Memanas, China Kecam Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan

Rabu 03 Agustus 2022, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - China mengecam kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi ke Taiwan dan menyebutnya sangat berbahaya. China memperingatkan bahwa perjalanan itu merupakan ancaman bagi stabilitas di kawasan tersebut. 

Melansir dari Tempo.co, Pelosi kunjungi Taiwan pada Selasa malam. Ia menyebut kunjungannya ke Taiwan untuk menunjukkan solidaritas Amerika Serikat dengan pulau yang memiliki pemerintahan sendiri tersebut.

Kementerian Luar Negeri China menyatakan kunjungan Pelosi sangat merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. "Kunjungan itu memiliki dampak yang parah pada landasan politik China-AS, hubungan dan secara serius melanggar kedaulatan dan integritas teritorial China," kata Kemenlu China dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga :

“Gerakan ini seperti bermain api, sangat berbahaya. Mereka yang bermain api akan binasa karenanya,” tambah pernyataan itu.

Pesawat-pesawat tempur China mendengung di garis yang membelah Selat Taiwan sebelum kedatangan Pelosi. Militer China telah disiagakan tinggi dan akan meluncurkan operasi militer yang ditargetkan sebagai tanggapan atas kunjungan tersebut, menurut Kementerian Pertahanan.

Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat mengumumkan bahwa mereka akan melakukan latihan udara dan laut bersama di dekat Taiwan mulai Selasa malam. Selain itu China melakukan uji coba peluncuran rudal konvensional di laut timur Taiwan.

Heino Klinck, mantan wakil asisten menteri pertahanan AS, mengatakan bahwa militer China mungkin akan melakukan operasi untuk mengirim pesan ke Taiwan dan mitranya.

photoPesawat yang ditumpangi Nancy Pelosi saat berkunjung ke Taiwan - (via aljazeera)</span

Operasi militer itu untuk menunjukkan bahwa Beijing tegas dalam menentang segala bentuk kemerdekaan atau otonomi untuk Taiwan.

Dalam sebuah editorial yang diterbitkan di Washington Post beberapa menit setelah tiba di pulau itu, Pelosi menjelaskan alasannya mengunjungi Taiwan. “Kami tidak bisa berdiam diri saat PKC (Partai Komunis China) terus mengancam Taiwan dan demokrasi itu sendiri,” ujarnya di kolom opini.

Pelosi adalah pejabat tertinggi Amerika Serikat yang melakukan perjalanan ke Taiwan dalam 25 tahun terakhir. Ia tiba di Bandara Songshan di pusat kota Taipei dengan penerbangan dari Malaysia ke Taiwan. Kunjungan itu disebut berisiko mendorong hubungan AS-China ke titik terendah.

Delegasi Pelosi disambut oleh Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu, dan Sandra Oudkirk, perwakilan tinggi AS di Taiwan.

SUMBER: AL JAZEERA | REUTERS | TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi18 April 2024, 19:20 WIB

Diduga Rem Blong, Truk AMDK Hantam Angkot di Cicurug Sukabumi

Kecelakaan terjadi di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, melibatkan Colt Diesel Isuzu dan Angkot, Kamis (18/04/24).
Kondisi Angkot trayek Cibadak-Cicurug usai ditabrak Truk AMDK di depan Kantor Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat18 April 2024, 19:00 WIB

10 Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

Berikut Beberapa Makanan dan Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Sayuran Hijau Brokoli. Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah | Foto: Pixabay/silviarita
Sukabumi18 April 2024, 18:42 WIB

Kecelakaan Tunggal Di Depan SMAN 5 Sukabumi, Diduga Ngerem Mendadak Di Jalan Berpasir

Kecelakaan tunggal dialami Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat (Jabar) di Jalan Sarasa tepatnya di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi
Asep Syarif Mulyana (43 tahun) asal Kuningan Jawa Barat korban kecelakaan tunggal di Jalan Sarasa Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi18 April 2024, 18:35 WIB

Batu Unik Diduga Benda Prasejarah Ditemukan di Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi

Batu unik diduga benda prasejarah berupa batu dakon ditemukan warga di aliran Sungai Cikarang Ciracap Sukabumi.
Bongkahan batu unik diduga batu dakon di aliran sungai Cikarang Ciracap Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 18:30 WIB

Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).
Life18 April 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Qunut Subuh: Arab, Latin, Terjemahan dan Ketentuannya

Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari
Bacaan doa qunut shalat subuh yang dapat diamalkan umat muslim setiap hari | Sumber: Freepik (rawpixel.com).