Plt Bupati Cianjur Bantah Ajukan PSBB

Jumat 17 April 2020, 05:55 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, membantah telah mengajukan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Kabupaten Cianjur.

Hal ini disampaikan Herman menanggapi pernyataan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Jawa Barat, Berli Hamdani, yang menyebutkan Pemkab Cianjur dan Pemkot Sukabumi hendak mengajukan PSBB ke Pemprov Jabar. Pernyataan Berli tersebut disampaikan dalam telekonferensi pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (16/4/2020).

BACA JUGA: PSBB untuk Bandung Raya Diajukan, Emil: Jika Disetujui, Akan Dimulai Rabu

"Kami belum pernah mengajukan PSBB karena Kabupaten Cianjur masih berstatus zona hijau, jadi belum dianggap layak," ujar Herman kepada wartawan, Jumat (17/4/2020).

Namun, Herman sendiri mendukung jika PSBB diterapkan secara serentak di Jawa Barat. Hal tersebut untuk menghindari pemutusan pandemi Covid-19 secara parsial.

"Status Kabupaten Cianjur masih zona hijau, tapi secara geografis terjepit di tengah-tengah daerah yang sudah zona merah seperti Bogor dan Bandung," kata Herman.

BACA JUGA: Polwan Cianjur Buka Dapur Umum, Bagikan Nasi Kotak ke Perkampungan

Herman mengaku mengambil hikmah dari pernyataan bahwa Cianjur akan mengajukan PSBB tersebut. "Mengajukan sih kami tidak pernah, tapi kalau memang demi keselamatan warga kami mendukung jika diberlakukan PSBB secara serentak se-Jawa Barat," imbuh Herman.

Herman merasa bersyukur hingga saat ini kondisi Cianjur masih dalam status zona hijau. "Secara geografis, alam Cianjur sangat membantu menekan angka wabah Covid-19," tutur dia.

BACA JUGA: PSBB Bogor, Kendaraan Plat Luar Daerah yang Masuk Cianjur Berkurang

Sementara itu, mengenai minimnya kepedulian warga menggunakan masker, Herman pun mengakui. Makanya, kata dia, pihaknya terus mengimbau warga supaya taat menggunakan masker jika keluar rumah.

"Kami juga terus membagikan masker gratis kepada warga. Saat ini kami sedang memesan kembali masker sebanyak 70 ribu pcs untuk dibagikan," tandas Herman.

BACA JUGA: Perbatasan Cianjur Dijaga Petugas yang Tak Dibekali SOP Pencegahan Covid-19

Di sisi lain, jumlah pemudik yang kembali ke Cianjur sudah mencapai 21 ribu orang. Angka tersebut diperoleh dari hasil pendataan di setiap desa dan kecamatan.

"Jumlah pemudik hingga saat ini sudah mencapai 21 ribu orang. Petugas di lapangan terus melakukan pengawasan," pungkas Herman.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Kecantikan18 Mei 2024, 10:30 WIB

7 Kesalahan Memakai Parfum yang Bikin Aroma Wangi Cepat Hilang, Yuk Hindari!

Jarang orang ketahui sebenarnya dalam memakai parfum ada cara tertentu agar tahan lama dan tidak salah dalam pemakaian.
Ilustrasi - Kesalahan memakai parfum yang harus diperhatikan banyak orang. (Sumber : Pexels.com/cottonbro studio).
Sukabumi18 Mei 2024, 10:23 WIB

Minta Dikirim Uang, Fakta Hilangnya Gadis Sukabumi Setelah Pamit Kerja ke Bogor

Nurlela dijemput seorang laki-laki menggunakan sepeda motor.
Foto Nurlela (21 tahun). Nurlela adalah warga Desa Sindangraja, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Bola18 Mei 2024, 10:00 WIB

Prediksi Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series

Hari ini Persib Bandung akan menjamu Bali United dalam laga Leg 2 Semifinal Championship Series.
Hari ini Persib Bandung akan menjamu Bali United dalam laga Leg 2 Semifinal Championship Series. (Sumber : x/@BaliUnited/@persib).
Sehat18 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Minuman Alami dan Sehat untuk Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Memasukkan lima minuman ini ke dalam rutinitas harian Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung.
Ilustrasi Teh Kembang Sepatu - Memasukkan lima minuman ini ke dalam rutinitas harian Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung. | (Sumber : Freepik.com/@ azerbaijan_stockers)
Sehat18 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres dan Cemas

Salah satu manfaat daun pegagan yaitu sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif.
Ilustrasi. Manfaat daun pegagan ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah terkait daya ingat dan gangguan kognitif. (Sumber : Instagram/@rimaummurayna)
Sukabumi18 Mei 2024, 07:36 WIB

Dikenal Kampung Anti Speaker, Upaya Forkopimcam Kalibunder Sukabumi Pasca Anak Bunuh Ibu

Forkopimcam Kalibunder Sukabumi menggelar rapat koordinasi bahas masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung.
Forkopimcam Kalibunder Sukabumi rakor soal masalah pendidikan dan sosial budaya di lingkungan tempat tinggal Rahmat pembunuh ibu kandung (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life18 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya, Bersikap Bijaksana

Meskipun anak yang memiliki sifat-sifat dewasa bisa menjadi keuntungan, penting bagi mereka untuk tetap mendapatkan dukungan yang tepat agar tidak merasa terbebani oleh tanggung jawab yang berlebihan terlalu cepat.
Ilustrasi. Kenali Ciri Anak Sudah Dewasa Sebelum Waktunya. (Sumber : Pixabay/GerdAltmann)
Sehat18 Mei 2024, 06:00 WIB

Simpel, Cara Membuat Infused Water Kayu Manis untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kayu manis dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol "jahat") dan trigliserida dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Kayu Manis (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stock)
Science18 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Mei 2024, Sukabumi Potensi Hujan Ringan di Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)