Ramai MUI Pertimbangkan PUBG Haram, Ini 6 Game yang Mirip

Selasa 26 Maret 2019, 22:20 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu game bergenre Battle Royale, PUBG, sedang ramai diperbincangkan. Pasalnya game besutan developer Tencent Games itu sedang dipertimbangkan haram halalnya oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Permainan itu menuai kontroversi, setelah disebut mirip dengan aksi pelaku penembakan masjid di Christchurch, Selandia Baru, dua pekan lalu. Namun, bukan hanya PUBG saja yang tipe permainannya dengan saling tembak.

Ada Peluang MUI Pusat Keluarkan Fatwa Haram Main PUBG

Ada beberapa game yang serupa PUBG, berikut game tersebut:

1. Free Fire

Free Fire merupakan game buatan developer Garena yang bergenre Battle Royale dengan grafis paling rendah, sehingga Game tersebut bisa dimainkan di smartphone. Cara bermainnya hampir sama dengan PUBG Mobile, yang berbeda hanya bentuk map dan karakternya, serta jumlah pemain yang berjumlah 50.

Dalam Google Play Store, game tersebut sudah diunduh lebih dari 100 juta kali. Jumlah tersebut cukup banyak, karena Free Fire baru dua tahun dirilis, pada November 2017. Permainan berdurasi 10 menit itu baru saja melakukan pembaruan pada 21 Maret 2019.

2. Rules of Survival

Selain Free Fire, ada game bergenre Battle Royal lain, Rules of Survival. Game yang dibuat oleh developer bernama NetEase Games pasti sudah dikenal oleh para penggemar PUBG yang ingin bermain di smartphone. Sebelum PUBG Mobile dirilis, game ini cukup dikenal sebagai game Battle Royale Android.

Bahkan Rules of Survival beberapa kali dikompetisikan di Jakarta. Sama seperti PUBG, game ini meminta pemainnya bertahan di antara 120-300 pemain. Dalam Google Play Store, game sudah diunduh lebih 10 juta kali, Rules of Survival pertama diluncurkan pada November 2017.

3. Knives Out

Knives Out dikembangkan oleh pengembang yang sama dengan Rules Of Survival yakni NetEase Games. Seperti game Battle Royale lainnya, Knives Out mengharuskan pemainnya untuk bertahan hidup dari 100 pemain lainnya.

Yang berbeda adalah, di game ini terdapat pesawat nirawak (drone), yang memungkinkan pemain untuk memata-matai musuh. Knives Out sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dalam Google Play Store dan hanya membutuhkan kapasitas memori 29 MB.

4. Creative Destruction

Creative Destruction merupakan game Battle Royale yang cocok untuk penyuka karakter kartun. Game mirip seperti Fortnite, tapi lebih simpel. Jika dalam game PUBG Mobile pemain bisa diam di satu tempat, Creative Destruction tidak mengizinkannya.

Karena, jika diam di satu tempat, akan ada serangan yang berbeda seperti badai salju misalnya. Untuk memainkan game ini, pemain butuh kapasitas memori kira-kira 850 MB. Game ini juga sudah diunduh lebih dari 10 juta kali melalui Google Play Store, dan dirilis sejak Juni 2018.

5. Hopeless Land

Game ini dikembangkan oleh developer bernama HERO Game. Secara konsep, Hopeless Land sama seperti PUBG Mobile dan game battle royale lainnya, yaitu bertahan sampai menyisakan 1 pemain terbaik. Pemain harus bisa bertahan dari 120 pemain lainnya untuk menjadi pemenang. Dalam Google Play Store, game sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna.

6. Survivor Royale

Selain Rules of Survival dan Knives Out, developer NetEase Games juga mengeluarkan game battle royale Survivor Royale. Yang paling membedakan dari game lain, Survivor Royale dilengkapi dengan mode Global Arena.

Mode ini akan membagi pemain ke dalam grup 50 vs 50. Namun pemenang adalah yang bisa bertahan dari 100 orang lainnya. Game ini baru diunduh lebih dari 5 juta kali dalam Google Play Store.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)