FOKUS, One Team BRA dan Perkumpulan Golf Bandung 1917 Bantu Korban Gempa Cianjur

Jumat 10 Februari 2023, 10:58 WIB
Bantuan paket sembako Gelombang III untuk warga yang terdampak gempa Cianjur pada 9 Februari 2023. | Foto: Istimewa

Bantuan paket sembako Gelombang III untuk warga yang terdampak gempa Cianjur pada 9 Februari 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa besar dengan kekuatan 5.6 Magnitudo yang terjadi pada 21 November 2022 lalu mengguncang beberapa wilayah di Cianjur masih meninggalkan banyak bekas. Kemudian gempa bumi susulan dengan kekuatan 4.4 Magnitudo mengakibatkan warga Cianjur benar-benar mengalami cobaan yang berat.

Pasca bencana, bantuan banyak mengalir dari seluruh Indonesia. Termasuk dari Komunitas gabungan yang terdiri dari Komunitas Golf One Team BRA, Perkumpulan Golf Bandung 1917 dan FOKUS (Forum Urang Sukabumi).

Sebelum memberikan bantuan, Komunitas gabungan tersebut pada tanggal 24 Desember 2022 terlebih dahulu melakukan kunjungan dan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Cianjur, untuk mengetahui lebih dalam dan menganalisa wilayah mana yang sampai saat ini masih mengalami kesulitan, terutama bantuan bahan pangan atau Sembako.

Pihak dari BPBD Cianjur kemudian mengonfirmasi bahwa betul masyarakat di beberapa Desa masih memerlukan bantuan bahan sembako. Dari tiga kecamatan yang diprioritaskan untuk dibantu bahan sembako, yaitu Kecamatan Warungkondang, Kecamatan Gekbrong dan Kecamatan Cugenang.

Baca Juga: BPBD Kota Sukabumi Mitigasi Bencana dengan Jemput Bola ke Kelurahan

Berdasarkan arahan dari BPBD Cianjur tersebut, tim quick response komunitas gabungan yang membawa bantuan dari para donatur diwakili oleh Amar Rasyad selaku Ketua Harian FOKUS dan Pendi R Effendri ketua Komisariat FOKUS Bandung Raya melakukan penyerahan sembako. Di mana pada gelombang I (pertama) terpusat di Desa Cikancana Kecamatan Gekbrong dan Gelombang II (kedua) terpusat di Desa Sukawangi Kecamatan Warungkondang.

Kepala Desa Cikancana Deden Syaeful Rohmat dan Kepala Desa Sukawangi Ahmad Dedi Suharyadi mendampingi secara langsung dalam pendistribusian paket sembako bersama tim quick response komunitas gabungan.

"Warga menyambut gembira bantuan tersebut karena memang betul pada awal-awal terjadinya gempa besar, banyak sekali bantuan dari berbagai pihak masuk ke desa Cikancana dan desa Sukawangi," ujar Kepala Desa Cikancana Deden Syaeful Rohmat

Namun setelah selang dua bulan, kata Deden, bantuan sudah mulai minim sehingga dengan bantuan ini pihaknya dapat sedikit bernafas lega.

"Hatur nuhun atas bantuan dari Komunitas One Team BRA, Perkumpulan Golf Bandung 1917 dan FOKUS yang sudah membantu desa kami,” kata Deden.

Baca Juga: Info Lowongan Kerja Sukabumi Lulusan SMA Sederajat, Yuk Lamar!

Sementara itu Kepala Desa Sukawangi Ahmad Dedi Suharyadi mengatakan, di desanya masih banyak terdapat masyarakat yang mengungsi. Ditambah dengan gempa susulan kemarin, masyarakat mengalami ketakutan.

"Alhamdulillah dengan adanya bantuan dari Komunitas One Team BRA, Perkumpulan Golf Bandung dan FOKUS bisa meringankan beban warga kami,” ucap Ahmad.

Gelombang III bantuan dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2023 di desa Sukaratu dan desa Bangbayang kecamatan Gekbrong. Bantuan diterima oleh kepala desa Sukaratu dan kepala desa Bangbayang.

"Bantuan Gelombang berikut nya akan kami adakan sekitar akhir Februari 2023," ujar Ketua Harian FOKUS, Amar Rasyad.

Menurut Amar, para kepala desa terdampak gempa di Cianjur berharap langkah dari komunitas ini kedepannya dapat menjadi motivasi kepada semua pihak agar terus membantu warga Cianjur sampai kondisi kembali pulih.

Untuk diketahui, FOKUS adalah organisasi nirlaba yang mempunyai misi mensejahterakan dan menjadikan putera- puteri Sukabumi sebagai ujung tombak agen perubahan di Sukabumi.

FOKUS berdiri sejak tahun 1988. Dan tahun 2022 telah terpilih Ketua Umum yang baru untuk periode 2022-2027 yaitu Ir Sirodzuddin, alumni Fakultas Pertanian UNPAD angkatan 1977. Organisasi FOKUS akan berkonsentrasi kepada bidang Sosial, Pendidikan dan Kesehatan.

(Advertorial)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 08:30 WIB

6 Sikap Orang Tua yang Cepat atau Lambat Akan Merusak Mental Anak

Menjadi orang tua memang berat dan tidak mudah, terlebih dalam mendidik anak. Karena sekali salah sikap kepada anak, pengaruhnya bisa merusak mental.
Ilustrasi. Sikap orang tua yang merusak mental anak. Sumber foto : Pexels/Jonathan Borba
Bola03 Mei 2024, 08:21 WIB

Kalah dari Irak, Begini Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Irak menyamakan kedudukan melalui tandukan Zahid Taahsen pada menit ke-27.
Pemain timnas Indonesia U-23 saat bertemu Irak pada laga perebutan tempat ketiga terbaik Piala Asia U-23 2024 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Kamis, 2 Mei 2024. | Foto: PSSI
Sehat03 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat. Aman Dikonsumsi!
Jeruk Lemon. Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/LisaFotios)
Life03 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang

Jika Anda merasa terus-menerus tidak stabil secara emosional, penting untuk mencari dukungan dari profesional kesehatan mental agar menemukan kebahagiaan diri sendiri.
Ilustrasi. Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang (Sumber : Pexels/PragyanBezbaruah)
Food & Travel03 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, 8 Langkah Simpel!

Begini Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, Ternyata Langkah-langkahnya Simpel!
Ilustrasi. Cara Membuat Air Jeruk Peras untuk Menurunkan Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science03 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Mei 2024, Termasuk Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint