Apa Itu Second Home Visa? ‘Jalan Tol’ WNA Masuk ke Indonesia

Senin 19 Desember 2022, 17:31 WIB
Ilustrasi WNA masuk ke Indonesia. Foto: 123rf.com

Ilustrasi WNA masuk ke Indonesia. Foto: 123rf.com

SUKABUMIUPDATE.com - Kebijakan Second Home Visa resmi diluncurkan oleh pemerintah melalui Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly di Tanjung Pinang Kepulauan Riau, Senin (19/12/2022). Apa itu Second Home Visa? Kebijakan yang disebut-sebut bagai jalan tol bagi warga negara asing masuk ke Indonesia.

“Kalau kita buat analoginya, Imigrasi membangun 'jalan tol' untuk memudahkan masuknya wisatawan mancanegara, global talent, pebisnis dan investor global. Jalan tol inilah yang kita sebut Second Home Visa,” jelas Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana dikutip dari rilis Kemenkum HAM RI.

Widodo Ekatjahjana mengatakan bahwa peluncuran ini dilakukan lebih awal 3 hari dari ketentuan yang diatur dalam SE Dirjen Imigrasi nomor IMI-0740.GR.01.01 TAHUN 2022 yaitu pada 24 Desember 2022.

Tak hanya mempermudah akses bagi WNA, kebijakan ini juga memberikan sejumlah fasilitas lainnya, layanan sektoral dan daerah, khususnya untuk mempermudah rencana investasi di Indonesia.

“Ibarat jalan tol, juga disediakan 'rest area' yang di lokasi itu ada outlet-outlet layanan sektoral dan daerah, seperti layanan izin untuk investasi, izin untuk pariwisata, layanan untuk berbisnis properti, layanan untuk izin ketenagakerjaan, layanan izin untuk bangun pabrik, perusahaan dan lain-lain,” ungkapnya.

Widodo menyebutkan berbagai layanan di outlet-outlet tersebut dikelola oleh instansi masing-masing sektor dan daerah, berdasarkan kewenangannya. Outlet layanan itu diharapkan akan memberikan promo-promo menarik, diskon dari layanan-layanan yang diberikan untuk menarik minat wisatawan, pebisnis, global talent, dan investor global masuk dan tinggal di Indonesia dengan masa tinggal 5 atau 10 tahun.

Baca Juga: Tambang Emas Rakyat Ditutup, Pemkab Sukabumi Cek Keberadaan WNA China

“Dengan demikian Second Home Visa ini merupakan salah satu jenis izin masuk dan tinggal bagi WNA selama 5 atau 10 tahun yang tidak dibebani oleh syarat-syarat perizinan atau persetujuan sektoral, seperti rekomendasi investasi maupun rekomendasi bekerja di Indonesia,” ujarnya.

Untuk itu lanjut Widodo, kebijakan Second Home Visa yang diluncurkan ini garis besarnya adalah kerangka memberikan apresiasi dan memberikan fasilitas layanan keimigrasian serta kemudahan-kemudahannya.

“Dalam hal ini Imigrasi ingin turut menggenjot masuknya wisatawan mancanegara, pebisnis dan investor global untuk masuk ke wilayah Kepri sekaligus bersama dengan pemerintah pusat dan daerah untuk meningkatkan pembangunan di wilayah Kepri,”ungkapnya.

Kebijakan ini, jelas Widodo, diharapkan dapat mendorong pengembangan sektor properti dengan menjadikan second home visa sebagai fasilitas izin masuk dan izin tinggal bagi WNA yang berminat memiliki properti di Indonesia. Selain itu Widodo juga berharap kebijakan ini mampu mendorong iklim bisnis properti di dalam negeri yang makin bergairah dan baik.

“Kebijakan ini tentunya bisa meningkatkan devisa bagi kita dengan datangnya orang asing yang tinggal dan berkegiatan di Indonesia. Di samping itu, dalam rangka sinergi dan kerja sama dengan instansi lainnya, kami harapkan kebijakan second home visa dapat mendorong K/L lain yang terkait bisa memberikan kemudahan-kemudahan layanannya juga di tengah2 situasi ekonomi global seperti sekarang ini,” pungkas Widodo.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life17 Juli 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Mohon Perlindungan dari Segala Hal Buruk dan Gangguan Orang Jahat

Dengan membaca doa ini , Insya Allah kita akan selalu terhindar dari segala keburukan dan gangguan orang jahat.
Ilustrasi - Dengan membaca doa ini , Insya Allah kita akan selalu terhindar dari segala keburukan dan gangguan orang jahat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi17 Juli 2024, 17:50 WIB

Finalis Putri Nelayan Palabuhanratu Korban Pelecehan Seksual Didampingi Psikolog

Alami trauma, finalis Putri Nelayan Palabuhanratu 2024 korban pelecehan seksual dipastikan dapat pendampingan psikolog.
Kepala DP3A Kabupaten Sukabumi, Eki Radiana Rizki. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat17 Juli 2024, 17:30 WIB

7 Minuman Detoks Terbaik yang Bisa Anda Coba Sendiri Dirumah

Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda.
Ilustrasi - Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda. (Sumber : Freepik.com).
Keuangan17 Juli 2024, 17:20 WIB

Untuk Seluruh Kendaraan! Mulai 2025, Motor dan Mobil di Indonesia Wajib Asuransi

Untuk menguatkan sektor keuangan, pemerintah berencana mewajibkan asuransi bagi seluruh kendaraan.
Ilustrasi. OJK tengah menyusun skema kebijakan kendaraan wajib asuransi pada 2024 (Sumber: istimewa)
Musik17 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos

Lagu Sayangnya dipopulerkan oleh Juicy Luicy dan sempat viral di media sosial Instagram hingga YouTube.
Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:49 WIB

Tindakan Puskesmas usai Warga Temukan Limbah Medis Berceceran di Parungkuda Sukabumi

Puskesmas buka suara terkait penemuan tabung sampel darah dan jarum suntik bekas yang berceceran di jalanan Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:42 WIB

Buru-buru Nyari Ojek, Wanita Gendong Anak Ini Embat Duit Warung di Sukabumi

Awalnya, tidak ada yang sadar dengan aksi pencurian ini. Namun saat pemilik warung hendak berbelanja stok barang, ia baru sadar uang Rp3 juta di meja kasir hilang.
Wanita terduga pelaku pencurian uang di warung terekam CCTV (Sumber: CCTV)
Film17 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai

Longlegs merupakan salah satu film horor thriller terbaru serta terbaik di tahun ini yang telah tayang pada Kamis, 17 Juli 2024 di seluruh bioskop di Tanah Air.
Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai (Sumber : Instagram/@neonrated)
Life17 Juli 2024, 16:00 WIB

10 Ciri Orang yang Punya Karakter Berkelas Meski Tampilannya Sederhana

Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi.
Ilustrasi - Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi. (Sumber : pexels.com/@Sơn Ngọc).
Sukabumi17 Juli 2024, 15:54 WIB

Bupati Ikut Bersuara, Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi

Marwan menunggu mekanisme hukum yang sedang berjalan di kepolisian.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami ketika dimintai komentar soal kasus dugaan pelecehan seksual salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/7/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi