Ekuador Mencekam! Kelompok Bersenjata Bajak Stasiun Televisi Saat Live

Rabu 10 Januari 2024, 13:30 WIB
Kelompok bersenjata di Ekuador bajak stasiun televisi saat live dan mengancam para kru. (Sumber : Istimewa via twitter).

Kelompok bersenjata di Ekuador bajak stasiun televisi saat live dan mengancam para kru. (Sumber : Istimewa via twitter).

SUKABUMIUPDATE.com - Keadaan Ekuador pada Rabu (10/1/2024) semakin mencekam pasca kaburnya penjahat berbahaya dari penjara. Insiden tersebut lalu memicu kerusuhan di seluruh negeri.

Ekuador juga sebelumnya telah mengumumkan situasi darurat pada Senin 8 Januari 2024, setelah salah satu pemimpin geng kartel narkoba paling berbahaya di Ekuador telah menghilang dari sel penjaranya.

Mengutip Tempo.co, lalu pada Selasa 9 Januari 2024, sejumlah kelompok bersenjata yang mengenakan masker menyerbu sebuah stasiun televisi di kota terbesar Ekuador, Guayaquil. Dalam aksi yang terekam secara langsung dan disaksikan oleh publik, pelaku menyandera pembawa acara dan staf serta baku tembak dengan polisi, sebelum para penyusup ditundukkan dan ditangkap.

Baca Juga: Gabriel Attal, PM Prancis Termuda Berusia 34 Tahun dan Juga Seorang Gay

Kekerasan juga meletus di sejumlah wilayah ketika negara Amerika Selatan tersebut mengalami kekacauan pada minggu ini, setela pemimpin geng kuat Los Choneros, Jose Adolfo Macias, alias "Fito," dilaporkan hilang pada Minggu dari selnya dengan keamanan tinggi di sebuah penjara di Kota Guayaquil.

Macias dijatuhi hukuman 34 tahun penjara pada 2011 karena berbagai kejahatan, termasuk pembunuhan dan perdagangan narkoba. menghilang dari penjara, pemberontakan terjadi di beberapa penjara dan narapidana melakukan penculikan dan mengancam penjaga.

Salah satu penyerang yang menyerbu stasiun televisi terdengar meminta untuk dihubungkan dengan mikrofon, mengatakan bahwa dia bermaksud mengirim pesan tentang konsekuensi “bermain-main dengan mafia.”

Baca Juga: 7 Negara Eropa yang Alami Penurunan Populasi, Apa Penyebabnya?

Sebelum dia bisa melakukannya, polisi turun tangan. Orang-orang bersenjata juga memaksa pembawa berita dan staf lain yang disandera untuk tampil dalam video yang meminta presiden untuk tidak ikut campur.

Polisi mengatakan di media sosial bahwa mereka telah menangkap 13 orang setelah kejadian tersebut, dan menemukan “senjata, bahan peledak, dan barang bukti lainnya.” Para sandera juga dibebaskan dengan selamat, kata postingan tersebut.

Hingga Selasa sore, setidaknya delapan orang tewas dan dua lainnya terluka dalam kekerasan di Guayaquil, menurut wali kota Aquiles Álvarez, yang mengadakan konferensi pers bersama kepala polisi. Pihak berwenang juga mengatakan lima rumah sakit telah diambil alih.

Baca Juga: Brasil Chaos! Pengunjuk Rasa Pro-Bolsonaro Serang Istana Presiden

Ledakan, pembakaran kendaraan, penjarahan dan tembakan juga dilaporkan terjadi di seluruh negeri, dan pihak berwenang mengumumkan bahwa pemimpin geng besar kedua dan narapidana lainnya telah melarikan diri dari penjara lain.

Presiden Ekuador Daniel Noboa mengumumkan konflik bersenjata internal pada Selasa dan memerintahkan angkatan bersenjata untuk “menetralisir” dua lusin geng, yang ia gambarkan sebagai “organisasi teroris,” menurut sebuah postingan di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Toko-toko, sekolah, kantor pemerintah dan gedung-gedung ditutup. Para pekerja dipulangkan, dan jalan-jalan di Quito dan Guayaquil macet.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Benci dan Tidak Suka dengan Kamu, Lihat dari Sikap!

“Itu kacau sekali, seperti yang bisa Anda bayangkan,” kata Carolina Valencia, yang sedang mengunjungi keluarganya di Guayaquil dari New York. “Kemacetan terjadi di mana-mana karena orang hanya ingin pulang. Bus-bus tersebut tidak beroperasi sepenuhnya, jadi orang-orang melompat ke truk pikap yang bagian belakangnya terbuka.”

“Ada banyak keputusasaan,” ia menambahkan. “Sejak gangster ini menghilang, semua orang selalu merasa takut.”

Noboa, yang memprioritaskan pemulihan keamanan di negara yang dilanda kekerasan geng yang dipicu oleh maraknya perdagangan narkoba, sebelumnya telah mengumumkan keadaan darurat dan mengerahkan lebih dari 3.000 polisi dan militer untuk mencari pemimpin geng yang melarikan diri, Adolfo Macías.

Deklarasi 60 hari tersebut memberlakukan jam malam nasional dan memungkinkan militer untuk berpatroli di jalan-jalan dan mengambil alih penjara.

“Waktunya telah berakhir ketika narapidana penyelundup narkoba, pembunuh bayaran, dan kejahatan terorganisir mendikte pemerintah apa yang harus dilakukan,” kata Noboa dalam sebuah video yang mengumumkan keadaan darurat pada Senin, seraya menambahkan bahwa pasukan keamanan perlu mengambil kendali sistem penjara di Ekuador.

Pemerintah telah memerintahkan pemindahan narapidana terkenal, termasuk Macías, dari sel tempat mereka menjalankan jaringan kriminal ke fasilitas dengan keamanan maksimum. Keputusan tersebut, kata pakar penjara, mungkin menyebabkan Macías melarikan diri dan terjadi pemberontakan di penjara.

Beberapa pakar keamanan percaya bahwa seperempat dari 36 penjara di negara tersebut dikendalikan oleh geng. Noboa telah berjanji untuk mengambil kembali kendali atas penjara, yang telah menjadi markas geng dan pusat perekrutan.

Pekan lalu, ia mengumumkan berupaya mengadakan referendum mengenai langkah-langkah keamanan, termasuk hukuman yang lebih berat untuk kejahatan seperti pembunuhan dan perdagangan senjata, serta memperluas peran militer.

Noboa, politikus sayap kanan, mulai menjabat pada November setelah pemilu yang didominasi oleh kekhawatiran mengenai keselamatan dan perekonomian. Kekerasan meningkat dalam beberapa tahun terakhir ketika geng-geng tersebut berjuang untuk menguasai jalur penyelundupan narkoba yang menguntungkan yang mengangkut narkotika ke Amerika Serikat dan Eropa.

Ketakutan tersebut diperkuat oleh pembunuhan calon presiden lainnya, Fernando Villavicencio, yang sedang berkampanye, yang mengatakan tidak lama sebelum pembunuhannya bahwa ia mendapat ancaman dari Los Choneros.

Macías mungkin adalah pemimpin geng paling terkenal yang menjalankan operasi narkoba dari balik jeruji besi, dan kelompoknya diyakini sebagai salah satu kelompok pertama di Ekuador yang menjalin hubungan dengan kartel kuat Meksiko.

Macías, yang menjalani hukuman 34 tahun penjara karena kejahatan termasuk perdagangan narkoba, pernah melarikan diri dari penjara sebelumnya, pada 2013. Ia menjadi pemimpin Los Choneros sekitar 2020 dan memimpin aktivitas geng tersebut dari selnya di penjara Guayaquil , bagian dari kompleks yang menampung sekitar 12.000 narapidana.

Setelah Villavicencio dibunuh musim panas lalu, Macías sempat dipindahkan ke bagian keamanan maksimum di kompleks yang sama. Namun pengacaranya mengajukan banding, dan hakim memerintahkan Macías untuk dipindahkan kembali ke tempat pilihannya di penjara di Guayaquil, yang menjadi markas keluarga Choneros.

Ia merayakannya dengan merilis video musik bergaya “narcocorrido”, sebuah genre asal Meksiko yang mengagungkan tindakan kekerasan para pengedar narkoba.

Bulan lalu, Noboa, yang mempromosikan rencananya untuk menangani penjara di negara tersebut, mengatakan bahwa ia akan memulai dengan langkah-langkah seperti memutus akses Macías ke stopkontak dan router. “Bisa dilihat di YouTube, ponsel Fito punya empat outlet, outletnya lebih banyak dibandingkan di kamar hotel.”

Macías ditemukan hilang dari selnya selama penyisiran barang selundupan. Hilangnya dia terjadi ketika dia dan penjahat kelas atas lainnya dijadwalkan dikirim ke penjara dengan keamanan maksimum, menurut para pejabat.

Seorang pejabat tinggi pemerintah minggu ini menyatakan bahwa Macías mungkin mengetahui pemindahannya yang akan segera terjadi melalui kebocoran pemerintah. “Hal ini akan menjadi masalah yang sangat serius,” kata pejabat tersebut, Esteban Torres, karena “hal ini berarti akan terjadi kebusukan di tingkat tertinggi pemerintahan.”

Pada Senin malam, menjelang jam malam pertama, jalan-jalan di ibu kota Quito dengan cepat menjadi sepi. Hanya mobil polisi dan ambulans yang terlihat dalam suasana sepi mengingatkan pada lockdown pandemi Covid-19.

“Jam malam berdampak langsung pada kami,” kata Junior Córdova, seorang pemilik restoran di Quito. “Kami mengawali tahun ini dengan baik, namun keadaannya tidak begitu baik saat ini, karena orang-orang mulai merasa takut.”

Sumber: Tempo.co (REUTERS)

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life30 April 2024, 19:19 WIB

Berikan Konsekuensi, Berikut 5 Strategi Disiplin Agar Anak Tidak Mencuri

Biasanya, mencuri dapat diatasi melalui bimbingan, intervensi, dan konsekuensi orang tua. Namun, jika seorang anak terus melakukan perilaku tersebut, mereka mungkin memerlukan bantuan profesional.
Ilustrasi agar anak tidak mencuri | Foto : pexels.com/@kamaji ogino
Keuangan30 April 2024, 19:16 WIB

Belajar dari Orang Jepang, Ini 6 Cara Mengelola Uang Bulanan dengan Benar, Yuk Terapkan!

Orang Jepang memiliki konsep dalam menabung keuangan. Ini solusi bagi orang yang ingin cepat kaya dengan menerapkan langkah finansial ini.
Ilustrasi. Belajar menabung uang dari orang Jepang. | Sumber Foto: Pexels/Ahsanjaya
Sukabumi30 April 2024, 19:10 WIB

Cerita Asep Gali Tanah Temukan Senjata Api Laras Panjang Di Cisaat Sukabumi

Asep menceritakan penemuan senjata api laras panjang ketika ia bekerja untuk membetulkan saluran air pada kolam ikan yang bocor, setelah satu meter penggalian
Asep Burdah (49 tahun), temukan senjata laras panjang saat gali tanah tepi kolam | Asep Awaludin
Gadget30 April 2024, 19:00 WIB

Performa Tangguh: Rekomendasi 3 HP dengan Chipset Snapdragon 7s Gen 2

Ada beberapa hp dengan chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang bisa Anda pertimbangkan.
POCO X6 5G - Ada beberapa hp dengan chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang bisa Anda pertimbangkan. (Sumber : mi.co.id).
Life30 April 2024, 18:21 WIB

Patut Diterapkan Bund, Ini Tips Ajari Anak Berperilaku Baik Saat Kunjungi Rumah Orang Lain

Ajari anak Anda bagaimana berperilaku ketika mengunjungi rumah orang lain
Ilustrasi berperilaku baik ketika mengunjungi rumah orang lain | Foto : Pexels.com/@Sergey Makashin
Life30 April 2024, 18:04 WIB

6 Kesalahan Mendidik Anak yang Sering Disepelekan Orang Tua, Anda Termasuk?

Kesalahan mendidik anak bisa menyebabakn kefatalan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak itu sendiri. Orang tua harus mengetahui betul hal ini.
Ilustrasi. Kesalahan orang tua dalam mendidik anak | Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Life30 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Segera! 5 Doa Minta Jodoh Agar Dipertemukan dengan Pasangan Terbaik

Amalkan doa ini segera jika kamu ingin memiliki jodoh terbaik dari Allah SWT.
Amalkan doa ini segera jika kamu ingin memiliki jodoh terbaik dari Allah SWT. | (Sumber : Instagram/@dindahw)
Sukabumi30 April 2024, 17:54 WIB

DLH Akui Kekurangn Armada Soal Telat Angkut Tumpukan Sampah di Palabuhanratu Sukabumi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabipaten Sukabumi Prasetyo menyebutkan bahwa penyebab tidak terangkutnya sampah tersebut itu di sebabkan oleh kekurangan armada pengangkut sehingga sedikit terhambat.
Kondisi tumpukan sampah di TPSS Kampung Pangsor Lio, RT 01, RW 25, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life30 April 2024, 17:34 WIB

Ajarkan Keterampilan Khusus, Ini 7 Cara Mengajari Anak Agar Tangguh Secara Mental

Dalam membangun kekuatan mental anak, dibutuhkan komitmen dan konsistensi. Namun dengan komunikasi yang teratur, dan berupaya membangun kepercayaan diri dan harga diri mereka secara teratur, Anda akan memberikan kekuatan mental.
Ilustrasi anak tangguh secara mental / Sumber : pexels.com/@Allan Mas
Opini30 April 2024, 17:29 WIB

MAY DAY dan Masa Depan Tenaga Kerja Indonesia

Hari Buruh Internasional atau May Day, memiliki kronologis yang panjang dan kompleks· Berikut adalah gambaran umum tentang bagaimana Hari Buruh Internasional berkembang:
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM / Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi / Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute