِرُ اَنْ يُّشْرَكَ بِهٖ وَيَغْفِرُ مَا دُوْنَ ذٰلِكَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ

Innallāha lā yagfiru ay yusyraka bihī wa yagfiru mā dụna żālika limay yasyā`, wa may yusyrik billāhi fa qadiftarā iṡman 'aẓīmā

Artinya: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa di bawah tingkatan syirik, bagi siapa yang dikehendaki-Nya”

Baca Juga: 2 Anak Gadis yang Hilang di Cireunghas Sukabumi Ternyata Ikut Komunitas Anjal

Di Indonesia, masih banyak masyarakat yang beragama Islam tetapi masih meminta kepada selain Allah. Berdoa kepada pohon keramat, kuburan, laut, gunung, dan lain sebagainya. Ada juga kesyirikan yang dilabeli dengan kebudayaan seperti jimat, ramalan dan upacara yang melibatkan jin.

Dalam Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir, karya Imam Asy-Syaukani dijelaskan bahwa maksud dari ayat ini jika orang yang mati dalam kesyirikan namun belum bertaubat, maka tidak ada kemungkinan ampunan atas dosa syiriknya.

Adapun dosa selain pelaku syirik seperti pelaku kemaksiatan dari kalangan orang-orang Islam maka mereka di bawah kehendak Allah. Allah akan mengampuni orang yang Dia kehendaki dan mengazab orang yang Dia kehendaki. Akan tetapi Allah juga mengabarkan bahwa Dia mengampuni dosa-dosa kecil selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar.

Dosa yang Diampuni Allah

وَتُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ جَمِيْعًا اَيُّهَ الْمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

wa tụbū ilallāhi jamī'an ayyuhal-mu`minụna la'allakum tufliḥụn

“Dan bertaubatlah kalian semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kalian beruntung” (QS. An-Nur: 31).

Baca Juga: Kenapa Ban Tubeless Motor Sering Kempes Sendiri? Ini 3 Penyebabnya

Kategori kedua ini adalah dosa yang diampuni oleh Allah dengan syarat dosa tersebut bukan dosa syirik. Selama ia bersungguh-sungguh bertaubat kepada Allah dan sekuat tenaga menghindari untuk tidak melakukan kesalahan yang sama, maka Allah akan mengampuninya. Insya Allah

Dosa yang Dibiarkan Allah

Allah SWT memiliki sifat Maha Pemaaf tetapi tidak dengan ciptaan-Nya. Jika dosa yang dilakukan mengambil hak orang lain maka dosa tersebut tetap ada sampai orang yang haknya diambil memaafkan.

Dosa semacam ini tentunya harus berhubungan langsung dengan orang yang bersangkutan. Allah akan terus membiarkan dosa tersebut bahkan jika melakukan banyak shalat, puasa, maupun istighfar sebelum orang yang bersangkutan belum memaafkan, maka tetap akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak.

Baca Juga: Umat Muslim Sukabumi dan DPRD Kecam Aksi Pembakaran Alquran

Diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah raḍiyallāhu 'anhu:

عن أبي هريرة رضي الله عنه مرفوعاً: «مَنْ كَانَتْ عِندَهُ مَظْلَمَةٌ لِأَخِيهِ، مِنْ عِرْضِهِ أو مِنْ شَيْءٍ، فَلْيَتَحَلَّلْهُ مِنْهُ اليومَ قَبْلَ أَن لا يَكُونَ دِينَارٌ ولا دِرْهَمٌ؛ إِنْ كَانَ له عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ مِنْهُ بِقَدْرِ مَظْلَمَتِهِ، وَإِن لَمْ يَكُنْ لَهُ حَسَنَاتٌ أَخَذَ مِنْ سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِلَ عَلَيْهِ

Artinya : "Siapa saja yang pernah melakukan suatu kezaliman terhadap saudaranya, baik itu harga diri ataupun ‎perkara lain, maka hendaklah ia meminta untuk dihalalkan pada saat ini sebelum datang hari dimana dinar dan ‎dirham sudah tidak berlaku. Jika dia ‎memiliki amal saleh maka akan diambil dari pahala amalan salehnya sebanyak kezalimannya, dan ‎jika ia tidak memiliki kebaikan, maka akan diambil dosa orang yang dizaliminya kemudian dibebankan kepadanya."

Itulah tiga kategori dalam dosa. Mari kita harus selalu introspeksi diri agar menjadi hamba yang taat. Ketika melakukan kesalahan atau bahkan melakukan dosa segeralah bertaubat karena Allah senang dengan hamba yang bertaubat.

Baca Juga: Selain Pawai Barongsai, Ada Bazar Cap Go Meh Kota Sukabumi 9-11 Februari

Diriwayatkan oleh sahabati Abu Hamzah Anas bin Malik Al Anshori,beliau berkata bahwa nabi Muhammad SAW bersabda:

اللَّهُ أَفْرَحُ بِتَوْبَةِ عَبْدِهِ مِنْ أَحَدِكُمْ سَقَطَ عَلَى بَعِيرِهِ ، وَقَدْ أَضَلَّهُ فِى أَرْضِ فَلاَةٍ

Artinya”Sesungguhnya Allah itu begitu bergembira dengan taubat hamba-Nya melebihi kegembiraan seseorang di antara kalian yang menemukan kembali untanya yang telah hilang di suatu tanah yang luas.” (HR. Bukhari).

Wallahu A'lam.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 17:24 WIB

Hadapi Polemik PT GSI Vs Warga. Disnakertrans Sukabumi Kembali Tak Hadir

Koordinator Aksi Dede Raka menyebut hingga saat ini belum melihat pergerakan dari Disnaker sehingga memaksa warga untuk berjuang sendiri.
Warga protes pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar (Sumber: su/awal)
Sukabumi25 April 2024, 17:17 WIB

Protes Pungli Tenaga Kerja, Warga Blokade Jalan Pelabuhan II i Depan GSI Cikembar

kali ini warga melakukan aksi blokade ruas Jalan Provinsi, tepatnya di depan bundaran pintu masuk PT GSI Cikembar, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sukabumi25 April 2024, 17:10 WIB

Isu Pungli Di PT GSI Sukabumi Merebak, Seret Sejumlah Petinggi Perusahaan

Aksi demonstrasi dilakukan ratusan warga yang tergabung dalam Gerakan Bojongraharja Memanggil (GBM) buntut dugaan pungli hingga menyeret sejumlah petinggi perusahaan.
Aksi warga protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar Sukabumi (Sumber: su/awal)
Musik25 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi

"Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi". Lagu Sampai ke Bintang Asmidar yang kini viral yakni digunakan sebagai backsound video galau dan sedih di aplikasi TikTok hingga Instagram.
Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi (Sumber : YouTube/Asmidar)
Life25 April 2024, 16:30 WIB

9 Cara Agar Tidak Mudah Bosan Saat di Rumah, Ini yang Harus Dikerjakan

Artikel ini akan membahas berbagai ide untuk membantu Anda mengatasi kebosanan dan menemukan kegiatan yang menyenangkan.
Ilustrasi. Bermain dengan keluarga di rumah untuk mencegah rasa bosan. Sumber : pixabay/kloow99
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 16:15 WIB

Anggota DPRD Paoji: Koalisi PDIP-PKS di Pilkada 2024 Sukabumi Bisa Jadi Kenyataan

Desk Pilkada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan sejumlah elit partai melakukan kunjungan ke kantor DPD PKS dalam rangka membangun komunikasi politik menjelang perehelatan Pilkada 2024.
Kunjungan Desk Pilkada PDIP ke Markas DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 16:00 WIB

Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024: H2H, Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024, akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB.
Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024, akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB. (Sumber : X/@persib/@BorneoSMR).
Life25 April 2024, 15:30 WIB

10 Cara Agar Dipercaya Oleh Orang Lain, Ini yang Harus Dilakukan

Kini, interaksi manusia semakin kompleks dan teknologi terus berkembang, maka memiliki reputasi sebagai individu yang dapat diandalkan dan dipercaya menjadi semakin penting.
Ilustrasi. Orang yang sedang berkumpul tidak gaduh dan saling percaya. Sumber : pixabay/anne00
Life25 April 2024, 15:11 WIB

Identifikasi Pemicunya, Ini 5 Cara Membantu Anak Menghentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk bisa jadi kebiasaan yang akan berkelanjutan jika tidak segera dihentikan.
Ilustrasi membantu anak menghentikan kebiasaan buruk. | Foto: Freepik
Sukabumi25 April 2024, 15:03 WIB

Kunjungi Kalaju di Surade Sukabumi, Drh Slamet Dorong Kesejahteraan Nelayan

Kunjungan ini adalah dalam rangka supervisi persiapan pelaksanaan program Kalaju.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet (paling kiri) saat mengunjungi Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Istimewa