Reaksi Dunia atas Kematian Abu Bakr al Baghdadi

Senin 28 Oktober 2019, 02:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Donald Trump mengumumkan pada Ahad bahwa pemimpin ISIS Abu Bakr al Baghdadi tewas setelah meledakkan bom bunuh diri ketika diserbu oleh pasukan khusus AS di Idlib, Suriah.

Pejabat Amerika terkejut mengetahui al Baghdadi selama ini bersembunyi di Provinsi Idlib, tempat yang didonimasi oleh saingan ISIS, Al Qaeda, dan jauh dari bekas wilayah ISIS di perbatasan Irak dan Suriah, menurut laporan New York Times, 28 Oktober 2019.

Al Baghdadi dilaporkan tewas bersama dua istrinya, namun rompi bunuh diri istrinya tidak meledak. Tiga anaknya juga tewas ketika al Baghdadi meledakkan bom bunuh diri di terowongan buntu.

Setidaknya dua milisi ISIS ditangkap dan 11 anak ditahan, menurut laporan CNN. Tidak diketahui jumlah pasti milisi ISIS yang tewas, namun dalam laporan New York Times, lima kombatan ISIS tewas di dalam komplek persembunyian, dan sejumlah lain tewas di luar kompleks.

Dirangkum oleh Reuters, sejumlah negara bereaksi atas kematian Abu Bakr al Baghdadi, teroris paling dicari di dunia.

AMERIKA SERIKAT

Joe Biden, calon presiden nominasi Demokrat melawan Trump dalam pemilihan presiden 2020 mengatakan, "Kita tidak bisa terganggu atau mengalihkan perhatian kita dari target. ISIS tetap menjadi ancaman bagi rakyat Amerika dan sekutu kita, dan kita harus terus menekan agar ISIS tidak pernah berkumpul kembali atau mengancam Amerika Serikat lagi."

Senator Republik Lindsay Graham, berbicara di Gedung Putih, "Apa yang dikatakan presiden hari ini sangat meyakinkan saya - bahwa ketika menyangkut ISIS dan kelompok teroris lainnya, kami akan mengejar kalian, ke mana pun kalian pergi, selama itu diperlukan untuk melindungi negara kita dan cara hidup kita."

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat, Nancy Pelosi, seorang Demokrat, mengkritik Trump yang tidak memberi tahu kepemimpinan Kongres AS sebelum serangan itu.

"Kematian al Baghdadi adalah signifikan, tetapi kematian pemimpin ISIS ini tidak berarti kematian ISIS. Puluhan milisi ISIS tetap berada di bawah kondisi yang tidak pasti di penjara-penjara Suriah, dan banyak lainnya di wilayah dan di seluruh dunia tetap bertekad untuk menyebarkan pengaruh mereka dan melakukan aksi teror," tulis pernyataan Pelosi.

Sementara Senator AS Mitt Romney, seorang kritikus Partai Republik dan pengkritik Trump menulis di Twitter.

"Al Baghdadi menyebarkan 'api dan belerang' di bumi; sekarang dia merasakannya sendiri di neraka. Kepada semua yang mengatur pergantian tempatnya — para perwira intel, Presiden, para pejuang — terima kasih."

IRAK

Pemerintah Irak melalui pernyataan resmi menyampaikan, "Mengikuti pekerjaan ekstensif oleh tim khusus selama lebih dari setahun, Badan Intelijen Nasional Irak dapat secara akurat menunjukkan tempat persembunyian teroris Abu Bakar al Baghdadi di provinsi Idlib, Suriah.

"Selanjutnya, pasukan AS, dalam koordinasi dengan Badan Intelijen Nasional Irak, melakukan operasi yang mengarah pada penghapusan teroris al Baghdadi.

"Angkatan Bersenjata Irak dan dinas intelijen akan terus bekerja dengan mitra Irak di dalam koalisi untuk tanpa kenal lelah mengejar teroris Daesh (ISIS) dan untuk mengalahkan ideologi mereka."

IRAN

Menteri Informasi Mohammad Javad Azari-Jahromi, menulis di Twitter.

"Bukan masalah besar, Anda baru saja membunuh makhluk Anda" (menuduh Amerika Serikat, musuh lama Iran, karena menciptakan ISIS)

Juru bicara pemerintah Iran Ali Rabiei juga menulis di Twitter.

"Pembunuhan Baghdadi tidak akan mengakhiri Daesh (ISIS) dan ideologinya...yang diciptakan dan berkembang dengan bantuan petrodolar regional."

RUSIA

Mayor Jenderal Igor Konashenkov, dikutip oleh kantor berita RIA, mengatakan.

"Kementerian Pertahanan Rusia tidak memiliki informasi yang dapat dipercaya tentang operasi oleh prajurit AS...tentang 'pemusnahan' mantan pemimpin IS lainnya Abu Bakar al Baghdadi."

Konstantin Kosachyov, ketua majelis tinggi komite urusan luar negeri parlemen Rusia, kepada kantor berita Interfax mengatakan, "... Hormat terakhir telah disampaikan kepada al Baghdadi setidaknya lima kali di masa lalu. (Juga) melawan terorisme adalah tugas yang jauh lebih sulit daripada penghancuran fisik para pemimpinnya, bahkan yang paling tidak bisa didamaikan."

PRANCIS

Presiden Emmanuel Macron menulis di Twitter:

"Kematian al Baghdadi adalah pukulan berat terhadap ISIS, tetapi itu hanya sebuah panggung. Dengan mitra kami dalam koalisi internasional, perjuangan terus berlanjut akhirnya mengalahkan organisasi teroris ini. Ini adalah prioritas kami di Timur Tengah."

Menteri Pertahanan Florence Parly juga menulis di Twitter:

"Baghdadi: pensiun dini untuk seorang teroris, tetapi tidak untuk organisasinya. Saya mengucapkan selamat kepada sekutu Amerika kami dengan operasi ini. Simpati saya hari ini saya sampaikan untuk semua korban kegilaan Baghdadi dan para penjahat yang mengikutinya."

INGGRIS

Perdana Menteri Boris Johnson di Twitter:

"Kematian Baghdadi adalah momen penting dalam perjuangan kami melawan teror, tetapi pertempuran melawan kejahatan Daesh belum berakhir. Kami akan bekerja dengan mitra koalisi kami untuk mengakhiri kegiatan Daesh yang mematikan dan biadab untuk selamanya."

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab, di Twitter:

"Menyusul kematian pemimpin Daesh, kita tidak boleh membiarkan Daesh memuliakan seseorang yang melakukan tindakan kriminal yang tidak manusiawi & menjijikkan. Inggris akan terus mendukung upaya untuk #DefeatDaesh."

TURKI

Presiden Tayyip Erdogan menulis di Twitter:

"Pembunuhan pemimpin perang Daesh menandai titik balik dalam perjuangan bersama kita melawan terorisme. Turki akan terus mendukung upaya anti-teror - seperti yang telah dilakukan di masa lalu."

Erdogan menambahkan Turki telah membayar mahal untuk memerangi terorisme, termasuk dalam daftar musuhnya, milisi YPG, milisi Kurdi di Suriah yang berperan penting melawan ISIS bersama AS, tetapi dianggap Ankara sebagai teroris.

"Saya yakin bahwa perjuangan tegas melawan terorisme, sejalan dengan semangat aliansi, akan membawa kedamaian bagi seluruh umat manusia."

Pembantu senior Erdogan, Fahrettin Altun, dalam pernyataan kepada Reuters:

"Turki dengan bangga membantu Amerika Serikat, sekutu NATO kami, membawa seorang teroris terkenal ke pengadilan."

ISRAEL

Pernyataan dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu:

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Presiden Trump atas pencapaian mengesankan yang mengarah pada pembunuhan kepala (ISIS) al Baghdadi. Ini mencerminkan tekad kita bersama, Amerika Serikat dan semua negara bebas, untuk memerangi organisasi teror dan negara teroris. Prestasi ini merupakan tonggak penting, tetapi kampanye masih di depan kita."

Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengatakan pesawat tempur telah mengebom tempat persembunyian Abu Bakr al Baghdadi untuk mencegah pengikutnya melakukan mistifikasi terhadap tempat terakhirnya.

Penasihat Keamanan Nasional Donald Trump, Robert O'Brien, mengatakan mayat Abu Bakr al Baghdadi akan dibuang, sama seperti protokol pembuangan mayat Osama bin Laden pada 2011 silam.

SUMBER: TEMPO.CO

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life30 April 2024, 07:00 WIB

5 Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Kamu Sering Melakukannya?

Ketahui Beberapa Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya, Coba Cek Apa Kamu Sering Melakukannya?
Ilustrasi. Sikap Orang Miskin yang Membuat Hidupnya Sulit Kaya (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Food & Travel30 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan daun suji memiliki efek positif pada pengelolaan kadar gula darah, sehingga dapat membantu dalam pencegahan dan pengelolaan diabetes.
Ilustrasi - Cara Membuat Air Rebusan Daun Suji untuk Gula Darah. (Sumber : Instagram/@jeanettejuwono)
Science30 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 April 2024, Siang Hari Hingga Malam Potensi Diguyur Hujan

Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024.
Ilustrasi Hujan. Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024. (Sumber : Pixabay)
Internasional30 April 2024, 01:55 WIB

Novel A Mask, the Color of the Sky Karya Penulis Palestina Menangkan Hadiah Arab Bergengsi

Basim Khandaqji yang dipenjara 20 tahun lalu di Israel,  lahir di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 1983, dan menulis cerita pendek hingga penangkapannya pada 2004 ketika berusia 21 tahun.
Penulis Palestina, Basim Khandaqji | Foto : Ist
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau