Persiapkan Diri! 4 Kementerian Ini Buka Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan SMA

Rabu 21 Desember 2022, 16:15 WIB
Formasi CPNN untuk lulusan SMA, D4 dan S1 segera dibuka di Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, (illustrasi/ Sumber : Foto: Instagram/@cpnsindonesia.id).

Formasi CPNN untuk lulusan SMA, D4 dan S1 segera dibuka di Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, (illustrasi/ Sumber : Foto: Instagram/@cpnsindonesia.id).

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap tahunnya pendaftaran CPNS di kementerian selalu dibuka dan menjadi favorit bagi mereka yang ingin berkarir sebagai ASN di kementerian.

Calon peserta yang mendaftar CPNS 2023 tidak hanya dari kalangan lulusan D4 atau S1 saja. Mereka yang merupakan lulusan SMA sederajat juga memiliki peluang yang sama untuk mendaftar CPNS 2023 di sejumlah kementerian.

Selain mengetahui formasi CPNS 2023 lulusan SMA sederajat, calon peserta juga wajib mencari tahu syarat yang ditentukan. Masing-masing kementerian biasanya menetapkan syarat yang berbeda-beda.

Baca Juga: Tips Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2023, Pendaftar Wajib Teliti!

Sebagai salah satu contoh, ada sejumlah instansi atau kementerian yang memasang syarat tinggi badan minimal calon pelamar. Oleh karenanya, Anda wajib memperhatikan secara detail apa saja syarat yang ditetapkan masing-masing instansi.

Dilansir dari Suara.com, berikut daftar kementerian buka formasi CPNS 2023 lulusan SMA sederajat merujuk pada data CPNS tahun-tahun sebelumnya.

Kementerian yang Buka Formasi CPNS 2023 Lulusan SMA Sederajat

1. Kementerian Perhubungan

Pada 2021, Kementerian Perhubungan membuka formasi CPNS lulusan SMA/SMK.Tak tanggung, ada 684 formasi terbuka untuk para lulusan SMA.

Baca Juga: CPNS 2023: 10 Contoh Latihan Soal TWK, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Mereka akan ditempatkan sebagai teknisi sarana dan prasarana, petugas aviation security (Avsec), petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK), teknisi listrik dan jaringan, penerbang, teknisi peralatan listrik dan elektronika dan pemula - teknisi penelitian dan perekayasaan.

2. Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan tak tertinggal membuka formasi CPNS lulusan SMA sederajat. Formasi lulusan SMA di kementerian ini akan ditempatkan sebagai pengemudi ambulans dan pemula-kataloger.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2023 Akan Dibuka, Simak 4 Formasi yang Jadi Prioritas

3. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Kemenkumham sering membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA sederajat. Seperti pada CPNS 2021, kementerian ini membutuhkan sebanyak 253 formasi tenaga kesehatan dan 4.305 formasi tenaga teknis. Selain itu, Kemenkumham juga membutuhkan formasi untuk mengisi jabatan penjaga tahanan.

4. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Pada CPNS 2021, KLHK juga membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA sederajat. Lulusan ini diperlukan untuk mengisi jabatan sebagai polisi hutan di bidang kehutanan atau pertanian.

Baca Juga: Intip Bocoran Gaji CPNS 2023 Lulusan SMA Sederajat, Jangan Kaget!

Demikian beberapa kementerian yang buka formasi CPNS 2023 lulusan SMA sederajat. Data CPNS 2021 di atas bisa menjadi acuan bagi Anda yang hendak mendaftar CPNS 2023, bukan hal yang tak mungkin jika kementerian-kementerian di atas akan kembali membuka formasi CPNS 2023 lulusan SMA.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 13:31 WIB

5 Sikap Sederhana yang Membuat Anda Semakin Berwibawa di Mayarakat, Ini Rahasianya!

Sikap yang dilakukan orang bisa menjadi alasan orang lain memandangnya berwibawa, sehingga rasa hormat dan keseganan itu nyata adanya.
Ilustrasi. Sikap yang membuat orang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Ono Kosuki
Life28 April 2024, 13:30 WIB

Menghabiskan Waktu Bersama, Terapkan 6 Cara Kecil Ini Agar Anak Merasa Istimewa

Ada cara sederhana namun ampuh untuk memastikan semua anak Anda merasa istimewa.
Ilustrasi. Cara membuat anak merasa istimewa. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 13:25 WIB

Larang Nobar Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024, MNC Group Umumkan Aturannya

Pegang hak siar, MNC Group tegaskan larangan nobar kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024. Pelanggar diancam penjara dan denda.
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Uzbekistan U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : pssi.org)
Life28 April 2024, 13:00 WIB

Apa Itu Baperan? Berikut 8 Cara Menghilangkan Sifat Tersebut!

Siapa yang tak pernah merasakan kebaperan? Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami perasaan yang terlalu sensitif atau mudah tersinggung terhadap hal-hal kecil.
Ilustrasi. Anak baperan. Sumber : pixabay/adjusty22
Science28 April 2024, 12:45 WIB

Sukabumi Skala IV-V MMI, Dampak Gempa M6.2 Laut Garut Wilayah Selatan Jawa Barat

Menurut BMKG, ukuran gempa mengacu pada skala Mercalli yang merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902.
Gempa M6,2 Laut Garut di Wilayah Selatan Jawa Barat pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)
Life28 April 2024, 12:00 WIB

10 Tips Jitu Meredakan Emosi Agar Makin Sabar dan Terkendali

Artikel ini akan membahas beberapa strategi praktis untuk mengelola dan meredam emosi yang sedang memuncak, sehingga kita dapat tetap tenang dan terkendali dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.
Ilustrasi. Lonjakan Emosi. Sumber : pixabay/noone09
Life28 April 2024, 11:43 WIB

Tobat Sebelum Terlambat, 6 Tanda Hati Kamu Masih Kotor Menurut Islam!

Orang yang berhati kotor biasanya lantaran masih menyimpan penyakit hati. Ini merupakan tanda dari level manusia.
Ilustrasi. Tanda orang yang berhati kotor. | Sumber foto : Pexels/SHVETS production
Sukabumi Memilih28 April 2024, 11:30 WIB

Penjaringan Bacabup Sukabumi dari Golkar Masih Berlangsung, Deklarasi Asjap Dinilai Terlalu Dini

Deklarasi Asep Japar atau Asjap sebagai calon Bupati Sukabumi oleh Golkar Kabupaten Sukabumi dinilai terlalu dini.
Bendera Partai Golkar. | Foto: Istimewa
Life28 April 2024, 11:30 WIB

Coba Terapkan, Ini 6 Hal yang Dapat Dilakukan Agar Anak Lebih Mandiri

Mengajari anak tentang kemandirian adalah kuncinya. Meskipun itu tidak mudah. Berikut beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk membantu si kecil menjadi lebih mandiri.
Ilustrasi. Tips membuat anak lebih mandiri. Sumber : Freepik/@freepik
Science28 April 2024, 11:00 WIB

Gempa M6,2 Laut Garut Dirasakan Warga Sukabumi, Apa Itu Intra Slab Earthquake?

BMKG menyebutkan, Gempa M6,2 Selatan Jawa Barat ini terjadi akibat pecahnya batuan dalam lempeng Indo-Australia (intraslab earthquake).
Intra Slab Earthquake: Gempa M6,2 Garut pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)