TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Alami Depresi Setelah Kena PHK? Simak 6 Cara yang Harus Anda Lakukan

Pemutusan hubungan kerja bisa berefek negatif kesehatan mental dan dari waktu ke waktu menumpuk dan membuat kesehatan fisik yang lebih buruk.

Penulis
Kamis 24 Nov 2022, 12:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini banyak sekali perusahaan dunia termasuk di Indonesia yang telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap para karyawannya. Selain meningkatkan jumlah pengangguran, efek dari PHK bisa membuat kesehatan mental mantan karyawannya menjadi terganggu.


Pemutusan hubungan kerja bisa berefek negatif kesehatan mental dan dari waktu ke waktu menumpuk dan bermanifestasi menjadi kesehatan fisik yang lebih buruk. Misalnya, kesehatan fisik mungkin bukan hanya dipengaruhi oleh perubahan standar hidup, tetapi juga meningkatkan kerusakan kesehatan dan penurunan perilaku promosi kesehatan. 


Berbanding Lurus Kondisi Mental


Menurut Goldsmith dalam Journal of Economic Psychology, kehilangan pekerjaan memiliki pengaruh langsung kepada keadaan mental seseorang. "Bahwa dalam berbagai literatur psikologi, telah diteliti bahwa setelah kehilangan pekerjaan muncul gejala rendahnya kepuasan kerja, depresi, harga diri rendah, ketidakbahagiaan, dan bahkan bunuh diri.


Dihimpun dari Tempo.co yang mengutip laman choosingtherapy, terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika depresi pasca PHK, 



Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x