Jadi Pilihan Meski Macet, Kata Warga Sukabumi Soal Jembatan Sementara Cikereteg

Jumat 24 Maret 2023, 10:07 WIB
Suasana jembatan sementara Bailey di Cikereteg bagi kendaraan dari Sukabumi menuju Bogor atau sebaliknya pada Kamis, 23 Maret 2023. | Foto: Istimewa

Suasana jembatan sementara Bailey di Cikereteg bagi kendaraan dari Sukabumi menuju Bogor atau sebaliknya pada Kamis, 23 Maret 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Meski kerap terjadi antrean dan kini mengalami retakan, jembatan sementara Bailey di Cikereteg tetap menjadi pilihan bagi pengendara roda dua, termasuk warga Sukabumi yang harus bekerja ke Bogor. Jembatan ini menjadi penghubung Bogor-Sukabumi di tengah perbaikan jembatan utama yang amblas.

Panji Lesmana (34 tahun) harus menempuh perjalanan bekerja dari Cidahu, Kabupaten Sukabumi, menuju Ciawi, Kabupaten Bogor. Dia menilai jembatan Bailey lebih layak dilalui daripada jalur alternatif lainnya. Selama fungsional sambil menunggu perbaikan jembatan utama, Panji selalu memilih jembatan ini untuk berangkat dan pulang kerja.

"Ketimbang lewat alternatif (yang lain), lebih baik macet-macetan di jembatan sementara Bailey karena masih merasa lebih aman dan pasti ujung-ujungnya lewat juga. Tinggal mengatur kesabaran," kata dia kepada sukabumiupdate.com pada Kamis, 23 Maret 2023.

Baca Juga: Ada Retakan! Jembatan Sementara Cikereteg Bogor Ditutup untuk Mobil

Selain jembatan Bailey, Panji menyebut ada dua jalur alternatif yang dapat menjadi pilihan untuk menuju kantornya di Ciawi yakni lewat Rancamaya dan Veteran. Namun, kedua jalur ini ukuran jalannya cukup sempit. Diketahui, Panji biasanya berangkat bekerja menggunakan sepeda motor, tetapi sesekali pernah membawa mobil.

"Lewat Rancamaya hanya bisa untuk sepeda motor, sedangkan lewat Veteran hanya bisa satu mobil. Ditambah jalur Rancamaya ini cukup ekstrem. Sementara jalur Veteran yang bisa menggunakan mobil, risikonya kalau ada dua mobil berpapasan, suka macet," ujar dia.

Setiap melewati jembatan sementara Bailey saat pagi atau sore, Panji mengatakan selalu ada petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan yang mengatur lalu lintas, termasuk ketika dirinya melewati jembatan ini pada malam hari. "Bahkan saya pernah lewat sekira jam 9 malam, masih ada (petugas kepolisian) yang mengatur. Jadi pengendara tidak terlalu liar," katanya.

Diberitakan sebelumnya, jembatan sementara Bailey ditutup untuk kendaraan roda empat atau mobil sejak Rabu, 22 Maret 2023. Penyebabnya ada retakan pada aspal jalan di area longsor yang mengarah ke jembatan yang dibuka fungsional sejak Senin, 13 Maret 2023, tersebut.

Baca Juga: Longsor Cikereteg Sukabumi-Bogor Ungkap "Gonggo Burung" Peninggalan Belanda

Panji mengatakan sebelum jembatan sementara ini ditutup untuk mobil, nyaris tidak ada kendala teknis. Hanya kendala non-teknis seperti setiap kendaraan harus sabar bergiliran melintasi jembatan sementara Bailey. Namun sebelum ditutup untuk roda empat, sudah diterapkan jam khusus bagi mobil yang akan melintasi jembatan ini.

"Saat ini mobil sudah tidak bisa lewat situ (jembatan bailey), tapi harus lewat tol, makanya saya lebih baik menggunakan motor," kata dia.

Walaupun menggunakan sepeda motor, Panji tetap harus menyesuaikan waktu tempuh lantaran potensi antrean tetap ada. "Saya menyesuaikan karena harus nambah waktu sekitar 30 menit. Saya masuk kerja jam 08.00, jadi maksimal 06.30 harus sudah berangkat. Intinya berangkat lebih pagi. Kalau tidak, datang ke kantor telat," ujarnya.

Kendaraan roda empat yang biasanya lewat jembatan sementara Bailey, baik dari Sukabumi menuju Bogor atau sebaliknya, saat ini dialihkan ke Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola24 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming Persebaya vs Bali United: Serdadu Tridatu Siap Curi 3 Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Bali United berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : persebaya.id/istimewa).
Sukabumi24 April 2024, 14:13 WIB

150 Siswa Dapat Beasiswa Kuliah di Nusa Putra, Ikhtiar Bupati Sukabumi Tingkatkan SDM

Marwan Hamami mengajak para penerima program Beasiswa Bupati Sukabumi 2024 di Universitas Nusa Putra untuk berkontribusi terhadap peningkatan SDM.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan beasiswa bagi 150 siswa di Universitas Nusa Putra. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life24 April 2024, 14:00 WIB

Bebas Diabetes: 9 Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat

Jika Ingin Terbebas dari Diabetes, dan Mempraktekkan Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat, Sebelum membuat perubahan besar dalam pola makan atau gaya hidup Anda, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.
Ilustrasi. Cuka sari apel yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Cara Alami Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat Agar Terbebas dari Diabetes. Sumber : Freepik/@8photo
Life24 April 2024, 13:58 WIB

Simak 10 Cara Menanggapi Anak saat Tidak Patuh Agar Tidak Menantang

Dengan sedikit kesabaran dan strategi disiplin yang tepat, Anda dapat membimbing anak Anda tentang cara membuat pilihan yang tepat sekaligus mengurangi jumlah perilaku menantang yang mereka alami.
Ilustrasi menanggapi anak saat tidak patuh. | Foto: Pexels.com/@Gustavo Fring
DPRD Kab. Sukabumi24 April 2024, 13:30 WIB

DPRD Minta Pemerintah Tangani Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi

Longsor sudah dua kali di Curug Cimarinjung sehingga harus menjadi perhatian.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung, Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 13:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Makanan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat | Foto : Pixabay
Sehat24 April 2024, 13:15 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Solusi Alami dan Sehat!

Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.
Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat. (Sumber : Freepik.com).
Life24 April 2024, 13:12 WIB

Jadilah Teladan, Berikut 10 Strategi Peraturan di Rumah Agar Lebih Efektif bagi Anak

Meskipun setiap orang tua menerapkan peraturan yang berbeda-beda, namun sangat penting memiliki aturan rumah agar anak lebih disiplin dan tanggung jawab.
Ilustrasi menerapkan strategi peraturan rumah. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).