Resmi Dilantik, DPC IKA Undip Bogor Siap Kolaborasi Bangun Daerah

Minggu 25 Februari 2024, 17:05 WIB
Pengurus DPC Bogor IKA Undip 2024-2029 bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Umum IKA Undip Abdul Kadir Karding, dan Ketua DPD IKA Undip Jabar Eko Prasetyo Utomo. (Sumber : Istimewa)

Pengurus DPC Bogor IKA Undip 2024-2029 bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Umum IKA Undip Abdul Kadir Karding, dan Ketua DPD IKA Undip Jabar Eko Prasetyo Utomo. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Para alumni Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang berada di Bogor, Sukabumi, Cianjur, dan Depok resmi membentuk Ikatan Alumni (IKA) DPC Bogor. Keberadaan para alumni ini siap bersinergi dan berkontribusi dalam pembangunan di daerah.

Hal ini diawali dengan pelantikan pengurus DPC Bogor IKA Undip 2024-2029 di Hotel Salak the Heritage, Bogor, Minggu (25/2/2024). Istimewanya momen tersebut dihadiri Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Umum IKA Undip Abdul Kadir Karding, dan Ketua DPD IKA Undip Jabar Eko Prasetyo Utomo.

“Menjadi bagian dalam sejarah Ika Undip Bogor karena dibentuk pada masa kepemimpinan,” ujar Wali Kota Bogor, Bima Arya dalam rilis yang diterima sukabumiupdate.com.

Menurut Bima, kehadiran IKA Undip ini merupakan bagian dari kecintaan pada almamater dan pengabdian.

Bima berharap, roda organisasi dapat berjalan baik dengan meracik kekeluargaan dan target yang lain. Namun yang paling atas kekeluargaaan dan persahabatan.

“Harapannya Ika Undip bisa berkolaborasi dengan Pemkot Bogor. Misalnya dalam kampanye Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (GERTAK PSN) karena kasusnya naik di Bogor,” ujar Bima.

Di sisi lain dalam pelantikan DPC IKA Undip Bogor di Hotel Salak Bogor telah berkumpul lebih dari 155 orang alumni Universitas Diponegoro Semarang yang berdomisili di wilayah Bogor dan sekitarnya. Dalam kesempatan tersebut terbentuk secara resmi DPC IKA Undip Bogor sebagai wadah silaturahmi bagi alumni Universitas Diponegoro yang berdomisili di wilayah Bogor, Depok, Sukabumi, dan Cianjur.

Pengurus DPC IKA UNDIP Bogor telah dilantik dengan kepengurusan sebagai berikut: Ketua Wishnu Edhie (Fakultas Teknik 1986), Wakil Ketua Setyo Prabowo (Fakultas Peternakan 1995) dan dibantu oleh jajaran pengurus lainnya.

Dalam jajaran Penasehat terdiri dari Ketua Dedy Saiful Hadi, Amb (Fakultas Ekonomi 1974), Wakil Ketua Budi Arief (Fakultas Teknik 1982), dan untuk anggota yaitu Tribangun Laksono (Fisip 1982), Ellen Prisca (Fisip 1982), Agus Prihanto (Fakultas Teknik 1982) dan Agung Ardhanari (Fakultas Hukum 1984).

Proses pelantikan tersebut dihadiri Jajaran Pengurus DPP IKA Undip, Pengurus DPD IKA Undip Jawa Barat dan juga Pengurus DPC IKA Undip se- Jawa Barat. Ketua Umum IKA UNDIP Abdul Kadir Karding mengapresiasi terbentuknya DPC IKA Undip Bogor.

“Saya berharap dengan terbentuknya DPC Ika Undip Bogor dapat sebagai wadah silaturahmi sesama alumni diwilayah Bogor dan sekitarnya,” ujar Ketua Umum IKA Undip Abdul Kadir Karding.

Menurut Karding, alumni Undip harus saling bersinergi, saling mendukung dan saling membantu satu dengan lainnya.

Selain itu alumni Undip saat ini menurutnya banyak yang berperan dalam berbagai bidang seperti di lembaga Pemerintahan, lembaga legislatif dan yudikatif, BUMN, Perusahaan swasta dan juga banyak yang menjadi Pengusaha, dan banyak yang berprofesi sebagai Profesional di bidangnya masing-masing.

Karding berharap alumni Undip dapat terus berperan serta membangun bangsa dan begara untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara yang maju. DPC IKA Undip Bogor diharapkan dapat bersinergi dengan DPP IKA Undip dalam membina hubungan dengan Universitas Diponegoro dalam upaya untuk menunjang pencapaian tujuan Universitas Diponegoro.

“Melaksanakan hal ihwal kealumnian sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Universitas Diponegoro, masyarakat, bangsa, dan negara, serta hak asasi manusia,” kata Karding.

Berikutnya, lanjut Karding, yaitu melaksanakan penguatan peran alumni di seluruh bidang kehidupan berbangsa dan bernegara.

Terakhir, melaksanakan sinergitas alumni dengan lembaga-lembaga pemerintahan dan non pemerintahan demi terciptanya peran strategis alumni di masyarakat. Dan turut mendukung terciptanya kemajuan almamater dan kesejahteraan alumni.

Terpisah, Ketua DPC IKA Undip Bogor yang baru dilantik, Wishnu Edhie, berharap banyak energi dan pikiran dalam kepengurusan IKA Undip.

“Berkontribusi dan bersinergi membangun daerah sebagai bakti alumni,” jelasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).