Segera Dibuka! Beasiswa IISMA 2022, Belajar Singkat di Universitas Luar Negeri

Rabu 26 Januari 2022, 17:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan membuka pendaftaran Indonesian International Student Mobility Awards atau IISMA pada Maret 2022 mendatang. Program beasiswa ini memberikan kesempatan untuk mahasiswa belajar singkat di universitas terkemuka di luar negeri. 

Mengutip tempo.co, program ini merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan. Mahasiswa dapat menghabiskan satu semester di universitas mitra luar negeri untuk belajar, merasakan budaya negara tuan rumah, dan melakukan tugas praktik untuk mengasah keterampilan. 

Peserta program IISMA mendapatkan manfaat berupa biaya kuliah, tunjangan transportasi, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, dan tunjangan visa. Dikutip dari laman resmi Direktorat Pendidikan Tinggi, untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar di luar negeri selama satu semester, pada tahun ini program IISMA membuka kuota sebanyak 1.000 mahasiswa. 

Pendaftaran rencananya dibuka pada 1-31 Maret 2022 dan kegiatan dimulai pada Agustus mendatang. Kampus yang menjadi mitra IISMA merupakan top 100 berdasarkan QS World University Ranking 2022.

Persyaratan mengikuti program IISMA, antara lain warga negara Indonesia, mahasiswa S-1 aktif untuk semester 4-6, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dibuktikan dengan sertifikat Bahasa Inggris; IELTS (6.0), TOEFL-iBT (78), Duolingo English Test (100), mendapat rekomendasi dari universitas asal dengan dibuktikan melalui surat usulan wakil rektor bidang akademik, dan nilai IPK minimal 3.0.

Siti Rifanny Nur Alyaa, salah satu peserta IISMA dari Universitas Padjadjaran menceritakan pengalamannya ketika menjalani program ini. Perempuan yang akrab disapa Fanny ini merupakan peserta IISMA di University of Szeged, Hungaria. Fanny mengikuti program tersebut sejak awal September hingga akhir Desember 2021.

Selama di sana Fanny mengikuti perkuliahan dan berbagai kegiatan kemahasiswaan. Fanny mengikuti perkuliahan pada program business administration and management, khususnya untuk mata kuliah business ethics, project management, marketing channels, dan business writing. Hampir seluruh mata kuliah yang setara dengan 20 SKS itu mendapatkan nilai yang sangat memuaskan.

“Pengalaman di sana enggak cuma belajar dari buku saja melainkan di sana juga belajar mengembangkan hard skill dan soft skill. Di sana bukan sekadar jadi anak kost, tapi belajar jadi manusia yang independen,” kata Fanny kepada Tempo.

Sejumlah kegiatan juga diikuti seperti pertemuan dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Hungaria, lomba dan latihan bahasa Inggris, serta sejumlah forum diskusi lainnya. Fanny juga belajar banyak hal termasuk budaya dan kebiasaan orang Eropa yang mengadaptasi budaya work life balance dalam kehidupan sehari-hari. Dia mencontohkan, waktu perkuliahan di sana tidak dilakukan selama seminggu penuh melainkan hanya tiga hari saja. “Hanya Selasa, Rabu, dan Kamis dan hanya satu setengah jam,” ujar mahasiswi semester enam program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad ini.

Selama menjalani program, Fanny ditunjuk sebagai  representatif  IISMA untuk University of Szeged. Di tengah kegiatan, dia sempat kelelahan dan dirawat di rumah sakit. Tapi, dia bisa bangkit dan menjalani program dengan baik. Pengalamannya itu mengantarkan Fanny terpilih menjadi awardee terbaik program Indonesian International Studenty Mobility Awards pada Anugerah Kampus Merdeka Diktiristek 2021. “Aku ingin sampaikan pada teman-teman untuk mencoba Program IISMA. Bakal jadi pengalaman berharga yang benar-benar kalian tidak akan lupakan,” ujar Fanny.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Keuangan06 Mei 2024, 18:20 WIB

BPR Jampangkulon Sukabumi Gencar Sosialisasikan Program Pinjaman Bagi Honorer

Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon terus berupaya melakukan sosialisasi program pelayanan pinjaman bagi honorer.
Kepala BPR Jampangkulon, Erviandi. (Sumber : SU/Ragil)
Life06 Mei 2024, 18:00 WIB

Dirumah Banyak Semut? Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya

Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS.
Ilustrasi - Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat06 Mei 2024, 17:55 WIB

Kabar Sukabumi Utara? Tanpa Cabut Moratorium 9 Kabupaten Baru di Jabar Hanya Wacana

Selama ini proses pemekaran daerah-daerah ini, termasuk Kabupaten Sukabumi Utara terganjal aturan moratorium pemekaran daerah otonom baru atau DOB.
Peta kecamatan yang akan ke wilayah Kabupaten Sukabumi Utara. Kabar terbaru 9 DOB di Jabar (Sumber: istimewa)
Life06 Mei 2024, 17:30 WIB

Taklukkan Monster Gadget: 7 Jurus Ampuh Menjauhkan Anak dari Kecanduan!

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan.
(Foto Ilustrasi) Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan. | Foto: Pexels.com