Alami Depresi Setelah Kena PHK? Simak 6 Cara yang Harus Anda Lakukan

Kamis 24 November 2022, 12:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini banyak sekali perusahaan dunia termasuk di Indonesia yang telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap para karyawannya. Selain meningkatkan jumlah pengangguran, efek dari PHK bisa membuat kesehatan mental mantan karyawannya menjadi terganggu.


Pemutusan hubungan kerja bisa berefek negatif kesehatan mental dan dari waktu ke waktu menumpuk dan bermanifestasi menjadi kesehatan fisik yang lebih buruk. Misalnya, kesehatan fisik mungkin bukan hanya dipengaruhi oleh perubahan standar hidup, tetapi juga meningkatkan kerusakan kesehatan dan penurunan perilaku promosi kesehatan. 


Berbanding Lurus Kondisi Mental


Menurut Goldsmith dalam Journal of Economic Psychology, kehilangan pekerjaan memiliki pengaruh langsung kepada keadaan mental seseorang. "Bahwa dalam berbagai literatur psikologi, telah diteliti bahwa setelah kehilangan pekerjaan muncul gejala rendahnya kepuasan kerja, depresi, harga diri rendah, ketidakbahagiaan, dan bahkan bunuh diri.


Dihimpun dari Tempo.co yang mengutip laman choosingtherapy, terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika depresi pasca PHK, 


1. Izinkan Diri Anda Merasakan Perasaan Anda


Biarkan diri Anda mengalami berbagai emosi seputar kehilangan pekerjaan Anda. Kehilangan pekerjaan dapat menyebabkan banyak perasaan yang berbeda, seperti kekhawatiran bahwa Anda mungkin tidak menemukan posisi lain dalam waktu dekat yang sesuai dengan keahlian dan kemampuan Anda, perasaan malu atau malu, dan banyak lagi. Menerima perasaan Anda adalah langkah pertama yang penting untuk meningkatkan kesehatan mental Anda. 


2. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri


Terkadang wajar bagi seseorang untuk mempertanyakan apakah sesuatu yang mereka katakan atau lakukan dapat menyebabkan hilangnya pekerjaan, namun penting untuk dicatat bahwa ada banyak aspek yang dapat menyebabkan Anda kehilangan pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan Anda.


3. Mencari Dukungan Sosial 

Anda mungkin merasa tidak nyaman dan malu untuk meminta tolong, namun Anda bisa bercerita dengan seseorang yang Anda percayai. Dukungan sosial mungkin dapat membantu Anda memikirkan berbagai hal dari perspektif yang berbeda. 

4. Melakukan Hal yang Anda Sukai 


Lakukan aktivitas yang Anda suka dan bermakna untuk hidup Anda. Menjaga diri Anda aktif dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda dan memungkinkan Anda untuk fokus pada hal-hal yang Anda nikmati dalam hidup. 


5. Melakukan Relaksasi 


Beberapa teknik relaksasi yang bisa Anda coba diantaranya adalah bernapas dalam - dalam, meditasi, relaksasi otot, dan branding tecniques. 


6. Fokus Pada Apa yang Dapat Anda Kontrol


Fokuslah pada apa yang bisa Anda kendalikan, mungkin memperbarui surat lamaran dan resume Anda. Melacak posisi yang telah Anda lamar dan hasilnya, mempersiapkan wawancara , mengatur referensi Anda. 


Lalu membangun jaringan dengan para profesional di bidang yang sama, mengikuti kelas online untuk meningkatkan keterampilan Anda. Atau mungkin memulai usaha bisnis baru yang selalu ingin Anda lakukan, dan hal lain yang dapat Anda pikirkan dapat membantu membangun bisnis Anda setelah kena PHK.


Sumber: Tempo.co (Melinda Kusuma Ningrum)


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Ikbal Juliansyah


Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi01 Maret 2024, 22:20 WIB

Santri Tewas di Toilet Pesantren Sukaraja Sukabumi, Diduga Tersengat Listrik

Berikut kronologi seorang santri di Sukaraja Sukabumi ditemukan meninggal dunia di toilet pesantren. Diduga penyebab kematian korban akibat tersengat listrik.
TKP toilet pesantren tempat ditemukan seorang santri di Sukaraja Sukabumi ditemukan meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat01 Maret 2024, 21:20 WIB

Mengenal Gejala Serta Penyebab Kecemasan yang Dapat Menyerang Anak

Kecemasan bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja, namun anak-anak juga dapat mengalaminya dengan gejala serta penyebab yang dapat dideteksi.
Ilustrasi mengenal gejala serta penyebab kecemasan yang dapat menyerang anak. (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Bola01 Maret 2024, 21:00 WIB

Tandang ke Markas RANS Nusantara FC, Pelatih Persib Bandung Tetap Waspada

Pelatih Persib Bandung mewaspadai kekuatan RANS Nusantara FC saat kedua tim bentrok di pekan ke-27 Liga 1 Minggu 3 Maret mendatang
Pelatih Persib Bandung mewaspadai kekuatan RANS Nusantara FC saat kedua tim bentrok di pekan ke-27 Liga 1 Minggu 3 Maret mendatang (Sumber : Persib.co.id)
Nasional01 Maret 2024, 20:55 WIB

Demo di Gedung DPR RI, Ini 3 Poin Tuntutan Aliansi Masyarakat untuk Perubahan

jumlah aksi unjuk rasa digelar hari ini beberapa tempat. Salah satunya dilakukan oleh Aliansi Masyarakat untuk Perubahan menggelar aksi penyampaian pendapat di depan gedung DPR, Jalan Gatot Subroto Jakarta, Jumat (1/3/2024).
Aliansi masyarakat untuk perubahan menggelar aksi unjuk rasa di DPR RI, Jumat (1/2/2024) | Foto : Ist
Aplikasi01 Maret 2024, 20:10 WIB

Mudah dan Cepat: Cara Mengunduh Video dengan Y2Mate.band dalam Sekejap

Dengan Y2Mate, mengunduh video YouTube dan berbagai platform lainnya menjadi lebih mudah dan cepat dari sebelumnya.
Y2Mate, platform daring yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh video dari berbagai situs web, terutama dari YouTube. (Sumber : Istimewa)
Internasional01 Maret 2024, 20:05 WIB

Thailand Bakal Kembali Larang Ganja untuk Rekreasi usai 2 Tahun Dibolehkan

Mulai akhir tahun 2024, Thailand bakal kembali melarang penggunaan ganja untuk rekreasi setelah dua tahun dibolehkan.
Ilustrasi tanaman ganja. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel01 Maret 2024, 20:00 WIB

Weekend Camping di Buper Sukamantri Nikmati Dinginya Kaki Gunung Salak

Buper Sukamantri di Kaki Gunung Salak bisa dijadikan lokasi camping ceria saat libur akhir pekan
Buper Sukamantri di Kaki Gunung Salak bisa dijadikan lokasi camping ceria saat libur akhir pekan (Sumber : Instagram/bumiperkemahansukamantri_tnghs)
Aplikasi01 Maret 2024, 19:15 WIB

Ikuti Tes Cake Resume Quiz dan Cek Julukan “Si Paling” Ketika Menjadi Karyawan

Cek tipe kue anda dan dapatkan julukan “Si Paling” ketika menjadi karyawan berdasarkan hasil dari Cake Resume Quiz What Cake R U.
Tipe-Tipe Kue Ketika Menjadi Karyawan Berdasarkan Hasil Kue di Cake Resume Quiz. (Sumber : Instagram/@cakeresume.id)
Kecantikan01 Maret 2024, 19:00 WIB

8 Penyebab Munculnya Kantung Mata, Tidak Hanya Kurang Tidur

Berikut ini beberapa penyebab munculnya kantung mata selain dari kurang tidur
Ilustrasi - 8 Penyebab Munculnya Kantung Mata, Tidak Hanya Kurang Tidur (Sumber : Freepik/@stockking)
Sehat01 Maret 2024, 18:46 WIB

8 Jenis Gangguan Kecemasan Pada Anak, Berikut Penjelasannya

Kecemasan pada anak memiliki berbagai jenis, diantaranya ialah OCD, gangguan kecemasan umum, hingga trauma.
Ilustrasi seorang anak merasa takut berinteraksi sosial karena mengalami gangguan kecemasan. (Sumber : Freepik)