Rusia Rayakan 60 Tahun Penerbangan Kosmonot Yuri Gagarin ke Luar Angkasa

Senin 12 April 2021, 20:13 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Rusia pada hari Senin 12 April 2021, baru saja merayakan 60 tahun penerbangan kosmonot pertamanya yaitu Yuri Gagarin ke luar angkasa pada tahun 1961 silam. 

Peringatan ini digelar di Engels, sebuah kota di Selatan tepi Sungai Volga, Rusia, tempat Yuri Gagarin mendarat. Sebuah tugu peringatan dibangun di tempat itu untuk menghormati penerbangan bersejarah tersebut.

Presiden Rusia, Vladimir Putin juga ikut menghadiri perayaan tersebut. Dmitry Peskov, juru bicara Istana Kremlin mengatakan, peringatan ini akan menjadi hari kebanggan nasional bagi Rusia.

Baca Juga :

Dalam sejarahnya, pada 12 April 1961 silam, pesawat ruang angkasa Vostok yang membawa Yuri Gagarin berhasil lepas landas dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan (saat itu, Kazakhstan masih bagian dari Uni Soviet, red).

Yuri Gagarin yang saat itu berusia 27 tahun, lewat mikrofon di helmnya berteriak, "Poydem!" yang artinya "Ayo Pergi!" ketika mesin roket mendorongnya naik ke ketinggian. 

Penerbangan tersebut berlangsung selama 108 menit, Yuri Gagarin melakukan perjalanan mengelilingi Bumi dari atas orbit sebelum kembali dan mendarat di Engels. Sejak saat itu, Yuri Gagarin dinobatkan menjadi legenda hidup Uni Soviet.

Uni Soviet menjadikan 12 April sebagai Hari Kosmonautika yang dirayakan setiap tahun. Kapsul Vostok yang berkarat dan tak terawat masih dipajang di Museum Kosmonautika Moskwa, Rusia, sebagai dedikasi kepada Yuri Gagarin.

Di museum itu terdapat berbagai foto dokumentasi tentang Yuri Gagarin dan sejumlah barang pribadinya saat masa kecil, sekolah, hingga menjadi seorang Kosmonot legendaris. Ada pula foto-foto dirinya saat menjalani masa pelatihan menjadi Kosmonot sebelum penerbangan.

Sejarawan Vyacheslav Klimentov mengatakan, Yuri Gagarin mungkin satu-satunya nama yang sangat dikenal oleh banyak orang Rusia, mulai dari anak-anak sampai lansia.

"Ketika Yuri Gagarin pergi ke luar angkasa, semua orang Rusia seperti terikat bersama," kata Klimentov yang juga direktur penelitian museum Kosmonautika, Rusia.

Di tahun 1960-an, Yuri Gagarin menjadi simbol dominasi Uni Soviet atas rivalitasnya di kancah ‘balapan ruang angkasa’ dengan NASA di Amerika Serikat. Empat tahun sebelumnya, Uni Soviet menjadi negara pertama yang berhasil mengirim sebuah satelit Sputnik ke orbit Bumi.

60 tahun setelah Yuri Gagarin melakukan penerbangan bersejarah tersebut, Rusia akan mengirimkan kembali kosmonotnya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). 

Jumat, 9 April 2021 lalu, pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia, baru saja meluncur dari Kosmodrom Baikonur dengan dua Kosmonot Rusia dan satu Astronot Amerika Serikat.

Jatuh Bangun Industri Luar Angkasa Rusia

photoKosmonot Yuri Gagarin pada saat melakukan peluncuran bersejarah mengelilingi orbit Bumi pada tahun 1961 - (history.com)</span

Setelah tahun 1960-an, industri luar angkasa Rusia sempat mengalami kemunduran hebat. Para petinggi Rusia saat itu ibarat kalah telak ketika Amerika Serikat berhasil meluncurkan Apollo dan mendaratkan warganya di Bulan.

Kemunduran industri luar angkasa Rusia berlanjut sampai abad ke-21. Dibarengi dengan terungkapnya berbagai skandal korupsi dan sejumlah pembatalan lepas landas yang membahayakan misi berawak pada tahun 2018 lalu.

Satu-satunya yang masih dibanggakan dan dimiliki Rusia hanyalah Roket Soyuz. Roket inilah satu-satunya yang membuat Rusia tetap relevan dalam industri luar angkasa modern.

Rusia kehilangan inovasi dan gagal mengikuti pemain kunci. Pukulan terbesar industri luar angkasa Rusia terjadi ketika tahun 2020 kehilangan monopoli peluncuran ISS berawak.

SpaceX, perusahaan milik Elon Musk berhasil menyalip Rusia setelah mampu membuat roket yang lebih canggih dan futuristik. Roket SpaceX juga berhasil berlabuh di stasiun luar angkasa ISS.

Dalam situasi yang serba sulit terutama soal pendanaan, Roscosmos (Lembaga Antariksa Rusia, red) tetap percaya diri untuk meluncurkan proyek ambisius di masa mendatang.

Salah satunya, misi eksplorasi ke Planet Venus hingga mimpi membangun stasiun luar angkasa di Bulan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi08 Mei 2024, 00:00 WIB

Jaga Suplai Air ke Persawahan Tetap Lancar, PU Bersihkan Irigasi di Cikakak Sukabumi

UPTD Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan saluran daerah irigasi Sukawayana di Cikakak Sukabumi dari rumput liar.
UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu membersihkan rumput liar yang tumbuh menghalangi aliran air di saluran daerah irigasi Sukawayana. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 22:59 WIB

Tol Bocimi Parungkuda Sukabumi Masih Ditutup Imbas Longsor, Pedagang Warung Terdampak

Sejumlah pedagang warung di Parungkuda Sukabumi keluhkan sepi pembeli hingga omzet menurun imbas exit Tol Bocimi seksi 2 ditutup untuk penanganan longsor.
Deretan warung di seberang GT Parungkuda Sukabumi yang terdampak penutupan exit tol Bocimi seksi 2. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)