Biar Kinclong! Tips Mencuci Sepatu Putih Dari Bahan Suede Hingga Canvas

Kamis 26 Januari 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi. Memiliki sepatu putih diperlukan tips khusus saat mencucinya agar selalu tampil bersih | Foto: Pixabay/monfocus

Ilustrasi. Memiliki sepatu putih diperlukan tips khusus saat mencucinya agar selalu tampil bersih | Foto: Pixabay/monfocus

SUKABUMIUPDATE.com - Sepatu putih menjadi item fashion yang disukai banyak orang karena selalu cocok untuk dipadupadankan dengan semua warna pakaian.

Namun, ada hal yang sering membuat pemilik sepatu putih pusing yaitu sepatu yang mudah kotor.
Mengingat warna nya yang putih menjadikan kotoran sedikit saja akan mudah terlihat dan mengganggu tampilan.

Karenanya pemilik harus rutin merawat sepatu putih agar selalu tampil kinclong dan siap dipakai di berbagai acara.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet, Kebersihan Tabung hingga Pilihan Detergen

Merawat sepatu yang berwarna putih memang tidak semudah sepatu berwarna biasanya.

Mengutip dari Akurat.co, diperlukan tips dan trik khusus agar sepatu putihmu selalu terlihat seperti baru dan bersih. Beda bahan sepatu juga akan beda cara merawatnya.


Sebelum membahas cara mencucinya agar tetap putih, sebaiknya kamu simak terlebih dahulu penyebab sepatu putih bisa menguning.

Baca Juga: Terdengar Sama Tapi Beda, Ini Penjelasan Istilah Gaji dan Upah

Penyebab Menguningnya Sepatu Putih

Dilansir dari laman Shoes and Care, Rabu (25/1/2023), berikut penyebab sepatu kanvas putih menguning.

Sepatu kanvas putih sangat rentan menguning. Apalagi jika warna yang menguning tersebut sudah sangat pekat, dan membuatnya terlihat usang, pasti akan membuat sebagian orang terganggu dan merasa tidak percaya diri.

Ada beberapa faktor yang membuat sepatu putih berubah warna menjadi kuning.

Baca Juga: Kenali 6 Bahasa Tubuh Wanita, Tanda-Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

  1. Bisa saja disebabkan cuaca, karena terlalu sering digunakan untuk aktivitas luar ruangan atau bisa juga disebabkan oleh proses membersihkan sepatu yang kurang tepat. Jika bilasan kamu tidak bersih maka akan meninggalkan noda kuning.
  2. Jangan pernah mencuci sepatu dengan deterjen kalau sepatu kamu tidak mau warnanya luntur atau jadi keras dan kuning.
  3. Bersihkan sepatu paling tidak seminggu sekali, karena lapisan debu yang terlalu lama juga bisa menyebabkan noda kuning pada sepatu.
  4. Noda kuning pada sepatu putih juga bisa disebabkan karena penyimpanan. Kelembaban yang tinggi pada ruangan, paper pembungkus dan iklim tropis. Paper pembungkus sepatu juga ada zat yang mempercepat timbulnya noda kuning. Kuning karena penyimpanan itu ada cirinya. Dominan kuning, kuning baget, kuning tua, ada titik kecil merata dan keras pada bagian sole-nya. Kenapa bisa keras? Karena karet sole-nya jarang dipakai maka akan mengeras seperti sole kayu.

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi Grand Vitara, Mobil Baru yang Akan Meramaikan Segmen Small SUV

Maka untuk mencegahnya, masukan sepatu pada plastic ziplok dan masukan silica gel maksimal empat bungkus ukuran kecil.

Kalian bisa menghilangkan noda kuning pada sepatu canvas putih secara sederhana dengan cara sediakan saja spon dua sisi, bersihkan pakai cleaner terlebih dahulu lalu di double dengan pasta gigi putih.

Setelah mengetahui penyebab menguningnya sepatu putihmu, sekarang ayo kita cari tahu cara mencuci sepatu putihmu yang berasal dari berbagai bahan. Dilansir dari laman Famous Footwear, Rabu (24/1/2023), berikut cara mencuci sepatu putih.

Baca Juga: 4 Fakta Missing The Other Side 2, Drama Korea yang Suguhkan Alur Cerita Lebih Menarik

Cara mencuci sepatu putih bahan kanvas

  1. Siapkan soda kue, air bening, dan hidrogen peroksida.
  2. Lalu campurkan ketiga bahan di atas, dengan jumlah takaran 1:1, aduk hingga membentuk pasta. Sebelum menggosokkannya ke sepatu putihmu, terlebih dahulu bersihkan sepatu putihmu dari debu.
  3. Setelah sepatu putihmu bebas debu, kamu bisa mengoleskan pasta yang kamu buat tadi ke seluruh permukaan sepatu putihmu.
  4. Setelah itu, jangan dibilas, diamkan selama empat jam, hingga pasta mengeras.
  5. Setelah didiamkan selama 4 jam, kamu bisa basuh pasta tersebut dengan kain basah, bilas dengan benar dan bersih sempurna. Lalu lihatlah keajaibannya.
  6. Setelah sepatu putihmu bersih dari pasta tadi. Kamu bisa meng-angin-anginkan sepatumu, jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung.
  7. Pasta yang kamu oleskan tadi akan membuat sepatumu jauh lebih putih dari sebelumnya.

Baca Juga: Masih Jadi Pengangguran di Preman Pensiun 8, Gobang dan Bubun Kena Sindir Sutradara

Cara mencuci sepatu putih bahan kulit

Membersihkan sepatu kulit putih adalah hal yang cukup mudah dan sederhana. Berikut caranya.

  1. Siapkan kain lap, sabun, dan air biasa.
  2. Basahkan kain lap, dan beri sedikit sabun cair
  3. Lalu kamu bisa gosok seluruh bagian kulit sepatu. Gosok secara merata agar kotoran di permukaan sepatu kulitmu bisa hilang.
  4. Untuk noda membandel kamu bisa menggunakan soda kue, caranya taburkan soda kue pada kain lap lembab dan gosok perlahan hingga noda membandel tersebut hilang.
  5. Untuk membersihkan sisa sabun, bersihkan dengan kain lap lembab, jauhkan sepatu dari paparan sinar matahari langsung.

Baca Juga: Spesifikasi Motor Grand Filano Hybrid Skutik Baru Bergaya Klasik, Cek Harganya!

Cara mencuci sepatu putih bahan suede

  1. Mulailah dengan menyikat seluruh sepatu dengan sikat berbulu lembut untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
  2. Jika terdapat noda minyak, maka kamu bisa menaburkan noda berminyak tersebut dengan tepung maizena atau bedak untuk menyerap minyak. Biarkan pada noda setidaknya selama satu jam, dan ulangi sesuai kebutuhan.
  3. Gosok perlahan semua bekas lecet dan noda dengan penghapus art gum. Gosok secara perlahan untuk menghilangkan noda berlapis-lapis.
  4. Jika penghapus tidak menghilangkan noda, celupkan kain ke dalam cuka suling dan gosok perlahan bagian yang bernoda. Lindungi area yang dirawat dengan handuk kertas untuk menyerap kelembapan.
  5. Biarkan suede benar-benar kering setelah dibersihkan menggunakan sikat suede. Jangan dijemur dibawah paparan sinar matahari langsung.
  6. Baca Juga: 7 Alamat Proxy Whatsapp Indonesia Gratis, Pake WA Gak Perlu Terhubung Internet

Cara mencuci sepatu putih bahan vinyl

  1. Celupkan kain ke dalam air biasa, lalu bersihkan noda biasa pada permukaan sepatu
  2. Untuk menghilangkan lecet dan noda membandel, gunakan sedikit penghapus cat kuku berbasis aseton pada kapas, dan gosok perlahan area yang lecet.
  3. Kamu juga bisa menggunakan pasta yang terbuat dari satu sendok makan soda kue dan setengah sendok teh air untuk menghilangkan lecet dan noda dengan lembut.
  4. Gunakan kain bersih yang dibasahi dengan air biasa sebagai bilasan terakhir.
  5. Untuk membuat sepatu vinyl atau paten putih mengkilap, gunakan petroleum jelly. Kamu cukup menggosokkan bahan yang satu ini ke seluruh permukaan sepatu menggunakan kain yang lembut.

Baca Juga: Profil Jeonnam Dragons, Disebut Jadi Klub Baru Bek Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam

Cara menjaga sepatu putih agar tidak menguning

Setelah sepatu putihmu kembali baru, berikutnya adalah tips untuk menjaga kondisi sepatu putih agar tidak menguning.

  1. Pencegahan adalah kuncinya: bersihkan noda sebelum menguning, dengan menggunakan semprotan anti noda dan air setiap setelah digunakan. Meskipun kamu harus membersihkannya secara rutin, hal ini akan membuat sepatu putihmu tetap bagus. Penggunaan air untuk membersihkan sepatu vinyl, kurang ideal karena dapat menumpulkan lapisan mengkilap.
  2. Pembersihan noda: segera bersihkan noda ketika kamu melihatnya. Semakin lama kamu meninggalkannya, semakin sulit untuk menghapusnya.
  3. Hindari mesin cuci: meskipun mungkin tergoda untuk mencuci sepatumu ke dalam mesin cuci, hal ini dapat merusak sepatu dan membuatnya usang sebelum waktunya.
    Namun jika kamu sudah menggunakan berbagai cara namun sepatu putihmu tak kunjung putih bersih seperti sedia kali, mungkin kamu bisa membawa sepatumu ke laudry khusus sepatu.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Food & Travel25 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa untuk Mengatur Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi rebusan atau ramuan herbal apa pun, termasuk rebusan daun mahkota dewa.
Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa. Foto: Instagram/@kebuhbuahkita
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)