15 Tahun Jalan Provinsi Rusak, Massa Gruduk Dinas Bina Marga Jabar di Sukabumi

Senin 02 Oktober 2023, 19:02 WIB
Ratusan massa mendatangi kantor Binamarga Provinsi Jawa Barat di Jl Bhayangkara Sukabumi | Foto : Asep Awaludin

Ratusan massa mendatangi kantor Binamarga Provinsi Jawa Barat di Jl Bhayangkara Sukabumi | Foto : Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Aksi unjuk rasa dilakukan oleh ratusan massa aksi yang tergabung dalam Paguyuban Jampang Tandang Makalangan, Sapu Jagat dan sejumlah elemen masyarakat lainnya di depan kantor Wilayah Pelayanan II Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Jalan Bhayangkara, Kota Sukabumi. Senin (2/10/2023).

Diketahui, aksi unjuk rasa itu merupakan buntut dari adanya jalan rusak yang tak kunjung diperbaiki sepama 15 tahun. Hal itu disampaikan oleh Yudi selaku Ketua Sapu Jagat Wilayah Pajampangan, menurutnya demo dilakukn di dua titik yang berbeda, pertama di jalan rusak dan ke dua di kantor UPTD Bina Marga Wilayah II.

"Kita mengarahkan teman-teman aksi damai, menyebarkan pamflet, tapi Wallahu A'lam kondisi di lapangan kita nggak tahu. Yang jelas mereka menyuarakan keresahan yang sama yaitu jalan rusak yang tak kunjung diperbaiki," ujar Yudi kepada sukabumiupdate.com, Senin (2/10/2023).

Baca Juga: Apresiasi dan Harapan Dispar Soal Aksi Bebersih Pantai Loji Sukabumi

Menurutnya, Corona dijadikan sebagai alasan tak kunjung diperbaikinya jalan tersebut merupakan hal yang tidak realistis. Pasalnya ia mengaku menggunakan jalan itu sebelum adanya corona.

"(Perbaikan) jalan itu jangan beralasan corona. Kami hilir mudik pakai jalan itu sebelum ada corona. Jalan dari Kiara Dua sampai Pangleseran hancur putus-hancur putus," kata dia.

Terlebih, jalan tersebut sudah rusak selama 15 tahun dan tak kunjung diperbaiki. Kemudian ia juga mengatakan jika tidak diperbaiki secara permanen, maka pihaknya akan melakukan aksi unjuk rasa dengan mengerahkan masa yang lebih besar.

Baca Juga: Usia Capres Cawapres Digugat: Maksimal 65 Tahun-Dibatasi Dua Kali Mencalonkan

“Di tahun 2023 katanya diprioritaskan. Pada akhirnya sesuai UU di 2024, kita tuntut agar perbaikan secara permanen. Kalau tidak terealisasi maka kami akan aksi turun lebih besar,” tegas dia.

Sementara itu, Kepala UPTD Bina Marga Wilayah II Jabar, Adi Nugroho mengatakan, jalan rusak di daerah Pajampangan itu akan diprioritaskan pada Tahun Anggaran (TA) 2024-2025 mendatang.

"Kalau kita di tahun prioritas 2024-2025, itu kita perhatikan dengan pekerjaan-pekerjaan yang rutin tapi untuk penuntasannya nanti di 2024. Tahun sebelumnya pemeliharaan rutin, 2024 rencananya rekonstruksi," ucap Adi.

Baca Juga: Pantai Loji Sukabumi Disebut Kotor, Ini 5 Dampak Pencemaran Air Laut Akibat Sampah

Kendati demikian, ia mengaku ada kendala yang dihadapi dalam melakukan proses perbaikan jalan tersebut. Menurutnya di ruas jalan yang rusak itu sudah habis masa layanannya.

"Kendalanya jalan itu habis masa layanannya, harus dilakukan rekonstruksi jalan, tidak bisa hanya berkala. Nah selama kita ada COVID-19, kemarin dapat anggaran masih sedikit tapi kita akan tuntaskan di tahun 2024-2025," kata dia.

Menurut Adi, ada sebagian jalan yang terlihat dari kondisi di lapangan diperlukan pengecoran beton dan ada juga perbaikan dengan pondasi hotmix.

Baca Juga: Ancaman Karhutla di Sukabumi Tinggi, Ketua Komisi II Minta Semua Waspada

"Tahun depan perbaikan seluruh ruas itu kita tangani kecuali yang sudah ditangani tahun sekarang itu ada 6 kilometer, 12 kilometer tahun depan," pungkasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel24 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Membuat Rebusan Daun Pepaya, Simpel dan Kaya Manfaat Kesehatan!

Daun pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ilustrasi. Daun Pepaya yang Kaya Manfaat Kesehatan (Sumber : Pixabay/HartonoSubagio)
Science24 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Rabu 24 Juli 2024.
Ilustrasi. Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juli 2024, Langit Cenderung Berawan dan Cerah Berawan. | Foto: SU/Dede
Sukabumi23 Juli 2024, 22:49 WIB

Polisi Soal Kapal dan Dugaan Pencemaran di Laut Pantai Batu Panganten Sukabumi

Berikut kata Polisi terkait adanya dua kapal yang melintas di perairan Ciracap sehari sebelum air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi diduga tercemar BBM Solar.
Kondisi air laut Pantai Batu Panganten Sukabumi yang diduga tercemar BBM Solar. (Sumber : Istimewa)
Nasional23 Juli 2024, 22:07 WIB

Antusias Ikut Jatim Media Summit 2024, Lebih 100 Peserta Sudah Daftarkan Diri

Terhitung 36 jam jelang pelaksanaan puncak JMS 2024 pada Kamis pagi, 25 Juli, tercatat sudah lebih dari 100 calon peserta mendaftarkan diri.
Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi23 Juli 2024, 21:01 WIB

Dinkes Sukabumi Siap Tindak Tegas Pelaku Pembuangan Limbah Medis di Parungkuda

Dinkes Kabupaten Sukabumi buka suara terkait temuan limbah medis berupa tabung sampel darah di jalanan Parungkuda.
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat23 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Keajaiban Telur Rebus: Tingkatkan Kesehatan dari Dalam ke Luar

Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.
Ilustrasi. Secara keseluruhan, telur rebus merupakan pilihan makanan yang aman, lezat, dan bergizi.  (Sumber : Freepik/@timolina)
Bola23 Juli 2024, 20:00 WIB

Lawan Persis Solo Menjadi Penentu Persib Bandung ke Semifinal Piala Presiden 2024

Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal.
Pada laga pamungkas, Persib akan menghadapi Persis Solo di Stadion Si Jalak Harupat pada Kamis (25 Juli 2024). Persib harus meraih kemenangan untuk lolos ke semifinal. (Sumber : X@persib).
Sukabumi23 Juli 2024, 19:42 WIB

Netralitas ASN Kota Sukabumi Jelang Pilkada Disorot Mahasiswa, Ini Kata Kusmana

Mahasiswa HMI unjuk rasa terkait isu netralitas ASN Pemkot Sukabumi jelang Pilkada 2024.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat menemui massa unjuk rasa dari mahasiswa HMI, Selasa (23/7/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Internasional23 Juli 2024, 19:32 WIB

Mengenal Kimberly Cheatle, Wanita Hebat Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat

Kimberly Cheatle adalah seorang petugas penegak hukum yang telah menjabat sebagai direktur ke-27 Secret Service atau Dinas Rahasia Amerika Serikat
Kimberly Cheatle: Direktur Dinas Rahasia Amerika Serikat | Foto : kob.com
Gadget23 Juli 2024, 19:30 WIB

Xiaomi MIX Fold 4: HP Lipat yang Ringan dan Tipis dengan Kamera Periskop

Xiaomi Mix Fold 4 adalah pilihan menarik bagi konsumen yang mencari ponsel lipat tipis dan ringan dengan fitur-fitur unggulan.
Xiaomi Mix Fold 4 adalah pilihan menarik bagi konsumen yang mencari ponsel lipat tipis dan ringan dengan fitur-fitur unggulan. (Sumber : mi.com).