TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Alami Kekeringan Terburuk dalam 40 Tahun, Warga di Kawasan Tanduk Afrika Kelaparan

Senin 26 Sep 2022, 16:15 WIB
Alami Kekeringan Terburuk dalam 40 Tahun, Warga di Kawasan Tanduk Afrika Kelaparan

SUKABUMIUPDATE.com - Wilayah tanduk di Afrika tengah dilanda kekeringan terburuk dalam 40 tahun. Sejumlah ahli mengatakan kawasan tersebut diprediksi akan kembali gagal mengalami musim hujan untuk yang kelima kalinya.

photoKawasn Tanduk Afrika Alami Kekeringan Terburuk - (via: unicef)</span

Melansir dari Tempo.co, sejumlah negara di dunia pada Rabu, 21 September 2022, berjanji akan mengucurkan ratusan juta dolar sebagai dana bantuan tambahan untuk tanduk Afrika. Tambahan bantuan ini menyusul bencana kekeringan di kawasan itu dan naiknya kelaparan di Somalia serta negara lainnya di Afrika.

Baca Juga :

PBB telah memperingatkan jika sebagian wilayah Somalia akan mengalami kelaparan dalam beberapa bulan ke depan, yang mungkin lebih parah dari bencana kelaparan pada 2011. Musibah kelaparan pada 2011 silam menewaskan lebih dari satu perempat juga warga Somalia, yang separuh dari jumlah itu adalah perempuan dan anak-anak   

“Sekarang ini saatnya mengambil tindakan,” kata utusan khusus Somalia bidang kekeringan, Abdirahman Abdishakur Warsame, dalam Sidang Umum PBB. Dia pun mendesak negara-negara di dunia agar menjadi negara yang pemurah.

Sekjen PBB Antonio Guterres memperingatkan warga di kawasan tanduk Afrika sudah mulai melihat adanya jurang bencana kemanusiaan. Ini bukan hal yang dilebih-lebihkan.

“Jika kita bertindak sekarang, maka kita bisa mencegah hal yang buruk terjadi,” kata Guterres.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini