Pemuda Sukabumi Ini Jadi Co-Founder Sepatu Blankenheim yang Go International

Minggu 06 Februari 2022, 19:31 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Muhammad Ammar Maulana tak pernah menyangka usaha sepatu yang dirintisnya kini sudah menembus pasar global. Pria 32 tahun asal Kampung Tegal Datar, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, ini merupakan Co-Founder sekaligus pemilik brand lokal khas Cibaduyut, Blankenheim.

Cerita Ammar bermula saat dia bersama saudaranya, Beny Sofara, memulai usaha tersebut pada 2013. Ketika itu, Beny menjalani studi S2 di Belanda, tepatnya di Jalan Blankenheim. Selama menempuh pendidikan di Negeri Kincir Angin, Beny kerap melihat brand sepatu kulit luar negeri yang memiliki harga relatif tinggi, terutama bagi mahasiswa.

Hal unik terjadi saat Beny melihat tulisan "Made In Indonesia" pada sepatu tersebut. Ini yang kemudian memotivasi Beny mulai merintis bisnis sepatu, mengajak saudaranya, Ammar. Beny berpikir bisnis yang akan dimulainya harus mengembalikan kejayaan sepatu lokal Cibaduyut, namun dengan tampilan internasional atau pasar dunia.

"Jadi alasan mengapa kami membuat brand bertema Eropa, karena visi dan misi kami adalah bisa mengambalikan kejayaan sepatu lokal Cibaduyut dengan look yang lebih internasional," kata Ammar kepada sukabumiupdate.com, Ahad, 6 Februari 2022. Diketahui, Cibaduyut merupakan salah satu pusat industri sepatu di Bandung.

photoBrand Blankenheim. - (Istimewa)

Baca Juga :

Ammar yang saat itu sudah hijrah ke Bandung, berhasil mewujudkan mimpi tersebut bersama Beny. Keduanya kini sukses mengekspor produk sepatu Blankenheim ke sejumlah negara seperti Eropa dan Asia Tenggara. Bahkan, beberapa tokoh penting dalam negeri pun sudah memakai sepatu mereka, antara lain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga pengusaha media Wishnutama.

"Kami memulai usaha ini dari nol. Dijual dari teman satu ke teman yang lain," ucap Ammar. Namun kekinian, Blankenheim sudah bisa memproduksi kurang lebih 200 pasang sepatu setiap bulannya dengan harga Rp 500 ribu hingga Rp 1,2 juta untuk pasar lokal. Sementara untuk luar negeri, dibanderol Rp 2,5 juta hingga Rp 5 juta.

Blankenheim pun saat ini lolos dalam kurasi di salah satu maskapai internasional untuk menjadi pemasok sepatu pramugara dan pramugari di maskapai tersebut. Brand ini juga pernah terpilih mengikuti pameran di Amerika Serikat pada 2019 dan Korea Selatan pada 2020. Ke depann, Blankenheim akan berkolaborasi dengan salah satu brand dari New York.

"Ada YouTuber dari New York. Dia juga mau bikin brand. Jadi kita yang sepatunya, kolaborasi," kata Ammar. Bagi Anda pencinta sepatu, bisa memperoleh produk Blankenheim, baik di store mereka di Jalan Cimanuk Nomor 6 Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, maupun lewat E-Commerce.

REPORTER: CRP 2

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life27 April 2024, 09:30 WIB

5 Manfaat Bangun Subuh Bagi Mental dan Fisik, Nomor 3 Bisa Anda Rasakan Sendiri

Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.
Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.| Sumber: Freepik.com (jcomp)
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari