Huruf F Sering Dibaca P, Tujuh Ciri Khas Kebiasaan Orang Sunda

Kamis 01 Desember 2022, 13:23 WIB
Ilustrasi freepik: orang sunda

Ilustrasi freepik: orang sunda

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat Sukabumi mayoritas berasal dari Suku Sunda yang turun temurun menggunakan bahasa sunda sebagai bahasa ibu. Sundatak hanya identik dengan bahasa yang dipakai, tetapi juga kerap dikaitkan dengan kebiasaan atau ciri khasnya.

Apakah warga Sukabumi termasuk salah satu orang ‘Sunda tulen’? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sukabumiupdate.com telah merangkum 7 Ciri Khas Orang Sunda, dilansir dari gramedia.com!

1. Orang Sunda Lucu dan Humoris

Orang Sunda disebut-sebut punya selera humor tinggi. Humoris nya orang sunda terlihat saat situasi serius yang selalu diselingi candaan ringan. Agar tidak spaneng katanya.

Publik figur yang merupakan orang Sunda dengan selera humor yang tinggi misalnya komedian Sule dan Ridwan Kamil dari kalangan pejabat publik.

Seperti kang emil, sapaan sunda Ridwan kamil yang berstatus orang ‘sunda tulen’ ini terlihat dari postingan media sosial yang tak melulu bergelut di dunia politik. Beberapa guyonan di status media sosialnya selalu mengundang gelak tawa netizen.

Selain status media sosial ‘kekinian’, banyak sekali banyolan atau lawakan Sunda yang beken di kalangan masyarakat Sukabumi. Diantaranya sisindiran (pantun ala Sunda), dongeng lucu ala cangehgar, lawakan Ohang dan Bobodoran Wayang Golek.

2. Orang Sunda Sopan, Ramah, dan Murah Senyum

Pedoman hidup Orang Sunda yaitu memiliki pedoman hidup saling menghargai sesama. Orang Sunda umumnya ramah, murah senyum dan sopan kepada siapapun termasuk orang baru.

Istilah sunda yang menggambarkan hal tersebut yakni “kawas gula jeung peueut”, artinya hidup harus rukun, saling menyayangi dan tidak pernah berselisih.

Masyarakat Sunda dikenal sebagai orang yang menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan kesopanan. Itulah alasan mengapa orang Sunda sangat murah hati layaknya filosofi “Someah hade ka semah”, artinya ramah, bersikap baik, menjaga, menjamu dan membahagiakan setiap orang.

3. Pelafalan huruf F sering dibaca P

Ciri khas yang paling identik dengan orang Sunda adalah pelafalannya. Meskipun tidak semua, Orang Sunda sangat terkenal sering melafalkan huruf F menjadi P, atau meniadakan huruf D.

Penjelasan ilmiah mengapa orang Sunda mengucap kata dengan huruf F atau V menjadi P karena zaman dahulu huruf tersebut memang tidak dikenal dalam aksara Sunda (Kaganga). Kemungkinan hal tersebut diturunkan sampai menjadi kebiasaan, contohnya manfaat disebut manpaat.

Selain pelafalan, orang Sunda juga sering menulis nama yang harusnya huruf F menjadi P, contohnya fajar menjadi Pajar.

Baca Juga: Undak Usuk Basa: 25 Nama Anggota Tubuh dalam Bahasa Sunda Lemes dan Loma

4. Orang Sunda Sering Menambah Kata “teh” dan “mah” saat Berbicara

Kebiasaan orang Sunda yang berikutnya yaitu sering menambahkan imbuhan akhir ketika berbicara, contohnya ”Saya teh dari Sukabumi”, “Kumaha atuh mah?”.

Uniknya, meskipun terdapat penambahan kata tetapi tidak ada perubahan arti dari kalimat yang diucapkan. Kebiasaan menambahkan imbuhan akhir “teh” dan “mah” bahkan tetap diucapkan sampai saat ini.

5. Orang Sunda Suka Lalapan dan Sambal

Ciri khas Orang Sunda ketika makan yaitu mayoritas selalu butuh sambal atau lalapan. Rasanya tidak puas jika makan tidak didampingi oleh dua hal tadi. Restoran Sunda misalnya selalu menyuguhkan para pengunjung dengan menu andalan sambal beserta lalapannya.

Menu Kuliner Khas Sunda yang cukup terkenal yaitu Nasi liwet, empal daging, tempe, tahu, ikan gurame goreng, ikan asin, sayur asem, dan lalapan. Lalapan dan Sambal khas Sunda pun cukup simpel hanya bermodalkan sayuran mentah yang dipotong-potong serta sambal matah yang diulek kasar.

6. Orang Sunda Doyan Jengkol dan Petai

Ciri khas yang satu ini tak luput dari pandangan orang sunda sejagat raya. Sepertinya tak ada orang sunda yang tak suka dengan dua santapan ini. Nasi, jengkol, sambal dan lalapan menjadi menu sederhana paling mantap bagi Orang Sunda.

Meskipun menimbulkan bau tidak sedap, kedua santapan ini selalu ramai dibeli oleh kebanyakan orang sunda. Orang Sunda makan Jengkol atau Petai dalam bentuk apapun, baik masih mentah maupun olahan menu lauk pendamping nasi.

7. Akronim Buatan Orang Sunda Mudah Diingat

Selain cara berbicara dan cara makannya, orang sunda juga terkenal dengan ciri khas nya yang gemar membuat akronim. Maklum, biar mudah diingat katanya!

Baca Juga: Tatarucingan: Ini 30 Tebak-tebakan Bahasa Sunda yang Sangat Menghibur

Akronim adalah kependekan kalimat berupa gabungan huruf, suku kata atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar.

Apa saja sih akronim buatan orang sunda yang membekas di ingatan? Contoh akronim orang sunda yang terkenal yaitu Cilok: Aci Dicolok, Cireng: Aci Digoreng, Cinlok: Cinta Lokasi dan Combro: Oncom Dijero.

Kadang akronim tersebut terdengar aneh bagi sebagian orang, tapi siapa sangka kebiasaan orang Sunda ini justru sukses membuat viral jajanan kuliner Sunda.

Writer: Nida Salma M

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih24 April 2024, 20:25 WIB

5 Bakal Calon Bupati Sukabumi Resmi Mendaftar ke PKB

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Bayu Permana mengatakan selama proses penjaringan sejak dibuka hingga saat ini sudah ada 5 kandidat yang mendaftar untuk maju Pilkada Sukabumi melalui PKB.
Ketua Desk Pilkada PKB Bayu Permana saat menerima penyerahan berkas pendaftaran dari salah satu kandidat | Foto : Ist
Sehat24 April 2024, 20:22 WIB

2 Penyebab Sakit Punggung Pada Ibu Hamil, Simak Juga Cara Diagnosisnya Berikut Ini

Nyeri punggung bawah dan nyeri panggul adalah masalah paling umum yang terjadi selama kehamilan. jika Anda sedang hamil dan mengalami gejala-gejala ini, Anda tidak sendirian.
Ilustrasi penyebab sakit punggung ibu hamil. (Sumber : pexels.com/@Helena Lopes)
Arena24 April 2024, 20:17 WIB

10 Atlet Madrasah di Surade Terpilih Wakili Sukabumi ke Popwilda Jabar 2024

Sepuluh pelajar MAN 3 Sukabumi terpilih menjadi atlet yang mewakili Kabupaten Sukabumi pada Popwilda Jabar 2024. Berikut daftar namanya
Atlet bola voli putri MAN 3 Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:00 WIB

Usir Rasa Sakitnya Jauh-Jauh! 5 Rahasia Sederhana untuk Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi

Mengantisipasi asam urat yang sering kambuh, Anda bisa mencoba tips sehat untuk mengurangi frekuensi serangannya.
Ilustrasi minum air putih - Mengantisipasi asam urat yang sering kambuh, Anda bisa mencoba tips sehat untuk mengurangi frekuensi serangannya. | (Sumber : Freepik.com)