Selusin Gempa yang Menggoyang Bandung, Ada Sumber Misterius

Sabtu 27 Juni 2020, 04:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sepanjang tahun ini sudah terjadi setidaknya 12 kali gempa yang menggoyang wilayah Bandung, Jawa Barat--atau 15 kali sejak 2019. Dilansir tempo.co, gempa yang terbaru adalah yang direkam Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG terjadi pada Jumat malam, 26 Juni 2020.

Gempa-gempa itu datang silih berganti dengan kekuatan berada di kisaran 3 hingga 5 dalam skala Magnitudo, atau yang lebih lemah lagi. Meski begitu beberapa ada yang bersumber dari sesar di darat dengan kedalaman yang tergolong sangat dangkal.

Sebagian besar dari 12 kejadian gempa sepanjang tahun ini berasal dari gempa 5 Februari 2020. Saat itu BMKG menghitung hingga sembilan kali gempa dalam 39 menit dengan sumber misterius alias belum pernah terdeteksi sebelumnya, antara zona Sesar Cimandiri dan Sesar Garsela alias Garut Selatan.

Berikut ini peristiwa gempa-gempa tersebut sepanjang tahun ini beserta keterangan sumber dan penyebabnya,

6 Januari

Gempa tektonik bermagnitudo 5,0 mengguncang dari bawah laut, sekitar 121 kilometer arah barat daya Kota Garut. Saat itu goyangan gempa akibat aktivitas subduksi atau penunjaman lempeng Indo-Australia ke lempeng Eurasia tersebut terasa hingga sebagian wilayah Kabupaten Bandung.  

5 Februari

Gempa tektonik yang menggoyang Pangalengan dan sekitarnya di Kabupaten Bandung seluruhnya sembilan kali dalam 39 menit. Keterangan dari BMKG menyebut sumbernya sangat dangkal, hanya dari kedalaman tiga kilometer, dari sesar yang belum diketahui namanya di antara zona Sesar Cimandiri dan Sesar Garsela alias Garut Selatan. Lokasi tepatnya sekitar lima kilometer arah tenggara Danau (Situ) Cileunca Pengalengan. 

Gempa pertama  terjadi Pukul 08.31 WIB berkekuatan 2,9 Magnitudo. Selanjutnya pukul 08.39 (M=2,8), kemudian 08.45 (M=2,1). Ketiga gempa itu dinyatakan BMKG sebagai gempa pembuka. Sedang gempa utamanya pukul 8.47.05 WIB dengan kekuatan 3,5 M. Setelah itu ada lima gempa lagi atau susulan dengan kekuatan yang naik turun. Pukul 08.49.12 dan 08.54.27 WIB sama berkekuatan 2,4 Magnitudo, pukul 08.56.37 WIB (M=2,8) pukul 08.56.44 WIB (M=2,3), lalu pukul 09.10.44 WIB (M=1,6).

12 Juni

Disebut berada 91 kilometer barat daya Kabupaten Bandung, gempa tektonik berkekuatan 3,4 Magnitudo itu berasal dari wilayah Garut Selatan. Sumbernya di laut selatan Jawa atau Samudera Indonesia dengan kedalaman 25 kilometer. Penyebabnya, aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia. 

26 Juni

Gempa tektonik 3,5 Magnitudo mengguncang sebagian wilayah Kabupaten Bandung hingga Garut. Sumbernya di darat, kedalaman hanya lima kilometer, sekitar 17 kilometer arah tenggara Kabupaten Bandung. Gempa disebabkan aktivitas sesar lokal wilayah setempat. Beruntung, berdasarkan catatan BMKG, guncangan dirasa lemah saja. Getaran gempa itu terukur III Skala MMI di wilayah Tarogong, Bayongbong, dan Samarang di Kabupaten Garut, serta Majalaya  Kabupaten Bandung.

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:33 WIB

Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

Masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Selalu Positif, Ini 6 Bahaya Terlalu Percaya Diri yang Harus Diketahui

Percaya diri merupakan mentalitas yang baik bagi seseorang. Tetapi, terlalu percaya diri juga tidak baik, mengingat terdapat berbahaya di balik itu semua.
Ilustrasi. Bahaya terlalu percaya diri. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Life03 Mei 2024, 11:15 WIB

5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Meskipun selalu berbeda pendapat, namun Anda berdua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencintai dan membimbing anak dengan kemampuan terbaik Anda.
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:04 WIB

Apresiasi Timnas di Piala Asia U-23, DPRD Sukabumi: Harapan Tembus Olimpiade Masih Ada

Anak asuh Shin Tae-yong memiliki peluang terakhir untuk lolos Olimpiade Paris 2024.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi
Inspirasi03 Mei 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 untuk Penempatan Wilayah Ancol

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 di Perusahaan Makanan untuk Penempatan Wilayah Ancol, Jakarta.
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Teknisi Jaringan Minimal Lulusan SMK. (Sumber : Freepik.com)
Life03 Mei 2024, 10:30 WIB

10 Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur!

Yuk Praktekkan Sederet Cara Hidup Tenang Ini Meskipun Kamu Sedang Menghadapi Banyak Masalah dan Cobaan, Jangan Lupa Bersyukur Ya!
Ilustrasi. Cara Hidup Tenang Meski Banyak Masalah dan Cobaan. (Sumber : Pexels/thnhphng)
Life03 Mei 2024, 10:20 WIB

Bantu Kelola Kecemasan, Ini 4 Manfaat Mendisiplinkan Anak yang Patut Diketahui

Bagaimana disiplin mengajarkan anak-anak untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab, berikut manfaat mendisiplinkan anak.
Ilustrasi manfaat mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Pixabay
Life03 Mei 2024, 10:03 WIB

Jangan Diterapkan, 3 Alasan Orang Tua Mendisiplinkan Anak dengan Memukul

Memukul adalah salah satu bentuk disiplin paling kontroversial yang dapat diterapkan oleh orang tua karena beberapa alasan.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Romina Ordenez