Segera Dibuka! 4 Jurusan Ini Paling Dibutuhkan pada Formasi CPNS 2023

Selasa 14 Maret 2023, 19:00 WIB
Segera Dibuka! 4 Jurusan Ini Paling Dibutuhkan pada Formasi CPNS 2023. | Foto: Dok setkab.go.id

Segera Dibuka! 4 Jurusan Ini Paling Dibutuhkan pada Formasi CPNS 2023. | Foto: Dok setkab.go.id

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar mengenai pembukaan CPNS 2023 setiap harinya semakin ramai diperbincangkan oleh publik. Namun, berita baiknya pemerintah telah memastikan akan membuka penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tahun 2023.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Rekrutmen ini dibuka mulai dari Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023," tegas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, sebagaimana dikutip dari menpan.go.id, Selasa (14/3/2023).

Formasi CPNS 2023

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa pendaftaran CASN (Calon Aparatur Sipil Negara) meliputi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK dilakukan secara selektif dan terbatas. Hal ini diungkapkan pada Senin 30 Januari 2023 di Jakarta.

Baca Juga: Bus Palabuhanratu Bogor Terperosok di Jalan Alternatif Tenjo Ayu Sukabumi

“Seleksi tahun ini (2023) akan dibuka untuk umum juga, tidak hanya bagi jalur sekolah kedinasan”, kata Menteri Anas yang dikutip dari laman resmi Kemenpan RB.

Terkait daftar formasi CPNS 2023, Menteri PANRB Anas melanjutkan bahwa pemerintah masih berupaya memenuhi kebutuhan tenaga pendidikan dan kesehatan.

Namun, tidak menutup kesempatan dan prioritas bagi talenta digital. Pemilihan pekerja digital dinilainya sebagai wujud transformasi digitalisasi dalam kerangka agenda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Baca Juga: 2 Orang Tewas, Ini Kronologis Kecelakaan Maut di Cibeber Sukabumi

“Formasi juga akan dipersiapkan untuk jaksa, hakim, dosen, dan tenaga teknis tertentu”, imbuh mantan ketua LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah) itu.

Jurusan paling banyak dibutuhkan di rekrutmen CPNS 2023

Berkaitan dengan daftar formasi CPNS 2023 tersebut, maka tak heran bila pemerintah memprioritaskan jurusan dengan basic pendidikan, kesehatan, komunikasi dan digital, serta hukum. Berikut telah dirangkum dari berbagai sumber, 4 jurusan prioritas penerimaan CPNS 2023 yang dikutip via Tempo.co.

1. Jurusan Kesehatan

Hampir setiap penerimaan CPNS, formasi yang selalu dibutuhkan adalah bidang kesehatan. Ini artinya, kebutuhan akan tenaga kesehatan selalu diprioritaskan karena memiliki kapasitas yang cukup banyak pada tiap seleksinya.

Baca Juga: Pemuda Tewas Jatuh ke Jurang di Bukit Panenjoan Sukabumi

Sehingga bagi Anda, lulusan dari jurusan Kedokteran, Kebinanan, Keperawatan, Farmasi, Epidemologi, dan sebagainya memiliki peluang lebih besar untuk jadi PNS.

2. Jurusan Pendidikan

Tingginya akan kebutuhan tenaga pengajar seperti guru dan dosen untuk mendidik dan mencerdaskan generasi bangsa, menjadi salah satu yang diprioritaskan oleh negara. Maka bagi Anda lulusan S1 pendidikan, akan memiliki peluang besar dalam penerimaan CPNS 2023.

Baca Juga: Lowongan Kerja Operator Minimal Lulusan SMA Sederajat, Cek Persyaratannya Disini!

Adapun lulusan S1 pendikan tersebut dapat berasal dari jurusan Pendidikan Agama, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan sebagainya. Bahkan, selain bisa daftar CPNS 2023, lulusan S1 pendidikan juga bisa ikut seleksi PPPK 2023.

3. Jurusan Komunikasi dan Digital

Seperti yang diungkapan Menteri PANRB Anas bahwa talenta digital juga akan diprioritaskan pada penerimaan CPNS 2023. Maka jurusan dengan basic komunikasi dan digital berpeluang besar menjadi PNS.

Hal tersebut lantaran pemilihan pekerja digital dianggap sebagai wujud transformasi digitalisasi dalam kerangka agenda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Maka jurusan komunikasi dan digital merupakan jurusan yang menekuni talenta digital.

Adapun jurusan yang dimaksud dalam basic ini adalah Jurusan Desain Grafis, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan Bisnis Digital, Jurusan Sistem Informasi, Jurusan Teknologi Informasi dan sebagainya.

4. Jurusan Hukum

Selain ketiga jurusan diatas, formasi penerimaan CPNS 2023 juga akan dipersiapkan untuk lulusan sarjana di bidang hukum. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga ahli hukum oleh pemerintah, seperti jaksa dan hakim.

Baca Juga: Erick Thohir Larang Seluruh Kegiatan di SUGBK, Termasuk Laga Persija vs Persib

Oleh karenanya, lulusan S1 bidang hukum seperti Ilmu Hukum, Hukum, Perbandingan Mazhab dan Hukum, Al-Ahwal Al-Syakhshiyya, Jinayah Siyasah dan sebagainya, berpeluang besar pada penerimaan formasi CPNS 2023.

Sumber: Tempo.co (Kakak Indra Purnama)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 11:00 WIB

Melihat Dirimu Apa Adanya, 10 Ciri Si Dia Ternyata adalah Jodoh Sejatimu

Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama.
Ilustrasi - Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sukabumi24 April 2024, 10:52 WIB

Selamat! 66 Siswa Dapat Beasiswa Wali Kota Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Calon mahasiswa peraih beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta.
Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 66 siswa. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)
Sukabumi24 April 2024, 10:22 WIB

Isi BBM Lalu Muncul Api, Kronologi Kebakaran Angkot di SPBU Gedongpanjang Sukabumi

Mulyana kemudian melihat api dan tak lama api langsung menyambar celananya.
Tangkapan layar video kebakaran angkot di SPBU Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (24/4/2024). | Foto: Istimewa/Facebook Dedi Suhendra