SCG Raih CSR Sustainability Award 2021 dari Pemprov Jabar

Senin 27 Desember 2021, 14:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - SCG melalui PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi memperoleh penghargaan khusus (Special Award) untuk program CSR kategori Sustainability pada kegiatan Forum CSR Jawa Barat. Selain itu diraih juga penghargaan dari Pemda Kabupaten Sukabumi atas dukungan terhadap penanggulangan COVID-19 

PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, berhasil memperoleh penghargaan CSR Sustainability Award dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) dalam CSR Award yang diselenggarakan oleh BAPPEDA Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga :

Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada acara forum CSR di Ballroom Hotel Pullman Grand Central Bandung, Kamis (23/12/2021). Penghargaan ini diberikan atas kontribusi SCG dalam mendukung program pemerintah untuk pembangunan masyarakat yang berkelanjutan melalui program-program CSR Tahun 2021. Perusahaan juga menerima penghargaan dari Pemda Sukabumi yang diberikan secara langsung oleh Bupati Sukabumi atas peran perusahaan dalam mendukung penanggulangan COVID-19. 

Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi Somchai Dumrongsil mengungkapkan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Jawa Barat maupun Kabupaten Sukabumi merupakan sebuah prestasi sekaligus motivasi bagi perusahaan untuk dapat terus tumbuh bersama masyarakat dan menciptakan keberlanjutan bukan hanya bagi perusahaan tapi juga masyarakat melalui beragam program pemberdayaan. 

"Penghargaan ini tidak mungkin kami peroleh tanpa kolaborasi yang baik dan dukungan penuh dari masyarakat maupun pemerintah tingkat daerah dan desa," ujar Somchai.

photoPresiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi Somchai Dumrongsil. - (Istimewa)</span

PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi juga memperoleh penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi atas perannya dalam mendukung penanggulangan COVID-19 melalui program SCG #PeduliBersama dan gerakan 100% ODF melalui pembangunan toilet di Kabupaten Sukabumi. Penghargaan diberikan Bupati Sukabumi Marwan Hamami,pada peringatan Hari Ibu di Hotel Pangrango Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/12/2021).

“Kontribusi PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi ini akan terus dilanjutkan dengan ditandatanganinya MoU mengenai Program Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2022 yang mengedepankan prinsip pembangunan berkelanjutan melalui bidang ekonomi produktif, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, keagamaan, serta budaya,” kata Somchai. 

photoPT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi juga memperoleh penghargaan dari Pemda (Pemerintah Daerah) Kabupaten Sukabumi atas perannya dalam mendukung penanggulangan COVID-19 melalui program SCG #PeduliBersama dan gerakan 100% ODF melalui pembangunan toilet di Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)</span

Ridwan Kamil mengatakan, Pemprov Jabar memberi penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang komitmennya luar biasa dalam memajukan Jawa Barat melalui CSR.  Pada kegiatan tersebut, Ridwan Kamil Juga mendorong agar perusahaan dapat menjalankan program CSR yang tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Hal ini sejalan dengan berbagai program CSR yang dilakukan oleh PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi pada tahun 2021 di mana penyusunan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat dilakukan dengan melibatkan masyarakat dan pemerintah desa melalui Musyawarah Pembangunan Desa (Musrembangdes). Sehingga program yang dibuat  dapat sesuai dengan kebutuhan masyarakat di lima desa sekitar perusahaan serta turut mendukung pemerintah dalam mencapai tujuan.

Kolaborasi ini juga dilakukan dengan dinas terkait dalam hal monitoring dan pembinaan. Dalam Forum CSR Jabar 2021.

Sekretaris Daerah Jawa Barat  Setiawan Wangsaatmaja,  mengatakan bahwa kolaborasi pendanaan dalam pembangunan ini merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembangunan. 

Sebanyak 71 program CSR  telah dijalankan oleh PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi pada tahun 2021 ini dengan prinsip berkelanjutan. Salah satu diantaranya menargetkan generasi milenial yang tinggal di sekitar wilayah pabrik Semen SCG yang beroperasi seperti Kelompok Lumbung berkah yang berhasil melibatkan para pemuda di Desa Sukamaju untuk mendapatkan penghasilan melalui budidaya lele serta Kelompok Tani Hutan Jamur Milenial Harapan Maju dalam budidaya jamur.

Ketua KTH jamur kayu Harapan Maju Desa Wangunreja, Kabupaten Sukabumi Hamdani, mengungkapkan bahwa Program yang digagas oleh SCG dan pemerintah terkait telah membawa perubahan besar baginya dan para pemuda di Desa Wangunreja. 

Program tersebut juga dapat mewujudkan mimpi dan mengembangkan passion dalam bertani hingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi pemuda-pemuda Desa Wanghunreja.

Kepala Desa Sukamaju Aas Suganda mengungkapkan bahwa program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang digagas oleh SCG dengan berkolaborasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi dapat meminimalisir angka pengangguran di wilayah Desa Sukamaju. "Karena dengan adanya budidaya ikan lele dapat menjadi penghasilan tambahan bagi pemuda di desa kami," kata Aas.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Inspirasi24 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya!

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syarat Daftarnya!
Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya! (Sumber : Istimewa)
Life24 April 2024, 09:21 WIB

Tetapkan Aturan yang Sehat, Ini 7 Tips untuk Mendisiplinkan Anak yang Depresi

Depresi tidak hanya menimpa orang dewasa, namun anak-anak juga dapat mengalaminya karena beberapa hal. Namun, terapkan hal-hal berikut untuk mendisiplinkan anak yang depresi.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Freepik
Sukabumi24 April 2024, 09:10 WIB

LW Doa Bangsa dan BJB Syariah Palabuhanratu Sukabumi Kolaborasi Majukan Perwakafan

Pertemuan ini membahas rencana nota kesepahaman dan kerja sama.
Pertemuan LW Doa Bangsa dan BJB Syariah di kantor BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 09:00 WIB

Buah Nangka: Nutrisi dan 6 Manfaat Kesehatannya yang Luar Biasa

Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.
Ilustrasi - Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.  (Sumber : Freepik)
Sehat24 April 2024, 08:00 WIB

7 Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Sebelum menggunakan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Sambiloto. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh (Sumber : Instagram/@dyahksi)
Life24 April 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai

Ternyata Ini Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Banyak Teman. Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. (Sumber : Pexels/DivaPlavalaguna)
Food & Travel24 April 2024, 06:00 WIB

Cuma 8 Langkah, Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah

Ternyata Gampang, Cuma 8 Langkah! Begini Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah
Ilustrasi. Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah. Foto: Instagram/sitiakbari33024
Science24 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 April 2024, Siang Hari Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah di SMPN 1 Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)