Bahas Peluang Bisnis Media Lokal, Suara.com dan IMS Luncurkan LMS 2023

Kamis 26 Januari 2023, 19:11 WIB
Suara.com dam IMS berencana luncurkan Lokal Media Summit (LMS) 2023 membahas peluang bisnis media lokal | Foto: Istimewa

Suara.com dam IMS berencana luncurkan Lokal Media Summit (LMS) 2023 membahas peluang bisnis media lokal | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Lewat acara daring bertajuk "Local Media Outlook: Menggali Potensi Bisnis Media Lokal di 2023" yang digelar Kamis (26/1/2023), Suara.com bersama International Media Support (IMS) memaparkan beberapa hal menarik.

Selain meluncurkan program Local Media Summit (LMS) 2023, dibeberkan pula beberapa program spesifik yang akan dilakukan sepanjang tahun ini, plus paparan tentang berbagai peluang yang bisa dimanfaatkan media lokal.

Acara yang digelar lewat platform video Zoom dan juga ditayangkan live di website serta kanal Youtube Suaradotcom, menghadirkan pembicara menarik. Mereka adalah Suwarjono, Pendiri sekaligus Pemimpin Redaksi Suara.com, Alandra Dio dari platform Snack Video, Annisa Rahmatillah dari media SukabumiUpdate, serta Country Manager IMS Indonesia, Eva Danayanti.

Dalam sesi awal yang berisi paparan program IMS di Indonesia, terutama yang dikelola bersama Suara.com, Eva Danayanti selaku Country Manager IMS menyampaikan bahwa LMS 2023 siap digelar dengan kemasan yang lebih baik dan lebih bermanfaat bagi para peserta.

Sembari memperlihatkan tayangan microsite Local Media Summit, Eva menjelaskan, bahwa berbeda dengan tahun lalu, LMS tahun ini akan didahului semacam sesi pre-event.

"Salah satu sesi yang sudah kita rancang dan sedang dipersiapkan bersama Suara.com itu adalah Jatim Media Summit 2023, yang akan dikelola terutama oleh BeritaJatim selaku tuan rumah dan rencananya nanti digelar di Surabaya," ungkap Eva.

Diketahui, Suara.com dan IMS pada akhir Oktober 2022 lalu sukses menggelar event LMS perdana. Diikuti oleh hampir 200 perwakilan media lokal dari seluruh Indonesia dan stakeholder lainnya yang hadir langsung, plus hampir 100 peserta yang bergabung secara online, acara yang dipusatkan di Gedung Perpustakaan Nasional di Jakarta saat itu disambut antusias para peserta. Antusiasme itu pulalah yang memastikan bahwa LMS tahun ini akan kembali digelar.

Di luar LMS, Eva pun memaparkan bahwa masih ada beberapa kegiatan lainnya yang sudah dipersiapkan bagi sejumlah media lokal, termasuk lewat pertemuan langsung di daerah-daerah.

Salah satunya menurutnya, sambil memberikan sedikit spoiler, adalah untuk media lokal di daerah Kalimantan Timur. Selain itu, masih ada berbagai aktivitas reguler yang sudah dirancang untuk media-media yang tergabung dalam program Startup for Media Startup (SMS).

Di kesempatan sama, Suwarjono selaku penggagas LMS yang juga Pemimpin Redaksi Suara.com, menyampaikan bahwa agenda LMS menarik karena memberikan wawasan mengenai industri media lokal kekinian, mendekatkan kesenjangan teknologi dan bisnis media nasional dan lokal, update perkembangan bisnis media dan platform global, serta networking sesama media, stakeholder dan platform global.

Dalam paparannya sendiri, Suwarjono membagikan beberapa hal yang bisa disebut sebagai outlook terhadap kondisi dan perkembangan media lokal khususnya saat ini.

Salah satu yang menjadi concern terutama adalah adanya disrupsi, di mana antara lain bisa ditandai dengan ramainya peredaran informasi dan beragam konten di media sosial.

Contohnya, pengguna medsos selain sebagai audiens, saat ini juga bisa bertindak langsung sebagai produsen dan distributor.

Namun, Suwarjono juga menyampaikan, bahwa sebenarnya masih ada sejumlah peluang yang bisa diambil dan dimanfaatkan oleh para pengelola media lokal. "Bahwa yang penting itu, media lokal bisa adaptif terhadap perubahan. Misalnya, bisa dengan memanfaatkan platform global untuk konten segmented. Juga bahwa konten-konten hyperlocal saat ini semakin menarik," ungkapnya.

"Peluang lainnya, misalnya ada pada konten video shorts dan vertikal, konten social media (content marketing), serta dengan memanfaatkan momen Pilkada dan Pemilu di 2024. Lainnya tentu, bisa dengan tetap meraih penghasilan dari programmatic untuk media bertrafik tinggi, selain juga mencoba pengelolaan event dan komunitas lokal," tambah Suwarjono.

Sementara itu di sesinya masing-masing, Alandra Dio dan Annisa Rahmatillah pun berbagi informasi yang tak kalah menarik. Dio dari Snack Video misalnya, memaparkan bahwa platform yang juga mengandalkan konten video vertikal tersebut memiliki berbagai fitur yang siap memaksimalkan konten-konten dari publisher yang bekerja sama dengannya. Dia pun memberikan beberapa contoh konten dari media yang sudah onboard sejauh ini.

Annisa dari SukabumiUpdate pun berbagi pengalaman serta perkembangan konten-konten video mereka, yang diakuinya saat ini menjadi salah satu andalan utama produk medianya. Sambil menunjukkan beberapa contoh, menurutnya "jualan" lewat video yang awalnya sempat diragukan keberhasilannya tersebut, saat ini sudah berhasil jadi penopang utama pemasukan SukabumiUpdate.

Di bagian akhir, baik Eva maupun Suwarjono yang menarik sedikit kesimpulan dari acara ini, menggarisbawahi bahwa meski ada situasi sulit yang harus dihadapi oleh hampir semua media, apalagi media-media lokal di daerah, masih ada banyak peluang yang bisa dicoba dan dimanfaatkan untuk bertahan dan terus berkembang.

Untuk itu pulalah, Suara.com dan IMS mencoba turut hadir dengan program-programnya, yang pada ujungnya diharapkan dapat membantu media lokal memiliki bisnis yang berkelanjutan.

Untuk program dan informasi lainnya, bisa dicek update-nya secara berkala di laman Local Media Summit

https://microsite.suara.com/localmediasummit 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).
Life26 April 2024, 15:30 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Pola Pikir Anak Semakin Dewasa, Ini Rahasianya

Anak akan memiliki pola pikir dewasa ketika orang tuanya mengajarkan beberapa hal penting sudah semenjak belia. Ini penting untuk pertumbuhan seorang anak kelak.
Ilustrasi. Didikan yang membuat pola pikir anak dewasa. Sumber Foto : Pexels/RDNE Stock Project
Musik26 April 2024, 15:15 WIB

Konser Dua Hari di Indonesia, Berikut Profil dan Daftar Lagu Milik Penyanyi IU

IU akan menggelar konser bertajuk H.E.R selama dua hari di Indonesia. Penggemar menyambut antusias kedatangan penyanyi tersebut sampai tiketnya langsung sold out dan menambah kursi.
IU yang akan menggelar konser H.E.R selama dua hari pada tanggal 27-28 April 2024 di ICE BSD, Tangerang. (Sumber Foto: Instagram /@ dlwlrma)
Sukabumi26 April 2024, 15:02 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Hadiri Podcast Perlindungan Sosial di Radio Swara Perintis

Program BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan perlindungan sosial kepada pekerja.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi di acara podcast Radio Swara Perintis Sukabumi, Kamis, 25 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi26 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Life26 April 2024, 14:19 WIB

Jangan Bandingkan Anak, 9 Trik Pengasuhan Umum yang Harus Dihindari Orang Tua

Hanya karena beberapa nasihat dan taktik tertentu telah ada selama beberapa generasi, bukan berarti nasihat tersebut bagus.
Ilustrasi pengasuhan yang harus dihindari. | Foto: Pexels.com/@Sonam Prajapati