AMSI-BBC Media Action Gelar Kerja Sama Program Green Growth Untuk Jurnalis

Rabu 05 Juli 2023, 17:41 WIB
Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dengan dukungan BBC Media Action (BBC MA) menggelar Training of Trainers (ToT) for Indonesian Senior Journalists | Foto: Istimewa

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dengan dukungan BBC Media Action (BBC MA) menggelar Training of Trainers (ToT) for Indonesian Senior Journalists | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Isu lingkungan hidup adalah konten yang sangat dibutuhkan publik. Namun, isu seputar lingkungan hidup jarang menjadi perhatian utama media karena saat ini tren media lebih memilih follow the traffic. Akibatnya, jurnalis kita saat ini jarang yang punya keahlian paripurna. Pagi menulis ekonomi, siang menulis politik, dan seterusnya. Padahal, menjadi jurnalis dengan keahlian yang purna adalah sebuah kebutuhan. Demikian disampaikan Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut, saat membuka Training of Trainers (ToT) for Indonesian Senior Journalists kerjasama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dengan BBC Media Action (BBC MA).

“Program ini menjadi jalan pulang untuk melihat isu apa yang lebih dibutuhkan publik, bukan sekedar traffic dan pageview. Dalam tren jurnalisme viral, banyak informasi penting yang terlewatkan untuk dikonsumsi publik. Jadi, ketika kita memberikan informasi tentang green journalism , seperti hari ini kita lakukan, maka akan menjadi langkah awal yang baik untuk mengubah mindset pembaca dari mengkonsumsi berita yang penting viral ke berita dengan value penting,” kata papar Wenseslaus Manggut.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dengan dukungan BBC Media Action (BBC MA) menggelar Training of Trainers (ToT) for Indonesian Senior Journalists. Pelatihan untuk calon pelatih ini diselenggarakan di Jakarta pada 3-5 Juli 2023, melibatkan 10 jurnalis senior dari berbagai wilayah Indonesia meliputi Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bengkulu, Gorontalo, dan Maluku Utara. Training menghadirkan Mary Morgan, Capacity Strengthening Lead BBC MA London, Inggris.

Baca Juga: AMSI dan 12 Organisasi Masyarakat Sipil Tanda Tangani Komitmen Pemilu Damai 2024

Selain berfokus pada peningkatan pemahaman isu-isu lingkungan, Capacity Strengthening Lead BBC MA, Mary Morgan, mengatakan, ToT ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam menghasilkan konten atau artikel yang menarik dan efektif untuk isu terkait.

“Selama tiga hari pelatihan, kami berharap 10 senior jurnalis yang menjadi peserta kegiatan ini dapat dengan percaya diri berbagi ilmu sebagai trainer pada setiap program yang terkait dengan isu-isu green growth,” kata Mary.

Berbagai rancangan kegiatan terangkum dalam proyek kerja sama antara BBC MA dan AMSI termasuk ToT untuk jurnalis senior, pelatihan jurnalistik untuk jurnalis muda lokal, 6 seri webinar, dan fellowship untuk memproduksi konten terkait isu lingkungan hijau.

Sementara itu, Head of Project BBC MA, Helena Rea, memberikan gambaran tentang proyek For the People. proyek yang didanai oleh Norad ini secara garis besar bertujuan untuk memberikan penguatan ekosistem informasi dan komunikasi media dalam meningkatkan keterlibatan publik pada isu lingkungan di Indonesia.

Baca Juga: KPU dan AMSI Kerja Sama Cek Fakta Pemilu 2024 di Seluruh Indonesia

“Proyek For the People diharapkan dapat merangkul anak muda dalam membawa perubahan pandangan dan lebih peduli pada isu lingkungan serta memahami budaya masyarakat adat,” katanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life22 Mei 2024, 14:45 WIB

6 Pantai Angker yang Punya Cerita Mistis di Indonesia, Salah Satunya di Sukabumi

Indonesia selain memiliki keindahan alamnya, tetapi juga mempunyai cerita mistis dibaliknya yang terletak di daerah pantai. Bahkan sejarah dari pantai tersebut memiliki keangkeran cukup seram
Ilustrasi Pantai angker yang punya cerita mistis di Indonesia (Sumber : Pexels.com/@arnaudaudoin)
Jawa Barat22 Mei 2024, 14:42 WIB

Jadi Kuli Bangunan di Bandung? Foto Pegi Alias Perong DPO Kasus Vina Cirebon Beredar

Bersama 2 lainnya, Perong menjadi DPO selama 8 tahun, setelah dinyatakan kabur pasca pembunuhan dan pemerkosaan vina serta kekasihnya Eki pada 2016.
Foto pria yang disebut sebagai Pegi alias perong pasca penangkapan di Bandung (Sumber: istimewa)
Sehat22 Mei 2024, 14:30 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Asam Urat yang Normal? Simak Penjelasannya Disini

Kadar asam urat yang tinggi (hiperurisemia) mungkin disebabkan oleh peningkatan produksi atau penurunan pembersihan asam urat dari dalam tubuh.
Ilustrasi - Kadar asam urat yang tinggi (hiperurisemia) mungkin disebabkan oleh peningkatan produksi atau penurunan pembersihan asam urat dari dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Keuangan22 Mei 2024, 14:19 WIB

Paling Banyak Lulusan Sekolah Ini, Menaker Soal 9,9 Juta Anak Muda Nganggur

Menaker Ida menyebut salah satu penyebab tingginya angka pengangguran karena ketidakcocokan antara keterampilan yang dimiliki lulusan dengan kebutuhan industri pasar tenaga kerja
Ilustrasi perayaan kelulusan sekolah. BPS catat 9,9 juta anak muda indonesia nganggur (Sumber: istimewa)
Life22 Mei 2024, 14:15 WIB

5 Hantu Terseram di Pulau Sumatera, Ada yang Suka Jahil dan Habisi Nyawa Manusia

Sumatera dikenal memiliki beberapa cerita hantu yang kerap mengganggu penduduk setempat. Cerita mistis tersebut sampai saat ini masih dipercaya oleh mereka sebagai mitologi
Ilustrasi hantu menyeramkan yang ada di pulau Sumatera (Sumber : Pexels.com/@Charlesparker)
Sukabumi22 Mei 2024, 14:10 WIB

Puskesmas dan Forkopimcam Kalibunder Sukabumi Launching Program Geber Si Jumo

UPTD Puskesmas Kalibunder Kabupaten Sukabumi launching kegiatan Gerakan Bersama Literasi Stunting, Imunisasi, Pencegahan DBD, dan Penanggulangan TBC (Geber Si Jumo), dan Jaga Ibu Hamil Lingkungan Bersih dan Sehat (Jamilah)
Acara launching kegiatan Geber Sijumo (Gerakan bersama iterasi Stunting, Imunisasi, Pencegahan DBD, dan Penanggulangan TBC) dan kegiatan Jaga Ibu Hamil Lingkungan Bersih dan Sehat (Jamillah) Foto : Ragil Gilang
Life22 Mei 2024, 14:00 WIB

Kepribadian dan Hati yang Baik, 10 Hal Menarik Ini Bisa Bikin Jatuh Cinta!

Orang yang menarik cenderung bisa membuat pasangan merasa aman, baik secara fisik maupun emosional, sangat penting.
Ilustrasi. Kepribadian dan Hati yang Baik, Intip Apa Saja Hal Menarik yang Bisa Bikin Jatuh Cinta! (Sumber : Pexels/PolinaTankilevitch)
Bola22 Mei 2024, 13:45 WIB

Siap Hadapi Madura United di Final, Bojan Pastikan Seluruh Pemain Bugar

Pelatih Persib Bojan Hodak cukup yakin saat nanti menghadapi Madura United di Final Championship Series.
Pelatih Persib Bojan Hodak cukup yakin saat nanti menghadapi Madura United di Final Championship Series. | Foto: persib.co.id/Amandeep Rohimah
Kecantikan22 Mei 2024, 13:30 WIB

Serum, Pelembab hingga Toner, Ini 9 Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah

Niacinamide membantu memperbaiki penghalang kulit, yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, polusi, dan faktor lingkungan lainnya.
Ilustrasi. Skincare Niacinamide untuk Kulit Wajah. (Sumber : Pexels/shvetsproduction)
Sukabumi22 Mei 2024, 13:02 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Tegalbuleud

Kepala Desa Tegalbuleud, Ramdan Arif Firmansyah bantuan dari Dinas Sosial berupa sembako, alat mandi, kasur lipat, alat dapur, makanan siap saji, paket makanan anak, dan lain lain.
Dinas Sosial (Dinsos)  Kabupaten Sukabumi, salurkan bantuan untuk korban kebakaran di Tegalbuleud Sukabumi (Sumber: istimewa)