Nobel Perdamaian 2023 Untuk Aktivis Perempuan Iran, Narges Mohammadi

Sabtu 07 Oktober 2023, 07:01 WIB
Narges Mohammadi, Pemenang Nobel Perdamaian 2023 | Foto : Ist

Narges Mohammadi, Pemenang Nobel Perdamaian 2023 | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Pemenang Nobel Perdamaian 2023 diraih oleh Narges Mohammadi pada Jumat 6 Oktober. Narges sendiri merupakan seorang aktivis perempuan asal Iran yang kini tengah dipenjara.

Mengutip dari nobelpeaceprize.org,  Komite Nobel Norwegia telah memutuskan untuk memberikan Hadiah Nobel Perdamaian tahun 2023 kepada Narges Mohammadi atas perjuangannya melawan penindasan terhadap perempuan di Iran dan perjuangannya untuk mempromosikan hak asasi manusia dan kebebasan bagi semua.

"Perjuangannya yang berani menimbulkan kerugian pribadi yang sangat besar. Secara keseluruhan, rezim telah menangkapnya sebanyak 13 kali, menghukumnya sebanyak lima kali, dan menjatuhkan hukuman total 31 tahun penjara dan 154 kali cambukan. Miss Mohammadi masih di penjara saat saya berbicara," ujar Ketua Panitia Nobel, Berit Reis-Anderson, seperti dikutip sukabumiudate.com, Sabu (07/10/2023).

Baca Juga: Lestarikan Mangrove di Pantai Cikadal Sukabumi, Puluhan Warga Tanam 2.500 Pohon

Pada September 2022, seorang wanita muda Kurdi, Mahsa Jina Amini, terbunuh saat berada dalam tahanan polisi moral Iran. Pembunuhannya memicu demonstrasi politik terbesar melawan rezim teokratis Iran sejak rezim tersebut berkuasa pada tahun 1979. Di bawah slogan “Perempuan – Kehidupan – Kebebasan”, ratusan ribu warga Iran mengambil bagian dalam protes damai melawan kebrutalan dan penindasan pihak berwenang terhadap perempuan. 

Rezim menindak keras protes tersebut: lebih dari 500 demonstran terbunuh. Ribuan orang terluka, termasuk banyak orang yang menjadi buta akibat peluru karet yang ditembakkan polisi. Setidaknya 20.000 orang ditangkap dan ditahan rezim.

Kehidupan Narges tercermin dalam dukungannya terhadap perjuangan perempuan untuk mendapatkan hak hidup yang utuh dan bermartabat. Perjuangan di seluruh Iran ini ditanggapi dengan penganiayaan, pemenjaraan, penyiksaan dan bahkan kematian.

Baca Juga: Disperkim Terjunkan Park Ranger Gabung Tim Bebersih Pantai Loji Sukabumi

Dia memperjuangkan kebebasan berekspresi dan hak kemerdekaan, serta menentang peraturan yang mewajibkan perempuan untuk tidak terlihat dan menutupi tubuh mereka. Tuntutan kebebasan yang diungkapkan oleh para demonstran tidak hanya berlaku bagi perempuan, namun juga bagi seluruh masyarakat.

Pada tahun 1990-an, sebagai mahasiswa fisika muda, Narges Mohammadi sudah menonjolkan dirinya sebagai seorang pembela kesetaraan dan hak-hak perempuan. Setelah menyelesaikan studinya, ia bekerja sebagai insinyur dan kolumnis diberbagai surat kabar yang berpikiran reformasi.

Pada tahun 2003 ia terlibat dengan Pusat Pembela Hak Asasi Manusia di Teheran, sebuah organisasi yang didirikan oleh peraih Hadiah Nobel Perdamaian Shirin Ebadi. Pada tahun 2011, Mohammadi ditangkap untuk pertama kalinya dan dijatuhi hukuman penjara bertahun-tahun atas upayanya membantu aktivis yang dipenjara dan keluarga mereka.

Baca Juga: UPTD PU Palabuhanratu Kerahkan 30 Personil Bebersih Pantai Loji Sukabumi

Dua tahun kemudian, setelah dibebaskan dengan jaminan, Mohammadi terjun dalam kampanye menentang penggunaan hukuman mati. Iran telah lama menjadi salah satu negara yang mengeksekusi sebagian besar penduduknya setiap tahunnya. Sejak Januari 2022, lebih dari 860 tahanan telah dijatuhi hukuman mati di Iran.

Aktivismenya melawan hukuman mati menyebabkan Mohammadi ditangkap kembali pada tahun 2015, dan dijatuhi hukuman tambahan beberapa tahun penjara. Sekembalinya ke penjara, ia mulai menentang penggunaan penyiksaan sistematis dan kekerasan seksual terhadap tahanan politik, terutama perempuan, yang dilakukan rezim di penjara-penjara Iran.

Gelombang protes tahun lalu diketahui oleh para tahanan politik yang ditahan di penjara Evin yang terkenal kejam di Teheran. Sekali lagi, Mohammadi mengambil alih kepemimpinan. Dari penjara dia menyatakan dukungannya kepada para demonstran dan mengorganisir aksi solidaritas di antara sesama narapidana.

Baca Juga: Dinas PU Beton Jalan di Cidahu Sukabumi, Lalu Lintas Dialihkan ke Alternatif

Otoritas penjara menanggapinya dengan memberlakukan kondisi yang lebih ketat.  Mohammadi dilarang menerima panggilan dan pengunjung. Namun dia berhasil menyelundupkan artikel yang diterbitkan New York Times pada peringatan satu tahun pembunuhan Mahsa Jina Amini. Pesannya adalah: :Semakin banyak dari kita yang dikurung, semakin kuat kita jadinya." Dari penawanannya, Mohammadi telah membantu memastikan bahwa protes belum surut.

Narges Mohammadi adalah seorang wanita, pembela hak asasi manusia, dan pejuang kemerdekaan. Dengan menganugerahkannya Hadiah Nobel Perdamaian tahun ini, Komite Nobel Norwegia ingin menghormati perjuangannya yang berani demi hak asasi manusia, kebebasan, dan demokrasi di Iran.

Penghargaan Perdamaian tahun ini juga memberikan penghargaan kepada ratusan ribu orang yang, pada tahun sebelumnya, telah berdemonstrasi menentang kebijakan diskriminasi dan penindasan yang menargetkan perempuan oleh rezim teokratis. Hanya dengan merangkul persamaan hak bagi semua orang, dunia dapat mencapai persaudaraan antar bangsa seperti yang ingin dipromosikan oleh Alfred Nobel.

Baca Juga: Kabupaten Banyumas Dinobatkan Sebagai Pengelolaan Sampah Terbaik Se-Asia Tenggara

Penghargaan kepada Narges Mohammadi mengikuti tradisi panjang di mana Komite Nobel Norwegia menganugerahkan Hadiah Perdamaian kepada mereka yang berupaya memajukan keadilan sosial, hak asasi manusia, dan demokrasi. Ini adalah prasyarat penting bagi perdamaian abadi.

Menurut Panitia Nobel dalam cuitan di X, dulu dikenal sebagai Twitter, Mohammadi ditangkap rezim Iran 13 kali, didakwa lima kali dan dihukum total 31 tahun penjara serta 154 hukum cambuk.

Saat ini, Mohammadi masih dipenjara. Peraih Nobel ini sedang menjalani beberapa hukuman di Penjara Evin Teheran dengan hukuman sekitar 12 tahun penjara, menurut organisasi hak asasi Front Line Defenders, salah satu dari sekian banyak masa penahanannya di balik jeruji besi.

Baca Juga: Doa Minta Turun Hujan Lengkap dengan Tata Cara Sholat Istisqa

Melansir dari tempo.com Mohammadi adalah wanita ke-19 yang memenangkan penghargaan berusia 122 tahun tersebut, dan yang pertama sejak Maria Ressa dari Filipina memenangkannya pada 2021 bersama dengan Dmitry Muratov dari Rusia.

Penghargaan Nobel Perdamaian, senilai 11 juta kronor Swedia atau sekitar Rp5 miliar, akan diserahkan di Oslo pada 10 Desember mendatang, bertepatan dengan hari kematian industrialis Swedia Alfred Nobel, yang mendirikan penghargaan tersebut dalam surat wasiatnya pada 1895.

Biodata Narges Mohammadi

Mengutip dari wikipedia, Narges Mohammadi merupakan wanita kelahiran Zanjan, Iran, 51 tahun lalu (lahir 21 April 1972) dan dibesarkan di Qorveh, Karaj dan Oshnaviyeh.

Dia kuliah di Universitas Internasional Qazvin, menerima gelar di bidang fisika, dan menjadi insinyur profesional. Selama karir universitasnya, dia menulis artikel yang mendukung hak-hak perempuan di surat kabar mahasiswa dan ditangkap pada dua pertemuan kelompok mahasiswa politik Tashakkol Daaneshjuyi Roshangaraan ("Kelompok Mahasiswa yang Tercerahkan").

Baca Juga: Menteri Marves Luhut Binsar Dikabarkan Sakit, Jubir Ungkap Kondisi Terkini

Ia juga aktif dalam kelompok pendakian gunung, namun kemudian dilarang ikut pendakian karena aktivitas politiknya.

Mohammadi kemudian bekerja sebagai jurnalis di beberapa surat kabar reformis, dan menerbitkan buku esai politik berjudul Reformasi, Strategi, dan Taktik. Pada tahun 2003, ia bergabung dengan Pusat Pembela Hak Asasi Manusia (DHRC), yang dipimpin oleh peraih Hadiah Nobel Perdamaian Shirin Ebadi, ia kemudian menjadi wakil presiden organisasi tersebut.

Pada tahun 1999, ia menikah dengan sesama jurnalis pro-reformasi Taghi Rahmani yang ditangkap untuk pertama kalinya. Rahmani pindah ke Prancis pada tahun 2012 setelah menjalani hukuman 14 tahun penjara sementara Mohammadi tetap melanjutkan pekerjaan hak asasi manusianya. Mohammadi dan Rahmani memiliki anak kembar.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita

Nobel Sastra 2016 Untuk Bob Dylan

Minggu 16 Oktober 2016, 08:56 WIB
Nobel Sastra 2016 Untuk Bob Dylan
Berita Terkini
Life04 Mei 2024, 14:00 WIB

9 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Tekanan

Saat hidup banyak tekanan, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk membahagiakan diri sendiri.
Ilustrasi. Ciri Orang Lelah Mental Karena Banyak Tekanan Hidup (Sumber : pixabay.com/@1388843)
Sukabumi04 Mei 2024, 13:58 WIB

Bupati Sukabumi Menang PTUN, 80 Kades Harus Kembalikan Dana Bantuan Hukum ke Kas Desa

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dinyatakan menang usai PTUN Bandung menolak gugatan Law Firm Marpaung terkait penghentian kerjasama bantuan hukum desa.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sehat04 Mei 2024, 13:00 WIB

9 Cara Sehat Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat Diabetes

Sebelum mengubah pola makan atau gaya hidup, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan terkait menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes.
Ilustrasi. Olahraga di rumah. Tips menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes. | Foto: iStock
Life04 Mei 2024, 12:30 WIB

Jangan Disepelekan Bund! Inilah 5 Tanda Rendahnya Harga Diri pada Anak

Harga diri yang rendah dapat berdampak pada perkembangan akademis, pribadi, dan sosial anak. Untungnya, ada tanda-tanda yang dapat dicari orang tua dan cara untuk membantu.
Ilustrasi. Rendahnya harga diri pada anak. Sumber : Pexels.com/@PuskarRai
Life04 Mei 2024, 12:00 WIB

Stres Termasuk 7 Penyebab Berat Badan Turun Drastis, Kamu Mengalaminya?

Stres fisik yang disebabkan oleh cedera, operasi, atau trauma, serta stres emosional yang berkepanjangan, dapat menyebabkan penurunan berat badan karena tubuh mengalami kelelahan dan kekurangan energi.
Ilustrasi. Orang Mengalami Stres Sehingga Menyebabkan Berat Badan Turun Drastis (Sumber : Pexels/NathanCowley)
Jawa Barat04 Mei 2024, 11:43 WIB

Jarkom PDs Canangkan Dana Abadi Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi kepada Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Komunikasi Pembangunan Desa (Jarkom PDs)
Perwakiln LP3H Provinsi Jawa Barat Agus Kamil dan Entus Wahidin serta Ketua Umum Jarkom PDs Pusat, Ayi Kosasih, dan Sekretaris Jenderal Jarkom PDs Pusat, Dasep Saepuloh | Foto : Ist
Life04 Mei 2024, 11:30 WIB

Temukan Akar Masalahnya, 3 Cara Membantu Anak yang Memiliki Harga Diri Rendah

Harga diri pada anak sangatlah penting. Namun bagaimana cara membantu apabila harga diri anak rendah?
Ilustrasi. Membantu Anak Yang Memiliki Harga Diri Rendah. Sumber : pexels.com/@Annushka
Sukabumi04 Mei 2024, 11:21 WIB

Pria Dipanggil Ceuceu, Korban Pembunuhan di Citepus Sukabumi Diduga Penyuka Sesama Jenis

ria yang menjadi korban penganiayaan hingga terjadi pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (4/5/2024) diduga penyuka sesama jenis.
Evakuasi korban pembunuhan di perumahan di Citepus Sukabumi | Foto : Ist
Sehat04 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Alpukat dan Telur - Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)
DPRD Kab. Sukabumi04 Mei 2024, 10:58 WIB

Anggota DPRD Janji Perjuangkan Kebutuhan Perahu untuk Siswa ke Sekolah di Cibitung Sukabumi

Harapan warga adanya bantuan perahu untuk siswa dan pengajar ke sekolah (SMPN 4 Cibitung), Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, mendapat respon positif dari anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana.
Andri Hidayana, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa)