Investasi Rp 20 Triliun, Deretan Proyek Swasta di IKN: Hotel hingga Rumah Sakit

Sabtu 23 September 2023, 17:11 WIB
Presiden Jokowi saat melakukan peletakan groundbreaking Hotel Vasanta di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (23/9/2023). | Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr

Presiden Jokowi saat melakukan peletakan groundbreaking Hotel Vasanta di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (23/9/2023). | Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungannya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pada hari ketiga ini, Jokowi kembali melaksanakan peletakan batu pertama di kawasan IKN.

“Setiap bulan harus ada groundbreaking berikutnya dan saya akan datang ke sini setiap bulan, dan jadwalnya memang sudah ada di Kepala Otorita (IKN),” ucap Jokowi dalam keterangannya, Sabtu, 23 September 2023.

Mengutip tempo.co, sedikitnya terdapat 10 investor dalam negeri yang menggelontorkan investasi sebesar Rp 20 triliun untuk membangun beragam fasilitas publik di IKN. Sebanyak 10 investor itu adalah Agung Sedayu Group, Salim Group, Sinar Mas, Pulauintan, Adaro Group, Barito Pacific, Mulia Group, Astra Group, Kawan Lama Group, dan Alfamart Group.

Baca Juga: Topeng Cepetan Ciracap dan Cerita Mendaratnya Penduduk Kajoran di Tanah Sukabumi

Berikut deretan proyek swasta yang mulai dibangun di IKN:

Hotel Nusantara

Pada hari pertama kunjungannya, Kamis, 21 September 2023, Jokowi melakukan groundbreaking pembangunan Hotel Nusantara. Hotel berbintang lima itu didanai oleh perusahaan dalam negeri Agung Sedayu Group.

Saat meresmikan pembangunan Hotel Nusantara, Jokowi pun mengucapkan terima kasih pada Sugianto Kusuma atau Aguan, pendiri Agung Sedayu Group. Jokowi meyakini pembangunan hotel tersebut bisa meningkatkan kepercayaan dan minat para investor lain, dari dalam maupun luar negeri, untuk berinvestasi di IKN.

Dalam presentasi Rencana Kerja dan Anggaran Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN) Tahun Anggaran 2023, terdapat beberapa taipan yang menjadi anggota konsorsium Agung Sedayu Grup. Antara lain Sugianto Kusuma (Agung Sedayu Grup), Anthony Salim (Salim Grup), Franky Wijaya (Sinarmas Group), Pui Sudarto (Pulau Intan), dan Budi Hartono (Grup Djarum).

Rumah Sakit Abdi Waluyo

Jokowi melakukan groundbreaking Rumah Sakit Abdi Waluyo di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Jumat, 22 September 2023. Ini merupakan rumah sakit pertama yang dibangun di kawasan IKN. Jokowi mengungkapkan investasi untuk rumah sakit tersebut sebesar Rp 2 triliun.

Pemilik rumah sakit ini adalah Sutrisno Tono Subagyo. Sebanyak 91 persen saham Rumah Sakit Abdi Waluyo dimiliki oleh PT Bhakti Husada. Rumah Sakit Abdi Waluyo mengajukan investasi di IKN sejak Juni lalu.

Jokowi mengungkapkan, rumah sakit tersebut akan memiliki sekitar 400 kamar perawatan dan melayani perawatan subspesialis. Dia berharap kehadiran RS Abdi Waluyo di IKN dapat menjadi sebuah daya tarik bagi masyarakat tidak hanya di kawasan IKN, tapi juga masyarakat dari seluruh Indonesia dan luar negeri.

Hotel Vasanta

Hari ini, Jokowi kembali melakukan groundbreaking Hotel di kawasan IKN. Kali ini adalah Hotel Vasanta di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Namun Jokowi tak merinci siapa investor pembangunan hotel tersebut. Melalui keterangannya, Jokowi hanya mengatakan pembangunan di IKN dilakukan oleh pemerintah tetapi dunia usaha.

Dengan adanya peletakan batu pertama ini, Jokowi berharap akan menjadi motor percepatan pembangunan IKN. Presiden juga menuturkan akan makin banyak fasilitas dan infrastruktur yang dibangun di IKN, baik hotel, rumah sakit, universitas, hingga taman safari.

"Kami bicara untuk taman safari dan lain-lain akan segera dimulai di Ibu Kota Nusantara,” ujar Jokowi.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life09 Mei 2024, 14:45 WIB

Mengenal dan Memahami Arti Dari Kekerasan Virtual Di Dunia Anak-Anak

kekerasan virtual merupakan sebuah agresi yang dilakukan anak melalui TV, video game, hingga media sosial. Hal ini perlu menjadi kekhawatiran orang tua agar bisa mengawasi anak dengan baik
Ilustrasi mengenal kekerasan virtual pada dunia anak (Sumber : pexels.com/@TimaMiroshnichenko)
Sehat09 Mei 2024, 14:30 WIB

Selalu Dianggap Sepele! Padahal 5 Makanan Ini Kaya Purin dan Penyebab Asam Urat

Pelajari makanan apa yang harus dihindari dan apa yang harus dimakan untuk mencegah kambuhnya penyakit asam urat.
Pelajari makanan apa yang harus dihindari dan apa yang harus dimakan untuk mencegah kambuhnya penyakit asam urat. (Sumber : Instagram/@jeroan.jagoan)
Life09 Mei 2024, 14:15 WIB

9 Cara Menghadapi Anak yang Keras Kepala, Salah Satunya Jangan Pernah Berdebat

Anak yang keras kepala kemungkinan merupakan kepribadian bawaan. Namun jangan khawatir ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk menghadapi anak yang kerasa kepala
Ilustrasi menghadapi anak keras kepala (Sumber : pexels.com/@KetutSubiyanto)
Sukabumi09 Mei 2024, 14:07 WIB

Mesin Mati, Mobil Colt Keluarkan Asap dan Kebakaran di Parungkuda Sukabumi

Api dapat dipadamkan dengan bantuan satu unit mobil pemadam kebakaran.
Mobil colt yang kebakaran di Jalan Raya Siliwangi, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Kamis (9/5/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Keuangan09 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Mengelola Keuangan Agar Tidak Berhutang Pinjaman Online

Semakin tahu tentang cara mengelola uang dengan baik, semakin baik Anda dapat menghindari jebakan pinjaman online.
Ilustrasi. Menabung | Tips Mengelola Keuangan Agar Tidak Berhutang Pinjaman Online. Foto : Pixabay.com
Life09 Mei 2024, 13:45 WIB

10 Tips untuk Orang Tua Mengembangkan Kebiasaan Anak di Era Digital

Sebagian orang tua merasa kecanggihan teknologi bisa membawa pengaruh buruk pada anak. Padahal, kecanggihan teknologi tidak bisa dihindari bahkan gadget bisa bermanfaat untuk anak
Ilustrasi mengembangkan kebiasaan anak di era digital (Sumber : pexels.com/@AndreaPiacquadio)
Sukabumi09 Mei 2024, 13:42 WIB

Mak Enih Mengungsi, Rumahnya di Jampangkulon Sukabumi Ambruk Akibat Lapuk

Dading menjelaskan saat rumahnya ambruk Mak Enih sedang beres-beres.
Mak Enih (65 tahun) dan kondisi rumahnya yang ambruk di Kampung Cibiting Nguluwung RT 16/05 Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life09 Mei 2024, 13:30 WIB

10 Tips Tidur Siang Bagi Penderita Asam Urat, Jangan Lama-lama Ya!

Memperhatikan tips-tips tidur siang di atas dapat membantu penderita asam urat menikmati tidur siang dengan lebih nyaman dan mengurangi risiko serangan asam urat yang disebabkan oleh kebiasaan tidur siang yang tidak tepat.
Ilustrasi - Tips Tidur Siang Bagi Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Inspirasi09 Mei 2024, 13:15 WIB

Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka! Simak Formasi dan Cara Mendaftarnya

Seleksi pendaftaran CPNS 2024 akan segera dibuka sebentar lagi.
(Foto Ilustrasi) Seleksi pendaftaran CPNS 2024 akan segera dibuka sebentar lagi. | Foto: Istimewa
Life09 Mei 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Laki-laki yang Tidak Pantas Dinikahi, Punya Sifat Malas dan Pelit!

Pria yang memiliki rasa malas dan tidak bertanggung jawab akan membuat calon istrinya menderita secara fisik dan mental. Oleh sebab itu, pemalas termasuk tipe pria yang tidak pantas dinikahi.
Ilustrasi. Pemarah. Ciri Laki-laki yang Tidak Pantas Dinikahi. (Sumber : Freepik/@freepik)