Belajar dari Asyifa Sakinah Pramugari Kelahiran Sukabumi, Sukses Bisnis Di Masa Pandemi

Kamis 18 Maret 2021, 13:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Namanya Asyifa Sakinah, pramugari kelahiran Sukabumi 12 Juli 1995 di Desa Cisande Kecamatan Cicantayan. Selain menjadi pramugari, perempuan cantik ini juga sukses berbisnis di masa pandemi covid-19, menjual parfum dan pakaian secara online.

Sebelum membahas bisnisnya, Asyifa Sakinah memperkenalkan diri sebagai lulusan salah satu SMK negeri di Sukabumi. SD dan SMP ditamatkannya di kampung halamannya di Cisande.

Gadis manis berdarah sunda, padang serta arab ini kemudian melanjutkan sekolahnya ke Jakarta. Ia sekarang berdomisili di Jeddah Arab Saudi, sementara keluarganya di Jakarta. 

"Di Sukabumi juga masih ada keluarga. Saya masih sering pulang ke rumah di Sukabumi," ungkapnya memulai obrolan lewat dengan sukabumiupdate.com, Kamis (18/3/2021).

Saat ini Asyifa Sakinah tercatat sebagai pramugari di Maskapai Internasional Kerajaan Arab Saudi. Sembilan tahun sudah sudah ia mengarungi angkasa bersama banyak maskapai di dunia penerbangan.

Tahun 2012 Asyifa Sakinah memulai karir di salah satu maskapai swasta nasional, lalu berpindah ke maskapai lainnya hingga tahun 2017. Ia juga sempat menjadi Flight Attendant (FA) di private jet tahun pada 2018-2019, hingga berlabuh di maskapai Internasional Kerajaan Arab Saudi, pada 2019 hingga sekarang.

photoAsyifa Sakinah Pramugari Kelahiran Sukabumi, dengan seragam Saudia Airlines - (dok Asyifa Sakinah)</span

"Orang tua bercerai, dari kecil aku bersama mama tinggal dan besar di keluarga yang sederhana," ucapnya.

Kondisi ini menempa Asyifa Sakinah jadi pribadi yang mandiri. Dari Sukabumi, ia pun melanjutkan pendidikannya ke Jakarta. "Dulu sambil kuliah, aku selalu melamar kerja. Tertarik dengan rekan yang menjadi FA atau pramugari. Awalnya sempat tidak pede karena tidak terlalu semampai dan masih pakai kawat gigi, belum bisa dandan seperti sekarang" tuturnya.

Singkat cerita, ia pun lolos menjadi FA, bahkan 4 kali lulus tes di maskapai yang berbeda sepanjang karirnya menjadi pramugari. Tak selalu mulus, ia pun sempat ditolak atau tidak diterima saat mencoba menjadi pramugari.

"Waktu itu aku pilih salah satu yang paling cepat proses tanda tangan kontrak, karena tak sabar ingin jadi FA dengan pakai seragam," papar Asyifa Sakinah.

Sebagai cabin crew, salah satu hobinya untuk bertraveling keliling dunia tersalurkan. "Bertemu banyak orang baru, wawasan lebih luas, belajar banyak karakter orang. Tentu profesi ini menyimpan duka karena jauh dari keluarga dan orang-orang tercinta termasuk melewatkan momen penting bersama keluarga," bebernya.

Saat pandemi covid-19 menyergap dunia, ia termasuk salah satu yang harus dirumahkan karena dampak dari situasi yang membatasi seluruh aktivitas manusia tersebut. 11 bulan work from home dan dirumahkan membuat Asyifa Sakinah harus memutar otak untuk tetap bertahan. Hingga akhirnya ia memberanikan diri untuk memulai bisnis, yaitu berjualan parfum dan pakaian. Ia memilih bisnis online dari jaringan produk yang sudah dikenalnya selama ini sebagai FA. 

photoAsyifa Sakinah dalam seragam airlines di Indonesia - (dok. Asyifa Sakinah)</span

"Aku yakin tidak sendirian yang kena dampak pandemi ini. Aku memberanikan diri memulai bisnis yang ternyata bisa seramai ini. Pandemi ini membuat kita lebih kreatif dan dapat menyalurkan bakat terpendam," kenangnya.

Ia menjual produk-produk itu secara online, salah satunya dengan akun instagram toasfragnace. "Memulainya cukup berat, saya sampai sampai pernah gak tidur dua  hari untuk packaging dan pengiriman, sempat sakit. Pengalaman rugi, dicurangi, itu menjadikan aku makin paham cara berbisnis," ungkapnya, 

Baca Juga :

Waktu berlalu, Asyifa Sakinah kini punya tim kuat dalam menjalankan bisnis ini. Ia pun bisa kembali fokus sebagai pramugari. "Supaya dua-duanya jalan dan lancar, intinya komunikasi," sebutnya.

Asyifa bahagia karena akhirnya mampu mengajak sang ibu keliling dunia, umroh tiap tahun. "Mulailah berbisnis dan jangan takut, tetap berusaha dan tetap semangat," tulis Asyifa Sakinah dalam narasi cabin crew menulis, memberikan pesan untuk sesama kru kabin berjuang ditengah pandemi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Inspirasi27 April 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Administrasi Minimal Lulusan SMA dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Administrasi dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi27 April 2024, 10:32 WIB

435 Kasus DBD Tercatat di Kota Sukabumi pada Triwulan Pertama 2024

Periode triwulan pertama 2024, sebanyak 132 pasien berasal dari usia 5-14 tahun.
(Foto Ilustrasi) Dinkes Kota Sukabumi merilis data terbaru kasus DBD selama Januari hingga Maret 2024. | Foto: Pixabay
Life27 April 2024, 10:30 WIB

Stres dan Kecemasan, 5 Penyebab Susah  Tidur  yang Harus Anda Diwaspadai

Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur.
Ilustrasi - Stres dan kecemasan adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab orang susah tidur. | (Sumber : Freepik.com/@DCStudio)
Sukabumi Memilih27 April 2024, 10:15 WIB

Didukung Golkar Gerindra dan PPP, Asjap Percaya Diri Maju di Pilkada Sukabumi

Asjap mengaku bahagia dan percaya diri atas kepercayaan yang didapatnya.
Asjap setelah acara deklarasi koalisi di Grand Sulanjana, Jalan Salabintana, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Jumat, 26 April 2024. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life27 April 2024, 10:00 WIB

9 Alasan Mengapa Semakin Dewasa Kamu Pasti Merasa Kesepian

Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan yang menunjukan seseorang mengalami kesepian dalam hidupnya. (Sumber : pexels.com/mikoto.raw Photographer).
Life27 April 2024, 09:30 WIB

5 Manfaat Bangun Subuh Bagi Mental dan Fisik, Nomor 3 Bisa Anda Rasakan Sendiri

Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.
Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.| Sumber: Freepik.com (jcomp)
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)