Perhatikan 6 Bahan Ini Sebelum Membeli Produk Skincare untuk Mengatasi Jerawat

Kamis 21 April 2022, 10:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mencari produk untuk mengatasi jerawat tentu saja tidak boleh asal-alasan. Kamu sangat wajib mengetahui kandungan dalam produk skincare tersebut. Karena jika tidak mengetahuinya, bisa saja jerawatmu akan semakin banyak dan akan merusak wajah.

photoIlustrasi Jerawat - (Freepik)</span

Seperti dirangkum oleh suara.com dari lama Boldsky, berikut ini adalah enam bahan aktif yang dapat mengatasi masalah jerawat pada kulit wajah kamu.

Baca Juga :

1. Retinol

Retinol turunan vitamin A adalah sejenis retinoid. Fungsinya adalah menghilangkan sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel yang sehat. 

Dengan kemampuan tersebut, retinol dapat mengurangi komedo dan jerawat membandel serta memperbaiki tekstur dan warna kulit Anda.

Butuh waktu bagi retinoid untuk bekerja dan menunjukkan hasilnya, yakni antara 4-6 pekan atau lebih dari itu.

Sebagai catatan, retinol harus selalu dioleskan pada kulit yang kering. Mengaplikasikannya pada kulit basah dapat menyebabkan iritasi atau memperparah kondisi tersebut.

2. Asam Salisilat

Asam salisilat adalah asam beta-hidroksi (BHA) yang digunakan untuk eksfoliasi kulit. Bahan ini akan membuka pori-pori, lalu mengurangi ukuran dan jumlah komedo serta membantu menghilangkan minyak berlebih dan mencegah pembentukan jerawat baru.

BHA bisa terkandung dalam produk pembersih, pelembap, dan lainnya. Periksa label untuk petunjuk penggunaan. Anda bisa melihat hasilnya dalam 1-2 minggu pemakaian.

3. Benzoil Peroksida

Benzoyl peroxide mengurangi bakteri penyebab jerawat yang hidup di kulit dengan menghambat pertumbuhannya. Bahan aktif ini umumnya ditemukan dalam pembersih yang harus digunakan 1-2 kali dalam sehari.

Jika Anda ingin melihat hasil dari perawatan wajah dengan produk yang mengandung bahan aktif, dibutuhkan sekitar setidaknya dua minggu.

4. Asam Alfa-Hidroksi (AHA)

Selain mengangkat sel kulit mati, AHA juga mencegah penumpukan sebum dan bakteri. Ada berbagai AHA, seperti asam laktat, asam malonat, dan asam glikolat. Gunakan pada konsentrasi rendah dalam produk pembersih yang dipakai sekali sehari.

AHA bekerja cukup cepat. Anda dapat melihat perubahan pada kulit setelah penggunaan dalam waktu seminggu atau bahkan kurang dari itu.

5. Tea Tree Oil

Selain sifat anti-inflamasi dan antibakteri, tea tree oil juga dapat membantu mengobati jerawat. Hanya saja, penelitian yang mendukung perawatan ini masih relatif sedikit. 

Selain itu, minyak jenis ini sebaiknya tidak dioleskan langsung ke kulit karena dapat menyebabkan ruam.

Hasil dari perawatan kulit menggunakan tea tree oil bisa dilihat setelah empat minggu, tapi bisa jauh lebih dari lama, bahkan mungkin hingga 12 minggu.

6. Sulfur

Selain mengurangi komedo, bahan aktif ini membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Belerang juga dapat mengurangi kemerahan pada kulit dan ukuran jerawat.

Sulfur biasanya terkandung dalam produk kecantikan seperti pembersih dan masker. Hasilnya relatif cepat terlihat, bahkan dalam hitungan hari.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Minim Lulusan SMA, Disdik Ungkap Kondisi Pendidikan di Tempat Tinggal Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Perwakilan Disdik Kabupaten Sukabumi ungkap kondisi pendidikan di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 19:30 WIB

Sehat dan Bebas dari Kolesterol Tinggi: 5 Latihan Fisik yang Harus Anda Lakukan

Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana.
Ilustrasi - Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana. (Sumber : Freepik.com).