Segera Dibuka! 4 Jurusan Ini Paling Dibutuhkan pada Formasi CPNS 2023

Selasa 14 Maret 2023, 19:00 WIB
Segera Dibuka! 4 Jurusan Ini Paling Dibutuhkan pada Formasi CPNS 2023. | Foto: Dok setkab.go.id

Segera Dibuka! 4 Jurusan Ini Paling Dibutuhkan pada Formasi CPNS 2023. | Foto: Dok setkab.go.id

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar mengenai pembukaan CPNS 2023 setiap harinya semakin ramai diperbincangkan oleh publik. Namun, berita baiknya pemerintah telah memastikan akan membuka penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada tahun 2023.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Rekrutmen ini dibuka mulai dari Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023," tegas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, sebagaimana dikutip dari menpan.go.id, Selasa (14/3/2023).

Formasi CPNS 2023

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa pendaftaran CASN (Calon Aparatur Sipil Negara) meliputi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK dilakukan secara selektif dan terbatas. Hal ini diungkapkan pada Senin 30 Januari 2023 di Jakarta.

Baca Juga: Bus Palabuhanratu Bogor Terperosok di Jalan Alternatif Tenjo Ayu Sukabumi

“Seleksi tahun ini (2023) akan dibuka untuk umum juga, tidak hanya bagi jalur sekolah kedinasan”, kata Menteri Anas yang dikutip dari laman resmi Kemenpan RB.

Terkait daftar formasi CPNS 2023, Menteri PANRB Anas melanjutkan bahwa pemerintah masih berupaya memenuhi kebutuhan tenaga pendidikan dan kesehatan.

Namun, tidak menutup kesempatan dan prioritas bagi talenta digital. Pemilihan pekerja digital dinilainya sebagai wujud transformasi digitalisasi dalam kerangka agenda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Baca Juga: 2 Orang Tewas, Ini Kronologis Kecelakaan Maut di Cibeber Sukabumi

“Formasi juga akan dipersiapkan untuk jaksa, hakim, dosen, dan tenaga teknis tertentu”, imbuh mantan ketua LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah) itu.

Jurusan paling banyak dibutuhkan di rekrutmen CPNS 2023

Berkaitan dengan daftar formasi CPNS 2023 tersebut, maka tak heran bila pemerintah memprioritaskan jurusan dengan basic pendidikan, kesehatan, komunikasi dan digital, serta hukum. Berikut telah dirangkum dari berbagai sumber, 4 jurusan prioritas penerimaan CPNS 2023 yang dikutip via Tempo.co.

1. Jurusan Kesehatan

Hampir setiap penerimaan CPNS, formasi yang selalu dibutuhkan adalah bidang kesehatan. Ini artinya, kebutuhan akan tenaga kesehatan selalu diprioritaskan karena memiliki kapasitas yang cukup banyak pada tiap seleksinya.

Baca Juga: Pemuda Tewas Jatuh ke Jurang di Bukit Panenjoan Sukabumi

Sehingga bagi Anda, lulusan dari jurusan Kedokteran, Kebinanan, Keperawatan, Farmasi, Epidemologi, dan sebagainya memiliki peluang lebih besar untuk jadi PNS.

2. Jurusan Pendidikan

Tingginya akan kebutuhan tenaga pengajar seperti guru dan dosen untuk mendidik dan mencerdaskan generasi bangsa, menjadi salah satu yang diprioritaskan oleh negara. Maka bagi Anda lulusan S1 pendidikan, akan memiliki peluang besar dalam penerimaan CPNS 2023.

Baca Juga: Lowongan Kerja Operator Minimal Lulusan SMA Sederajat, Cek Persyaratannya Disini!

Adapun lulusan S1 pendikan tersebut dapat berasal dari jurusan Pendidikan Agama, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan sebagainya. Bahkan, selain bisa daftar CPNS 2023, lulusan S1 pendidikan juga bisa ikut seleksi PPPK 2023.

3. Jurusan Komunikasi dan Digital

Seperti yang diungkapan Menteri PANRB Anas bahwa talenta digital juga akan diprioritaskan pada penerimaan CPNS 2023. Maka jurusan dengan basic komunikasi dan digital berpeluang besar menjadi PNS.

Hal tersebut lantaran pemilihan pekerja digital dianggap sebagai wujud transformasi digitalisasi dalam kerangka agenda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Maka jurusan komunikasi dan digital merupakan jurusan yang menekuni talenta digital.

Adapun jurusan yang dimaksud dalam basic ini adalah Jurusan Desain Grafis, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan Bisnis Digital, Jurusan Sistem Informasi, Jurusan Teknologi Informasi dan sebagainya.

4. Jurusan Hukum

Selain ketiga jurusan diatas, formasi penerimaan CPNS 2023 juga akan dipersiapkan untuk lulusan sarjana di bidang hukum. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga ahli hukum oleh pemerintah, seperti jaksa dan hakim.

Baca Juga: Erick Thohir Larang Seluruh Kegiatan di SUGBK, Termasuk Laga Persija vs Persib

Oleh karenanya, lulusan S1 bidang hukum seperti Ilmu Hukum, Hukum, Perbandingan Mazhab dan Hukum, Al-Ahwal Al-Syakhshiyya, Jinayah Siyasah dan sebagainya, berpeluang besar pada penerimaan formasi CPNS 2023.

Sumber: Tempo.co (Kakak Indra Purnama)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)