Segera Digelar, Ini Fakta Menarik Oscar 2020

Minggu 09 Februari 2020, 17:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Malam puncak penyelenggaraan Oscar 2020 atau yang ke-92 akan berlangsung pada 9 Februari 2020 di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat. Dapatkah Parasite mengukir sejarah baru untuk memenangkan Piala Oscar di sejumlah kategori bergengsi? Akankah Laura Dern menjadi yang pertama di keluarga filmnya yang mendapatkan patung Oscar?

Berikut ini beberapa fakta menarik dan serba-serbi Oscar 2020, seperti dilansir AFP, Minggu, 9 Februari 2020.

Tujuan besar Parasite

Film Parasite telah membuat sejarah ketika menjadi film Korea Selatan pertama yang dinominasikan untuk kategori film fitur internasional terbaik, film terbaik serta sutradara terbaik dalam Oscar 2020.

Film thriller-dark comedy yang telah meraih banyak penghargaan internasional itu diperkirakan akan menang sebagai film berbahasa asing terbaik. Parasite juga bisa membuat sejarah dengan menjadi film non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan film terbaik di ajang Academy Awards.

Prestasi turun-temurun

Laura Dern dinominasikan untuk penghargaan aktris pendukung terbaik atas perannya di film Marriage Story garapan sutradara Noah Baumbach. Oscar bukanlah hal yang asing bagi orang tua Dern, yakni Bruce dan Diane Ladd.

Bruce Dern telah mendapatkan dua nominasi Oscar sepanjang karirnya selama puluhan tahun. Pertama untuk "Coming Home" pada 1979dan kedua Nebraska pada 2004.

Pada 1992, Laura Dern dan Diane Ladd menjadi duo ibu-anak pertama yang menerima nominasi Oscar untuk film yang sama - Rambling Rose, dengan dua nominasi untuk Ladd.

Akankah Laura akan menjadi yang pertama di keluarganya yang benar-benar memenangkan penghargaan? Perlu kita nantikan, mengingat ia baru saja meraih piala BAFTA untuk Aktris Pendukung Terbaik.

Sementara itu, satu-satunya pemenang Oscar yang diraih baik orang tua dan anak adalah Liza Minnelli, yang memenangkan aktris terbaik pada tahun 1973 untuk Cabaret.

Sang ibu, Judy Garland, menerima penghargaan khusus pada 1940, tahun setelah The Wizard of Oz dirilis. Ayahnya, Vincente Minnelli memenangkan sutradara terbaik untuk Gigi pada 1959.

Asal-usul julukan Oscar

Sejumlah pengamat Hollywood mengatakan bahwa Academy Award dijuluki Oscar setelah pustakawan Academy, Margaret Herrick - yang akhirnya menjadi direktur eksekutif, melihat piala itu untuk pertama kalinya dan menganggapnya seperti pamannya yang bernama Oscar.

Sementara legenda Hollywood Bette Davis diduga mengklaim ia telah menjuluki penghargaan itu karena mengingatkannya pada suami pertamanya, musisi Harmon Oscar Nelson Jr, namun kemudian menarik klaim itu, menurut IMDB.

Lalu, The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) secara resmi mengadopsi nama panggilan "Oscar" tersebut pada 1939.

Penghargaan "berat"

Patung di piala Oscar terbuat dari perunggu padat dan berlapis emas 24 karat. Tingginya 13,5 inci (34 cm) dan memiliki berat 8,5 pon (3,8 kg).

Butuh waktu tiga bulan bagi Polich Tallix Fine Art Foundry di New York untuk membuat batch 50 patung. Lebih dari 3.140 patung telah diserahkan sejak 1929.

Piala tersebut mewakili seorang ksatria yang memegang pedang tentara salib yang berdiri di atas gulungan film dengan lima jari yang merujuk pada lima cabang asli Academy, yakni aktor, sutradara, produser, teknisi, dan penulis.

Nomine hidup dengan nominasi terbanyak

Dengan 52 nominasi, komposer John Williams memegang rekor nominasi Oscar terbanyak, dan menjadi yang kedua setelah Walt Disney dengan total 59 nominasi.

John Williams masih mendapatkan nominasi di kategori Best Original Score untuk film Star Wars terbaru, Episode IX - The Rise of Skywalker.

44 juta dolar AS

Oscar 2020, penghargaan film Hollywood termegah ini, hadir dengan nilai pendanaan 44 juta dolar AS (sekira Rp601,9 miliar) untuk upacara tersebut, menurut situs keuangan WalletHub. Angka itu sudah termasuk 400 dolar AS untuk setiap patung Oscar dan 24.700 dolar AS untuk karpet merah seluas 16.500 kaki persegi.

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)