Donald Trump Dibawa ke Rumah Sakit Militer untuk Perawatan Covid-19

Minggu 04 Oktober 2020, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden AS Donald Trump dirujuk ke rumah sakit militer pada Jumat untuk perawatan khusus setelah didiagnosis dengan Covid-19.

Sekitar 17 jam setelah dia mengumumkan bahwa dia dinyatakan positif mengidap virus corona, Trump berjalan perlahan dari Gedung Putih ke helikopter yang menunggu untuk dibawa ke Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland. Dia mengenakan masker tanpa berbicara dengan wartawan.

"Saya pikir saya melakukannya dengan sangat baik, tetapi kami akan memastikan semuanya berjalan lancar," kata Trump dalam video singkat yang diunggah ke Twitter, dilaporkan Reuters, 3 Oktober 2020, seperti dikutip dari Tempo.co.

Trump akan bekerja dari kamar rumah sakit khusus selama beberapa hari ke depan sebagai tindakan pencegahan, kata sekretaris pers Gedung Putih Kayleigh McEnany. Video yang beredar di online menunjukkan sekelompok kecil pendukung Trump di luar Walter Reed pada Jumat malam sambil mengibarkan bendera Trump 2020, sebagian besar tidak mengenakan masker.

Muncul dari kediaman Gedung Putih pada pukul 18:16 waktu Washington DC untuk penampilan publik pertamanya sejak mengumumkan dirinya positif virus corona, Trump berjalan sendiri ke helikopternya yang menunggu dan tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit.

Mengenakan setelan jas biru tua, dasi sutra biru, dan masker wajah gelap, Trump melambai ke media dan mengacungkan jempol, tapi tak berhenti bicara, menurut laporan CNN. Kepala staf Gedung Putih Mark Meadows, yang juga memakai masker, mengikutinya naik.

Trump, 74 tahun, mengalami demam ringan, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut. Dokter Gedung Putih Sean P. Conley mengatakan dia sedang dirawat dengan koktail obat eksperimental dan sedang dalam kondisi lelah tetapi dalam semangat yang baik.

Dalam memo yang dibagikan oleh sekretaris pers Gedung Putih Kayleigh McEnany, dokter Angkatan Laut Gedung Putih Cmdr. Dr. Sean Conley menulis Trump dalam kondisi yang baik.

"Malam ini saya dengan senang hati melaporkan bahwa Presiden baik-baik saja. Dia tidak membutuhkan oksigen tambahan, tetapi dengan berkonsultasi dengan spesialis kami telah memilih untuk memulai terapi Remdesivir," tulis Conley, mengacu pada obat untuk merawar pasien Covid-19, dikutip dari CNN. "Dia telah mengkonsumsi dosis pertamanya dan sedang beristirahat dengan nyaman."

Kabar Donald Trump positif Covid-19 adalah kemunduran terbaru bagi presiden Republik, yang tertinggal dari saingan Demokrat Joe Biden dalam jajak pendapat menjelang pemilihan presiden 3 November.

Trump, yang telah mengecilkan ancaman pandemi virus corona sejak awal, menulis di Twitter sebelumnya pada hari Jumat bahwa dia dan istrinya Melania akan menjalani karantina setelah dinyatakan positif terkena virus, yang telah menewaskan lebih dari 200.000 orang Amerika dan merusak ekonomi AS.

Sejumlah tokoh Republik lainnya juga dinyatakan positif pada hari Jumat, termasuk mantan penasihat senior Gedung Putih Kellyanne Conway dan senator Republik Mike Lee dan Thom Tillis.

Wakil Presiden Mike Pence, yang akan mengambil alih tugas kepresidenan jika Trump sakit parah, dinyatakan negatif, kata seorang juru bicara. Mantan gubernur Indiana 61 tahun itu bekerja dari kediamannya sendiri beberapa kilometer dari Gedung Putih.

Trump berisiko tinggi karena usia dan berat badannya. Dia tetap dalam kondisi kesehatan yang baik selama waktunya di kantor tetapi tidak diketahui berolahraga secara teratur atau mengikuti pola makan yang sehat.

Saham di Wall Street ditutup lebih rendah karena berita tentang diagnosis Trump menambah ketidakpastian seputar pemilihan presiden AS.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life28 April 2024, 12:00 WIB

10 Tips Jitu Meredakan Emosi Agar Makin Sabar dan Terkendali

Artikel ini akan membahas beberapa strategi praktis untuk mengelola dan meredam emosi yang sedang memuncak, sehingga kita dapat tetap tenang dan terkendali dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.
Ilustrasi. Lonjakan Emosi. Sumber : pixabay/noone09
Life28 April 2024, 11:43 WIB

Tobat Sebelum Terlambat, 6 Tanda Hati Kamu Masih Kotor Menurut Islam!

Orang yang berhati kotor biasanya lantaran masih menyimpan penyakit hati. Ini merupakan tanda dari level manusia.
Ilustrasi. Tanda orang yang berhati kotor. | Sumber foto : Pexels/SHVETS production
Sukabumi Memilih28 April 2024, 11:30 WIB

Penjaringan Bacabup Sukabumi dari Golkar Masih Berlangsung, Deklarasi Asjap Dinilai Terlalu Dini

Deklarasi Asep Japar atau Asjap sebagai calon Bupati Sukabumi oleh Golkar Kabupaten Sukabumi dinilai terlalu dini.
Bendera Partai Golkar. | Foto: Istimewa
Life28 April 2024, 11:30 WIB

Coba Terapkan, Ini 6 Hal yang Dapat Dilakukan Agar Anak Lebih Mandiri

Mengajari anak tentang kemandirian adalah kuncinya. Meskipun itu tidak mudah. Berikut beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk membantu si kecil menjadi lebih mandiri.
Ilustrasi. Tips membuat anak lebih mandiri. Sumber : Freepik/@freepik
Science28 April 2024, 11:00 WIB

Gempa M6,2 Laut Garut Dirasakan Warga Sukabumi, Apa Itu Intra Slab Earthquake?

BMKG menyebutkan, Gempa M6,2 Selatan Jawa Barat ini terjadi akibat pecahnya batuan dalam lempeng Indo-Australia (intraslab earthquake).
Intra Slab Earthquake: Gempa M6,2 Garut pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Life28 April 2024, 10:47 WIB

5 Bahasa Tubuh yang Menunjukkan Pasangan Sedang Berbohong, Ini Buktinya

Pasangan yang sedang berbohong akan nampak pada bahasa tubuhnya saat sedang berbicara.
Ilustrasi. Bahasa tubuh pasangan yang berbohong. | Sumber foto : Pexels/Roderick Salatan
Jawa Barat28 April 2024, 10:37 WIB

Data Terkini Dampak Gempa Laut Garut: 27 Rumah Rusak, 4 Orang Luka

Berikut dampak gempa Garut M6,2 yang tercatat oleh BNPB.
Dampak gempa laut Garut M6,2. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 10:30 WIB

4 Rahasia Mengejutkan dalam Membesarkan Anak Supaya Berperilaku Baik

Anak-anak Anda tidak akan belajar mendisiplinkan diri dalam semalam. Pasti ada saatnya mereka berperilaku buruk, tidak peduli seberapa keras Anda berusaha mencegahnya.
Ilustrasi. Cara membesarkan anak supaya berperilaku baik. Sumber : Freepik/@freepik
Science28 April 2024, 10:24 WIB

2 Kali di Sukabumi, Daftar 13 Gempa Merusak Selatan Jabar 1844-2022

Diantara 13 gempa merusak Selatan Jawa tahun 1844-2022, dua diantaranya pernah terjadi di Sukabumi, tepatnya Gempa di tahun 2012 dan 2021.
Gempa M6,2 Garut pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Jawa Barat28 April 2024, 10:06 WIB

Temu Rembug PPPH Kabupaten Garut Gaungkan Halal Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Temu rembug ini sarat dengan diskusi mengenai akselerasi sertifikasi halal di kabupaten Garut.
Temu rembug pengurus LPPPH Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) provinsi Jawa Barat. (Sumber : Istimewa)