9 Rekomendasi Destinasi Wisata Jawa Barat yang Cocok Dikunjungi di Musim Panas

Selasa 30 Mei 2023, 02:48 WIB
9 Rekomendasi Destinasi Wisata Jawa Barat yang Cocok Dikunjungi di Musim Panas | Foto : Ist

9 Rekomendasi Destinasi Wisata Jawa Barat yang Cocok Dikunjungi di Musim Panas | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Jawa Barat menjadi daerah yang memiliki Destinasi wisata alam yang kerap direkomendasikan oleh para pelancong dari luar daerah bahkan luar negeri. Magnet wisata Jawa Barat tak hanya menyajikan wisata kota, melainkan wisata alam juga kerap menjadi pertimbangan paling populer.

Apalagi saat cuaca libur dimusim panas, wisatawan yang tidak ingin bertarung dengan kemacetan lebih memilih wisata lokal dengan suguhan alam yang menyejukkan. Berikut inilah destinasi wisata alam di Jawa Barat yang cocok dikunjungi terutama saat Musim Panas.

1. Kampung Cai Ranca Upas Bandung Jawa Barat

Destinasi wisata alam Ranca Upas menjadi salah satu tempat camping yang sedang digemari oleh anak muda penikmat alam. Pasalnya, berwisata di alam terbuka kini sedang naik daun. Ranca Upas pun menjadi pilihan terbaik karena keindahan alamnya dan relatif memiliki harga murah.

Wahana pertama yang mungkin bisa updaters nikmati adalah kawasan smart camp ranca upas advanture. Dimana, kawasan ini adalah areal camping yang mampu menampung 10.000 orang. Camping ditempat ini begitu menyenangkan. Tetapi, jangan lupa akan perbekalan, karena suhu disini begitu dingin.

Ranca Upas Bandung Jawa Barat juga dikenal sebagai tempat penangkaran rusa. Ada cerita menarik tentang rusa-rusa ini. Dimana, rusa ini termasuk rusa yang pemalu. Jika, melihat pengunjung mereka akan pergi. Tetapi, di antara para petugas yang ada, hanya ada satu orang juru kunci yang mampu memanggil rusa-rusa ini untuk makan.

Kampung Cai Ranca Upas berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang kilometer 11 Kabupaten Bandung Jawa Barat. Jarak yang harus ditempuh untuk tiba di Ranca Upas sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Bandung. Meskipun relatif jauh, tetapi pengunjung akan disajikan pemandangan hamparan hijau nan indah ditambah sejuknya udara di sana. Selain itu, kini Ranca Upas juga menyewakan jasa pembuatan foto prewedding.

Kampung Ranca Upas BandungKampung Cai Ranca Upas Bandung Jawa Barat | Foto : Ist

2. Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat

Salah satu Destinasi wisata alam ini mungkin tidak asing lagi bagi sebagian orang. Kawah Putih Ciwidey terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Destinasi wisata alam ini memiliki daya tarik sangat unik, yaitu adanya danau berwarna putih kehijauan yang sangat indah.

Warna danau ini berasal dari endapan belerang yang bercampur dengan air danau. Selain itu, pemandangan alam sekitar kawah yang hijau dan segar membuat tempat ini semakin menarik.

Mengutip laman ciwideyoutbound.com harga tiket Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat yang berlaku dari tanggal 21 bulan April - 1 Mei 2023 adalah Rp.30.000 sampai Rp.81.000 per orang. Harga tiket Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat yang 30K per orang untuk wisatawan lokal dan Harga Tiket Kawah Putih yang 81K per orang untuk wisatawan Mancanegara. Dan Harga itu belum termasuk ongkos angkutan PP ontang-anting ke pusat Kawah sebesar 29K/orang.

Kawah Putih Ciwidey BandungKawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat | Foto : Ist

3. Kebun Raya Cibodas Cianjur Jawa Barat

Destinasi wisata alam Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu kawasan konservasi ilmiah yang berada di Cianjur Jawa Barat, Kebun Raya Cibodas kini genap berusia 171 tahun dengan koleksi sebanyak 1.981 spesies tanaman dari 11.958 spesimen.

Ribuan koleksi yang dimiliki oleh Kebun Raya Cibodas ini menegaskan bahwa Kebun Raya Cibodas memiliki peran dan kontribusi yang sangat penting bagi perjalanan sejarah konservasi dan penelitian di Indonesia.

Ketika berkunjung, kamu akan menemukan beberapa spot menarik untuk berfoto-foto, mulai dari Rumah Kaca, Taman Sakura, Taman Lumut, Air Terjun Cibeureum, Danau Besar Cibodas, atau tempat diskusi santai di padang rumput yang luas. Hampir. Hampir setiap akhir pekan, kebun raya ini ramai pengunjung dari berbagai daerah.

Jika kamu juga tertarik untuk berkunjung, Kebun Raya Cibodas bisa kamu temukan tepat di Jl. Kebun Raya Cibodas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tempat wisata ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 18.00.

Kebun Raya Cibodas Cianjur | Foto : IstKebun Raya Cibodas Cianjur Jawa Barat | Foto : Ist

4. Taman Bunga Nusantara Cianjur Jawa Barat

Destinasi wisata alam Taman Bunga Nusantara sesuai dengan namanya objek wisata Cianjur Jawa Barat yang satu ini menyuguhkan pemandangan taman bunga yang indah. Taman seluas 23 hektare ini memiliki berbagai spesies bunga, antara lain mawar, dahlia, sepatu, dan marigold.

Taman Bunga Nusantara sendiri sudah berdiri sejak 1995 yang berawal dari terpilihnya Ibu Dani Bustanil Arifin sebagai ketua Yayasan Bunga Nusantara pada 1992. Dibangunnya taman bunga ini dengan tujuan agar dapat menjadi area agrowisata. Proses pembangunan taman memakan waktu sekitar 3 tahun, hingga akhirnya diresmikan dan dibuka untuk umum.

Menariknya, objek wisata ini tidak hanya menyuguhkan taman bunga yang cantik, namun juga menghadirkan taman labirin dan taman khusus yang didesain mirip dari berbagai negara. Misalnya, ada Taman Jepang, Taman Angsa, Taman Amerika hingga Taman Air Dinosaurus.

Bahkan, kamu juga bisa menemukan taman lokal seperti Taman Bali di sini. Taman Bunga Nusantara juga sudah dilengkapi dengan fasilitas food court, gazebo, garden tram, danau angsa, dan rumah kaca, lho.

Hingga saat ini, Taman Bunga Nusantara Cianjur Jawa Barat tidak pernah sepi pengunjung. Buat kamu yang penasaran dengan keindahan objek wisata Cianjur yang satu ini, kamu bisa berkunjung ke Taman Bunga Nusantara tepat di Jalan Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk Kecamatan Sukaresmi – Cianjur, Jawa Barat.

Taman bunga nusantara Cianjur | Foto : IstTaman Bunga Nusantara Cianjur Jawa Barat | Foto : Ist

5. Talaga Bodas Garut Jawa Barat

Destinasi wisata alam lainnya yang juga indah dan instagramble adalah Talaga Bodas Garut Jawa Barat yang memiliki luas sekitar 23 hektar. Berlokasi di Desa Sukahurip, Pangatikan, Garut, Jawa Barat, diketahui berada di ketinggian 1.512 mdpl.

Selain menikmati keindahan Talaga Bodas, pengunjung bisa piknik, mandi di kolam air panas, trekking, dan hiking di kawasan wisata.

Tempat wisata ini bisa dikunjungi mulai dari 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Tarif masuknya bervariasi tergantung hari biasa atau libur, mulai dari Rp 5.000 hingga 15.000.

Talaga Bodas Garut | Foto : IstTalaga Bodas Garut Jawa Barat | Foto : Ist

6. Waduk Cipancuh Indramayu Jawa Barat

Destinasi wisata alam Bendungan Cipancuh yang berfungsi untuk irigasi ternyata mempunyai daya tarik lebih. Pengunjung bisa bersantai di pinggir waduk sambil memandang hamparan air. Berasa di dekat tepian persawahan, semakin memberikan panorama tersendiri.

Paling cocok kunjungan ke sini di waktu sore sembari menikmati matahari terbenam, apalagi jika datangnya dengan sang kekasih, dunia berasa milik berdua. Para pengunjung dapat merasakan sensasi menginap dengan latar belakang alam lepas ditambah kicauan burung yang masih nyaring terdengar.

Ditambah pula, dengan udara sejuk dan bebas polusi, trekking di area pegunungan hutan pinus Maribaya menjadi pilihan cocok bagi pengunjung yang hobi jalan dan menginginkan liburan sehat di daerah Bandung.

Waduk Cipancuh Indramayu Jawa BaratWaduk Cipancuh Indramayu Jawa Barat | Foto : Ist

7. Taman Wisata Gunung Pancar Bogor Jawa Barat

Destinasi wisata alam untuk Anda yang ingin merasakan piknik di tengah alam, tak ada salahnya mengunjungi hutan pinus di kawasan Taman Wisata Gunung Pancar Bogor Jawa Barat.

Tempat wisata di Bogor ini merupakan bumi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Selain untuk berkemah, pemandangannya yang cantik juga sering diburu untuk selfie kekinian atau foto pre-wedding.

Tarif: Rp5.000,00 (weekdays), Rp7.500,00 (weekend)

Taman Wisata Gunung Pancar | Foto : IstTaman Wisata Gunung Pancar Bogor Jawa Barat | Foto : Ist

8. Kebun Teh Ciater Subang Jawa Barat

Destinasi wisata alam Kebun Teh di Subang Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Subang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota subang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Kebun Teh di Subang Jawa Barat ini. Obyek Wisata Kebun Teh di Subang Jawa Barat merupakan obyek wisata yang terkenal di subang jawa barat, Obyek Wisata Kebun Teh di Subang Jawa Barat dapat ditemui di sebagian besar jalan disana.

Kebun teh ini terletak di jalur Subang-Bandung. Tidak sulit menemukan kebun teh ini karena letaknya memang ada di pinggir jalan, jadi wisatawan juga bisa menikmati pemandangan kebun teh ini dari mobil atau kendaraan yang ditumpangi.

Konsep wisata ini adalah wisata teh fun edukasi dengan program antara lain tea walk fun games, tea break di air terjun, ice breaking, petik teh, kunjungan ke pabrik pengolahan teh (pabrik terbaik dengan system ortodoks), dan tea testing.merupakan salah perkebunan teh yang dikembangkan pada zaman penjajahan Belanda di Jawa Barat dan saat ini dikelola oleh PTPN VIII.

Wisatawan yang berkunjung ke Bandung sudah tidak asing dengan kebun teh ini karena dilewati ketika menuju ke Pemandian Air Panas Ciater. Pemandangan alam Kebun Teh Ciater cukup menarik dan indah karena berada di lereng Gunung Tangkuban Perahu dan perbukitan utara Bandung. Kebun Teh Ciater Subang Jawa Barat didirikan pada zaman Penjajahan Belanda tepatnya pada tahun 1934 dan mulai peroperasi pada tahun 1937.

Kebun Teh Ciater Subang | Foto : IstKebun Teh Ciater Subang Jawa Barat | Foto : Ist

9. Geopark Ciletuh Palabuhansartu Sukabumi Jawa Barat

Destinasi wisata alam yang ada di Jawa Barat terbilang cukup banyak salah satunya di Kabupaten Sukabumi. Salah satu kota yang ada di Jawa Barat yang kaya akan “gurilaps” (gunung, rimba, laut, pantai, dan sungai). Salah satu destinasi yang menarik yang wajib dikunjungi di daerah Kabupaten Sukabumi yaitu Geopark Ciletuh. Satu – satunya geopark di Jawa Barat sekaligus yang pertama dan yang ke tiga di Indonesia.

Kawasan geopark ini memiliki luas mencapai 126.100 hektar yang meliputi 8 kecamatan dan 74 desa. Pada tahun 2018, Geopark ini sudah diakui oleh UNISCO sebagai warisan dunia yang harus dirawat dan dijaga. Sebagai warisan dunia, geopark ciletuh mempunyai tempat – tempat pariwisata yang menarik untuk dikunjungi.

Terdapat banyak material bebatuan berwujud unik yang terbentuk dari hasil sedimentasi berbagai fosil, pepatahan, dan lempengan bumi yang berusia puluhan juta tahun. Terdapat 50 situs geologi yang patut dikunjungi jika ingin mempelajari tentang keaneragaman alam dan budaya.

Keunikan yang ada di Geopark dan menjadi primadona para wisatawan local maupun mancanegara adalah Puncak Darma, Amphitheater Bukit Penenjoan dan keindahan air terjun. Puncak Darma adalah salah satu dataran tertinggi di Kawasan Geopark Ciletuh. Bukit ini berada di ketinggian 230 mdpl di desa Girimukti Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. Bukit Panenjoan adalah bukit tempat dimana kita bisa melihat pemandangan hamparan sawah dikelilingi pepohonan hutan yang membentuk mega amfiteater. Lokasi tepatnya yaitu di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas.

Di kawasan ini terdapat beberapa lokasi air terjun. Setiap air terjun tersebut memiliki keindahan dan keunikan alam yang tersendiri. Beberapa air terjun itu antara lain Curug Cimarinjung, Curug Cikaso, Curug Luhur, Curug Sodong, Curug Awang, Curug Tengah, Curug Larangan, Curug Karet, Curug Puncak Manik, Curug Puncak Jeruk dan Curug Cikanteh.

Panorama pantai Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi | Foto : istPanorama pantai Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi Jawa Barat | Foto : ist

Sumber: berbagai sumber 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer